Brilio.net - Selama kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring di rumah, para siswa dan juga pendidik mau tidak mau beradaptasi dengan kebiasaan baru itu. Belajar online juga menjadi tantangan bagi para guru, karena harus menyampaikan materi dengan baik tanpa bertatap muka langsung.

Seiring berjalannya waktu kegiatan belajar online ini sudah jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Para guru pun mulai terbiasa dengan kondisi kelas online seperti ini. Mereka bahkan menemukan cara unik dan kreatif untuk mengajar siswa pada kelas online.

Seperti yang dilakukan oleh seorang guru matematika berikut ini. Sulitnya memberikan penjelasan materi kepada siswa saat belajar daring membuat ia menciptakan sebuah alat yang inovatif. Agar para murid bisa belajar dengan nyaman, sang guru membuat mini studio yang terbuat dari bahan sederhana.

"Pd awal PDPR, kami mrkbntuk studio utk mbuat rekaman n kelas online. menggunakn kotak dn lampu," tulis sang guru, dikutip dari TikTok @nmznmuhammad pada Rabu (22/9).

mini studio buatan guru © 2021 berbagai sumber

foto: TikTok/@nmznmuhammad

Ia menyebut alat ini sebagai studio untuk membuat rekaman video penjelasan materi serta kelas online. Studio mini tersebut terbuat dari kardus bekas, lampu pada sisi kardus, dan alat HP yang diletakkan pada bagian atas kardus.

Menurut pengakuan sang guru, ia mengaku kesulitan pada awal pembelajaran daring diberlakukan. Namun kini guru tersebut tampak lebih mahir dan terbiasa mengajar kelas online, "awal awal belajar online, susahnya. Akhirnya bisa," tulisnya di kolom komentar.

Ia mengatakan untuk membuat studio mini tersebut hanya dibutuhkan kurang dari 10 ringgit Malaysia atau sekitar kurang dari Rp 34 ribu saja.

Guru asal Malaysia ini juga menggunakan dua device pada saat mengajar. Kedua perangkat tersebut digunakan untuk membuka kelas online secara bersamaan. HP untuk merekam materi yang akan dishare sedangkan komputer untuk melihat paparan materi yang dibuat.

"pakai 2 device, kedua2 device buka Gmeet, yg pc sbg paparan utk kita lihat apa yg pljar lihat. hp sbg alat utama untuk share bahan," terangnya.

Video yang diunggah pada Senin (20/9) ini sukses mengundang perhatian warganet dari Indonesia. Mereka takjub dengan cara guru asal Malaysia ini memberikan penjelasan materi kepada siswanya. Video itu telah disaksikan lebih dari 450 ribu kali.

"keren bagnet idenya... ga usah Mahal Mahal tp tetep efektif," puji akun ededmoom.

"trimakasih idenya pak. bisa juga untuk buat vidio pembelajaran. Saya ngajar gambar bangunan di SMK soalnya..," komentar Sesti.

"wow keren ini kelas nya.. keren semangat pak guru," tulis Siti Nurliani Sianip.

"kereenn saya ikut2an ya pak. terima kasih idenya," kata comelita17.

@nmznmuhammad

Pd awal Pdpr, kami mrkbntuk studio utk mbuat rakaman n kelas online. menggunakn kotak dn lampu ##pdpr ##matrikulasidihatiku ##tiktokguru ##kelastambahan

Just The Two of Us - Kauai45 & Sweet Cocoa