Brilio.net - Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan apapun, termasuk dalam urusan belanja. Menjamurnya e-commerce membuat masyarakat bisa mendapatkan apa yang mereka mau hanya dengan smartphone.

Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau kehabisan stock barang, diperlukan komunikasi melalui chatting online dengan penjual yang terdapat di fitur aplikasi e-commerce.

Di sisi sang penjual atau pelaku bisnis, melayani chat pelanggan dengan sigap adalah faktor penting dalam sistem belanja semacam ini. Hal itu pun disampaikan oleh co-counder ZAM Cosmetic, Tania Ray Mina.

“Penting sekali untuk stand-by melayani chat pelanggan karena di e-commerce pun, sebagian besar akan chat dulu untuk nanya-nanya, seperti memastikan stoknya ada, bisa dikirim ke daerah mana aja, dan lain-lain. Tantangannya muncul ketika banyak chat yang masuk di luar jam operasional, padahal tidak semua chat berujung pada pembelian, kan," ujar Tania saat ditemui media dalam acara launching chatboth Balesin di Jakarta, Jumat (3/5).

Tania pun menceritakan pengalaman ketika timnya merasa kewalahan melayani chat ketika permintaan tinggi. Tim adminnya pun kewalahan melayani para calon pelanggan.

Loading...

“Kami memang memiliki admin yang bertanggung jawab di masing-masing e-commerce dan chatting messenger, tapi pada kondisi tertentu misalnya demand-nya lagi banyak secara bersamaan, mereka bakal keteteran jawab ratusan chat dalam sehari," ucapnya.

Nah, kini ada solusi baru untuk mengatasi problematika ini. Dengan teknologi chatbot, Balesin menjadi admin otomatis toko online untuk menjawab chat pelanggan dengan tepat dan cepat. Teknologi ini merupakan produk terbaru dari BJtech, plaform percakapan berbasis Artificial Intelligence.

Penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam. Saat ini Balesin sudah terkoneksi dengan LINE Messenger, serta dalam tahap pengembangan untuk terkoneksi dengan WhatsApp Messenger dan bisa memiliki link sendiri.

CEO BJtech, Diatce G. mengatakan semakin tinggi skala operasionalnya, tantangan yang dihadapi seller juga semakin besar untuk membalas chat pelanggan. Oleh sebab itu, Balesin hadir untuk membantu para penjual yang terbiasa berjualan lewat chatting.

"Misalnya ada 200 chat yang masuk ke ponsel dalam sehari, berapa persen yang akhirnya beli? Dengan adanya admin otomatis Balesin berbasis chatbot ini, seller akan terbebas menjawab pertanyaan-pertanyaan repetitif dan bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih efisien. Mereka akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk menangani serious buyer, dan tentunya akan meningkatkan penjualan mereka," terangnya.

Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, Balesin menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting.

Adapun fitur-fitur lainnya untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal. Untuk membuat pembeli lebih interaktif dan nyaman saat chatting, penjual bisa memilih sendiri gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan bisnis online yang dijalankan.