Brilio.net - Seringkali dalam dunia bisnis, seseorang akan melakukan berbagai macam strategi supaya dapat mencapai target pemasaran. Banyaknya persaingan dalam dunia bisnis, membuat setiap orang perlu menerapkan sistem manajemen yang baik. Mungkin tak banyak yang tahu tentang follow up, padahal aspek ini memiliki peran penting untuk kemajuan dan perkembangan bisnis.

Follow up menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menindaklanjuti sebuah hal. Ini bertujuan supaya perusahaan dapat membangun hubungan dengan konsumen dan memastikan bahwa mereka paham dengan bisnis yang dijual belikan.

Pada awalnya, sebagian besar pebisnis menganggap bahwa istilah follow up hanya terkait dengan penjualan atau sales. Namun, saat ini kegiatan follow up menjadi salah satu kunci pemasaran suatu produk. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dan alasan penting dari follow up, berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/9).

Pengertian follow up dalam dunia bisnis.

Arti follow up © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Follow up berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya 'tindak lanjut'. Dalam dunia bisnis, follow up adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menindaklanjuti aktivitas tertentu. Hal ini dilakukan, ketika perusahaan kamu mendapatkan pelanggan baru maka tindakan follow up sangat diperlukan untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

Follow up seringkali dilakukan sebagai langkah strategis yang diambil oleh perusahaan setelah melakukan atau memperkenalkan produk kepada calon konsumen. Melakukan pemasaran atau marketing produk tidak berarti apabila perusahaan tidak menindaklanjuti hal tersebut kepada calon konsumen.

Follow up bertujuan untuk memancing respon dari calon konsumen dan juga mengingatkan calon konsumen akan produk yang sudah ditawarkan. Untuk melakukan follow up, pihak perusahaan dapat bertanya mengenai tanggapan calon konsumen mengenai produk atau juga penjelasan yang telah diberikan. Hal ini tentu menjadi salah satu bentuk pelayanan yang bisa membuat konsumen merasa nyaman dan setia dengan bisnis yang kamu lakukan.

Alasan pentingnya follow up.

Arti follow up © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain mengetahui pengertian follow up, kamu juga perlu tahu alasan pentingnya, berikut ini penjelasannya.

1. Kegiatan follow up yang dilakukan dengan rutin dan konsisten dapat mendorong calon pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau layanan bisnis kalian.

2. Dengan berbagai kemajuan teknologi dan informasi, proses follow up dapat lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk menarik pelanggan.

3. Kegiatan follow up yang dilakukan dengan konsisten akan membawa bisnis lebih maju.

4. Adanya sistem follow up juga dapat menggerakkan prospek dan pelanggan secara maksimal.

5. Proses follow up yang dilakukan juga bisa menjadi cara untuk mengingatkan calon konsumen mengenai penawaran produk yang telah terjadi sebelumnya atau sebagai pengingat.

6. Dari follow up, pebisnis juga bisa menyampaikan informasi atau update terbaru yang berhubungan dengan produk maupun bisnis secara keseluruhan.

7. Follow up dilakukan untuk meningkatkan retensi konsumen supaya konsumen menjadi loyal dan mau memberikan testimoni yang positif mengenai produk maupun bisnis.

8. Kegiatan follow up juga bisa membuat bisnis memperoleh kritik atau saran dari konsumen yang sangat bermanfaat untuk bisnis.

9. Hubungan komunikatif akan menghasilkan rasa percaya dari konsumen kepada bisnis tersebut.

10. Kegiatan follow up juga bisa membuat peluang bisnis untuk menghasilkan uang.

(brl/lea)