Brilio.net - Sering kali ketika menjalani sebuah hubungan dalam kehidupan sehari-hari, entah pasangan, teman, bahkan keluarga pasti akan mengalami masalah. Padahal hubungan yang tidak sehat dapat memengaruhi fisik dan bahkan psikis seseorang.

Salah satu penyebabnya adalah, seseorang terjebak pada hubungan yang tidak sehat. Tak jarang juga masalah tersebut dapat berasal dari emosi maupun keserakahan dalam menjalin hubungan. Biasanya salah satu jenis masalah yang bisa ditemui adalah sifat orang yang manipulatif.

Manipulatif adalah istilah yang disematkan pada orang-orang yang senang mengendalikan orang lain demi kepentingan dirinya sendiri. Perilaku manipulatif bisa ditemui dalam segala hubungan. Salah satu contoh perilaku manipulatif adalah berbohong, perilaku pasif agresif, gaslighting, suka menyalahkan orang lain, hingga penyangkalan.

Tak jarang perilaku ini sangat dihindari karena dianggap membawa dampak negatif bagi sebuah hubungan. Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai tanda dan cara menghindari sifat manipulatif, simak ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (11/8).

Arti manipulatif.

Arti manipulatif © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Manipulatif adalah salah satu cara seseorang supaya hubungan tersebut mengikuti sesuai dengan apa yang diinginkan dan hal itu dapat memengaruhi emosi bahkan mental orang lain. Manipulatif juga sering menggunakan kelemahan orang lain untuk menyerang seseorang supaya dapat memanfaatkan bahkan mengontrol korbannya supaya mengikuti keinginannya.

Orang yang suka melakukan manipulatif disebut dengan manipulator. Manipulator ini mempunyai trik yang biasa digunakan untuk membuat korban merasa cara yang dilakukannya menjadi tidak rasional dan menyerah. Orang yang manipulatif akan membuat korban merasa bersalah, mengeluh, suka berbohong, suka membanding-bandingkan, menyalahkan keadaan, serta yang lebih parah adalah mempermainkan pikiran seseorang.

(brl/far)