Brilio.net - Saat ini banyak orang yang telah menggunakan istilah 'produktif' untuk menyebutkan bahwa dirinya sibuk. Padahal, setiap kesibukan yang dimiliki seseorang belum tentu menjadi sesuatu yang produktif. Produktif merupakan kegiatan yang tujuan utamanya bisa memberikan sebuah keuntungan baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kebanyakan orang menganggap bahwa produktif dan sibuk adalah satu kesamaan, akan tetapi hal tersebut sangatlah berbeda. Orang yang produktif merupakan orang dengan kegiatan menghasilkan sesuatu yang maksimal secara efisien. Sementara orang sibuk belum tentu menghasilkan sesuatu yang maksimal. Justru ada orang yang terlihat sibuk dan dikejar deadline hanya karena kemalasan di hari sebelumnya.

Hal-hal yang sifatnya produktif adalah kegiatan yang cenderung tidak memberatkan karena telah dilakukan secara rutin. Nah, untuk dapat memahami lebih lanjut, berikut penjelasan faktor dan tips melakukannya supaya tetap produktif dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (19/9).

Definisi produktif.

Arti produktif © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar). Produktif lebih menekankan pada hasil atau manfaat dari suatu kegiatan. Sementara kesibukan hanya mencakup banyaknya kegiatan yang dimiliki dan terkadang malah membuat seseorang kewalahan.

Biasanya orang yang memiliki banyak aktivitas dan dikejar deadline belum tentu merupakan orang yang produktif. Sebaliknya, orang yang punya pengaturan waktu bagus dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat melalui kegiatannya, meski terlihat santai. Namun, itulah yang dinamakan produktif. Jadi produktif bukan asal sibuk, melainkan juga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.