Brilio.net - Sneakers saat ini menjadi salah satu sepatu favorit masyarakat di Tanah Air. Generasi muda Indonesia, khususnya kaum milenial dan Gen Z telah menjadikan sneakers sebagai bagian penting dari ekosistem dan budaya fashion kontemporer.

Baru-baru ini, sebuah survei yang dilakukan Katadata terhadap 399 penggemar sepatu sneaker Indonesia menunjukkan, bahwa 60% pengguna sneakers berusia 25-40 tahun. Selain kenyamanan (81,7%), desain dan warna sepatu (68,4%) juga menjadi pertimbangan dalam membeli sneakers.

Terkait sneakers yang kini menjadi favorit di Tanah Air, Philips melakukan survei terhadap 100 pengunjung di Jakarta Sneakers Day akhir Februari lalu, yang menunjukkan bahwa konsumen mencuci sneakersnya paling tidak 1-2 kali perbulan. 69% Pengguna sneakers mencucinya manual di rumah dengan menggunakan sikat gigi dan lap. Hal terbesar yang menjadi kekhawatiran dan memilih membersihkan sendiri, yakni karena takut rusak (60%). Lalu, lebih dari separuh responden survei (51%) mempertimbangkan kepraktisan dan kecepatan dalam membersihkan sneakers.

Terkait hasil temuannya tersebut, Philips, brand untuk peralatan rumah tangga baru-baru ini memperkenalkan inovasi terbarunya lewat Philips Electric Sneaker Brush. Alat tersebut merupakan sebuah solusi inovatif dengan pengoperasian mudah yang didedikasikan khusus untuk membersihkan sneakers.

Sebagai brand yang selalu berkomitmen memenuhi segala kebutuhan konsumen yang terus berubah seraya menghadirkan inovasi terbaik di kelasnya, alat baru ini tentunya akan menggembirakan para sneakerhead Indonesia. Sneakerhead sendiri yakni julukan bagi para penggemar sepatu sneakers yang terus bertumbuh di Indonesia.

"Di Philips, kamu bertujuan mengubah rumah menjadi lebih dari sekedar tempat tinggal melalui inovasi bermakna dan desain yang berfokus pada manusia. Kami ingin memastikan bahwa orang dapat merasakan saat rumah beserta seluruh isinya, bersih dan rapi, termasuk sepatu. Philips Electric Sneaker Brush ini unik dan memang kami ciptakan khusus sebagai alat pembersih sneaker otomatis, dan mudah untuk digunakan," jelas Danny H. Hadhyan selaku President Director & Country CEO, Philips Domestic Appliances Indonesia.

Danny yang juga seorang sneakerhead mengatakan bahwa khusus untuk alat ini Philips berkolaborasi dengan Umbre, yakni merek lokal untuk produk perawatan sepatu sneaker.

Philips Electric Sneaker Brush © Brilio.net

foto: Brilio/Faya Lusaka

"Dipasangkan dengan produk perawatan sepatu lokal, Umbre, kamu menghadirkan alat yang tepat untuk memudahkan pembersih dan pemeliharaan sneaker," tambah Danny.

Bagi Umbre sendiri kolaborasi ini akan memberikan pelanggan alat yang tepat untuk menangani proses pembersihan. Di dunia sneakers lokal, Umbre merupakan merek terkemuka untuk rangkaian produk perawatan sepatu seperti busa pembersih, penyegar sepatu, dan lainnya.

"Sebagai brand lokal, kami sangat antusias dalam mendukung komunitas sneakerhead kami, dengan menyediakan solusi untuk menjaga sepatu mereka tetap bersih dan terawat. Kombinasi Umbre Cleaner Foam dan Philips Electric Sneaker Brush yang serasi akan membuat kedua produk bekerja sempurna saat digunakan bersamaan. Tentunya, juga harus dipahami proses membersihkan sepatu yang baik dan benar," jelas Muhammad Triangga selaku Pendiri dan Pemilik Umbre.

Ulasan Singkat

Philips Electric Sneaker Brush mudah digunakan dan simpel dibawa kemana-mana lewat tampilan mewah dan minimalis dengan warna hitam dan kuning modern. Memiliki bobot yang ringan serta nirkabel, bagian kepalanya tahan air dan menjadikan alat ini praktis untuk membersihkan sneaker setiap saat dibutuhkan.

Philips Electric Sneaker Brush © Brilio.net

foto: Brilio/Faya Lusaka

Satu set Philips Electric Sneaker Brush ini dilengkapi dengan tiga kepala sikat efektif yang dapat diganti-ganti. Kepala sikat yang berbeda ditujukan untuk bekerja pada permukaan yang berbeda, seperti karet bertekstur, PVC, kulit, dan suede. Sikat akan berputar untuk membersihkan secara efektif dengan kecepatan hingga 500 putaran per menit, dan tidak merusak permukaan sepatu.

Tanpa perlu tenaga berlebih, sikat ini mampu membersihkan noda yang menempel di sneaker. Kemudahan membersihkan sneaker dengan menggunakan Philips Electric Sneaker Brush ini juga didukung oleh Umbre Cleaner Foam yang ergonomis saat diaplikasikan pada sneaker yang hendak dicuci.

Cara menggunakan alat Philips Electric Sneaker Brush ini pun cukup mudah. Berikut trik menggunakannya yang telah brilio.net rangkum, Senin (14/8).

1. Siapkan dua wadah air sebelum membersihkan sneakers: satu untuk air bersih, dan satu untuk membilas alat.

Philips Electric Sneaker Brush © Brilio.net

foto: Brilio/Faya Lusaka

2. Siapkan sepatu yang akan dibersihkan, semprotkan foam di bagian yang akan dibersihkan.

Philips Electric Sneaker Brush © Brilio.net

foto: Brilio/Faya Lusaka

3. Pilih dan gunakan sikat yang sesuai dengan bahan sepatu yang akan dibersihkan. Basahi sikat di air bersih, klik tombol, dan aplikasikan sikat di bagian yang akan dibersihkan hingga kotoran lepas.

4. Setelah membersihkan sneakers, bilas dahulu busa atau cleaner foam dengan air bersih (siram perlahan di bagian yang dibersihkan), kemudian lap hingga kering. Dengan cara ini, tidak perlu khawatir kotoran atau noda akan membekas.

5. Saat mengelap sepatu, usahakan untuk dilap ke satu arah atau ke bawah, sehingga kotoran tidak menyebar ke bagian sepatu yang lain.

6. Bersihkan sikat yang digunakan dalam wadah pembilas air sebelum menggunakan untuk membersihkan bagian yang lain.

Philips Electric Sneaker Brush © Brilio.net

foto: Brilio/Faya Lusaka

7. Bilas dan bersihkan semua sikat sebelum menyimpannya kembali.

Cukup mudah dan praktis digunakan, Philips Electric Sneaker Brush ini mampu membersihkan noda membandel yang ada di sneaker. Begini potret perbedaan sneaker sebelum dan sesudah dibersihkan menggunakan Philips Electric Sneaker Brush.

Philips Electric Sneaker Brush © Brilio.net

foto: Brilio/Faya Lusaka

Philips Electric Sneaker Brush saat ini tersedia secara eksklusif di Blibli dalam bentuk paket bundling dengan Umbre Cleaner Foam seharga Rp399.000.