Brilio.net - Populasi manusia di dunia memang semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Sedangkan, bumi memiliki lahan terbatas untuk mengimbangi perkembangan populasi manusia yang sangat pesat. Oleh karena itu, seluruh negara di dunia ini perlu menerapkan regulasi atau peraturan khusus dalam hal penggunaan lahan agar segala aspek ekosistem di dunia tetap terjaga kelestariannya. Peraturan tentang lahan ini harus diawasi ketat agar tidak terjadi pelanggaran yang menambah potensi kerusakan alam ataupun merugikan banyak orang.

Bagi para pengusaha, regulasi tentang lahan ini tentunya penting diperhatikan. Pasalnya, sebelum membangun usaha yang mengharuskan mereka untuk merancang sebuah bangunan yang memakan lahan tertentu, pihaknya harus memahami aspek yang menyertai. Mulai dari ketersediaan lahan, budget pembangunan, hingga regulasi atau peraturan yang berlaku di wilayah tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya konflik atau permasalahan yang mungkin timbul di kemudian hari.

Sebab, kamu pasti nggak mau kan, kalau bangunan yang sudah berdiri tiba-tiba harus direlokasi karena dibangun secara ilegal dan tidak mengindahkan peraturan?

Bicara soal bangunan yang mengalami relokasi, belakangan beredar video singkat yang memperlihatkan sebuah bangunan mengambang dan melaju di sepanjang sungai Yangtze, di wilayah Chongqing, China bak sebuah kapal besar. Video viral tersebut memperlihatkan bangunan lima lantai yang sangat megah bernuansa putih dengan desain  klasik yang khas. Video tersebut viral di media sosial di China dan membuat publik penasaran dengan kejadian langka tersebut.

Penampakan tersebut awalnya dilihat oleh warga yang tinggal di sekitar sungai Yangtze, dan diabadikan melalui rekaman video.

Loading...

Dilansir brilio.net dari Shanghai.ist Selasa (13/11), bangunan tersebut ternyata merupakan sebuah restoran apung atau floating restaurant yang cukup populer di kawasan tersebut. Namun, pembangunan restoran tersebut rupanya menyalahi regulasi atau aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga, dengan terpaksa, restoran apung tersebut harus di relokasi ke tempat baru.

Untuk mempertahankan bangunan tetap utuh hingga sampai ke tempat barunya, gedung tersebut pun dipindahkan melalui jalur sungai dengan bantuan sepasang kapal. Hal inilah yang menimbulkan penampakan tak biasa, bangunan lima lantai mengambang di tengah sungai dan bergerak di sepanjang aliran. Sungguh pemandangan yang sangat langka bagi masyarakat sekitar.

China memang memiliki populasi manusia terbanyak di dunia. Oleh karena itu, pemerintah agaknya menerapkan aturan ketat terkait lahan yang digunakan agar tidak merugikan orang lain. Banyak bangunan di China juga memiliki desain tak biasa dan unik banget. Hal ini karena lahan di China sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan populasi warganya.