Brilio.net - Di dalam dunia kerja, terdapat salah satu istilah yang sangat familier yaitu briefing. Briefing adalah rapat singkat yang berupa pengarahan kepada para karyawan atau bawahan untuk mensosialisasikan aturan-aturan dan kebijakan yang dibuat oleh perusahaan.

Kegiatan ini dapat dilakukan pada saat sebelum memulai pekerjaan maupun sesudah pekerjaan. Selain bertujuan untuk mensosialisasikan aturan dan kebijakan, briefing juga memiliki banyak manfaat yang berguna untuk menjaga kinerja dan produktivitas pegawai dan perusahaan.

Nah untuk mengetahui lebih mendalam mengenai briefing, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (12/8).

Pengertian briefing

briefing dan manfaatnya © berbagai sumber

foto: pexels.com

Briefing berasal dari bahasa Inggris yaitu "brief" yang berarti ringkasan atau memberikan penjelasan. Briefing adalah memberikan penjelasan-penjelasan secara singkat atau pertemuan untuk memberikan penerangan secara ringkas.

Biasanya briefing digunakan oleh para manajer atau pimpinan yang mengundang para karyawan untuk menerima penjelasan-penjelasan tertentu. Briefing biasa dilakukan oleh para pegawai dan atasannya sebelum memulai bekerja atau sesudah bekerja.

Tujuan briefing

briefing dan manfaatnya © berbagai sumber

foto: pexels.com

Secara umum, terdapat beberapa tujuan diadakannya briefing di dalam lingkup pekerjaan yaitu sebagai berikut:

1. Briefing bertujuan untuk memberikan pengarahan tentang kinerja bawahan agar tetap sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

2. Briefing juga bertujuan untuk menyampaikan informasi-informasi yang dianggap penting dalam pelaksanaan pekerjaan.

3. Briefing dilakukan untuk mensosialisasikan kegiatan, aturan, dan kebijakan baru yang belum diketahui oleh para pegawai atau karyawan.

4. Untuk meningkatkan komunikasi dan membangun pikiran yang positif.

5. Untuk menggali ide kreatif para anggota atau pegawai

(brl/lea)