Ada alasan mengapa sepatu kanvas tidak disarankan dicuci dengan detergen. Pasalnya, detergen mengandung bahan kimia yang sangat kuat. Bahan kimia ini dapat merusak bahan sepatu, membuat warna kulit memudar, midsole menguning, atau lemnya menghilang. Selain itu, detergen juga dapat meninggalkan residu yang sulit dibilas dan dapat menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu.

Sementara shampo dianggap lebih lembut dan aman untuk mencuci sepatu kanvas. Produk pembersih ini juga dapat menghilangkan noda dan kotoran dengan efektif tanpa merusak bahan sepatu.

cuci sepatu kanvas yang kotor membandel © TikTok

cuci sepatu kanvas yang kotor membandel
TikTok/@sweettlv2

Nah, yang pertama, siapkan sepatu kanvas yang hendak dicuci. Kemudian, sikat sepatu tersebut dengan shampo. Sikat terus sampai noda membandelnya mulai luntur. Namun, perlu diingat bahwa shampo tidak boleh digunakan secara langsung pada sepatu kanvas, melainkan harus dicampur dengan air terlebih dahulu.

Jika sudah selesai dicuci, sepatu kanvas tersebut bisa diselimuti dengan tisu yang lembab. Pastikan semua bagian sepatu tertutup dengan tisu. Agar cepat kering, kamu bisa menjemurnya langsung di terik matahari atau bisa juga diangin-angin di depan kipas.

Tisu dapat membantu mengangkat sisa kotoran dan shampo yang digunakan untuk membersihkan sepatu. Selain itu, tisu juga dapat mencegah sepatu menguning saat dijemur.

cuci sepatu kanvas yang kotor membandel © TikTok

cuci sepatu kanvas yang kotor membandel
TikTok/@sweettlv2

Nah, beginilah penampakannya jika sudah kering. Terlihat di bagian tisu-tisunya menempel sisa noda dari sepatu tadi.

cuci sepatu kanvas yang kotor membandel © TikTok

cuci sepatu kanvas yang kotor membandel
TikTok/@sweettlv2

Kamu bisa langsung melepas semua tisunya. Hasilnya, sepatu yang awalnya banyak noda kuning membandel sekarang sudah kembali putih. Jika dirasa masih ada yang kurang bersih, kamu bisa mengulangi cara yang di atas ya. Selamat mencoba!

@sweettlv2 TRIK MENCUCI SEPATU CANVAS YANG KOTOR MEMBANDEL KUY #FYP #FY #cucisepatu #sepatukotor #cucisepatubogor #nodasepatu #noda #mencuci #trick #tips suara asli - SWEET TLV