Brilio.net - Bagi seorang muslim, membaca sholawat sudah jadi bagian dari rutinitas, baik setelah sholat atau dalam kegiatan sehari-hari. Sholawat memiliki tujuan untuk mendoakan atau memohon berkah kepada Allah.

Dengan bersholawat umat muslim akan selalu mengingat, mematuhi, dan mengikuti ajaran Allah, serta mengikuti jejak Nabi Muhammad dalam segala hal, baik perkataan atau perbuatan. Anjuran sholawat juga disebutkan dalam Alquran, bahwa Allah berfirman dalam surat Al-Ahzab 33:56, yang artinya;

"Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersholawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab 33:56)

Seseorang yang senantiasa bersholawat, maka hidupnya akan sejahtera, aman, dan selalu mendapatkan keselamatan. Hal ini karena membaca sholawat merupakan salah satu amalan umat Islam dan sebagai bentuk kecintaan manusia terhadap Rasul Allah SWT.

Yuk simak, bacaan sholawat Nabi lengkap dengan terjemahan dan keutamaannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (2/5).