Brilio.net - Tentunya dalam kehidupan sehari-hari, kamu nggak asing dengan kata motivasi. Pengertian motivasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu 'motivation' yang berarti tujuan atau segala upaya untuk mendorong seseorang dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. Sehingga, dengan adanya tujuan tersebut menjadikan daya penggerak utama bagi seseorang dalam berupaya mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkan baik itu secara positif maupun negatif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi adalah keinginan atau dorongan yang timbul pada diri seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar untuk melakukan sesuatu perbuatan dengan tujuan tertentu. Motivasi yang ada dalam diri seseorang merupakan kekuatan pendorong yang akan mewujudkan suatu perilaku guna mencapai tujuan kepuasan dirinya.

Motivasi dapat ditimbulkan dan tumbuh berkembang melalui dirinya sendiri maupun dari lingkungan. Misalnya, pada diri seseorang memiliki motivasi untuk belajar, maka orang tersebut akan memberikan arah pada kegiatan belajar tersebut sehingga tujuan yang diinginkan dapat terpenuhi. Sebaliknya, jika orang tersebut tidak memiliki motivasi untuk belajar maka, tidak akan mencapai hasil belajar yang maksimal.

Motivasi ini bisa didapatkan dari mana saja, salah satunya dalam diri, orang terdekat, para motivator, dan lain sebagainya. Namun, yang dapat membuat keputusan untuk melakukan sesuatu tindakan, tentunya berasal dari dirimu sendiri.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (23/6), inilah arti motivasi menurut para ahli beserta jenis dan fungsinya

 

(brl/pep)