Brilio.net - Di tengah-tengah teknologi yang sudah semakin pesatnya membuat media sosial nggak hanya sekedar berfungsi sebagai media komunikasi, akan tetapi juga menjadi media untuk berbisnis. Pasti sudah nggak asing dengan istilah endorse, endorse merupakan bentuk promosi sebuah barang atau jasa di media sosial.

Endorse menjadi salah satu strategi pemasaran yang diincar produsen agar produk laku dan dapat dikenal di pasaran. Dalam artian bahasa Inggris, arti endorse adalah dukungan atau pengesahan. Namun, dilansir dalam surat kabar The Economic Times endorse adalah bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebritis terkenal yang memiliki tingkat pengakuan, rasa kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran tinggi di antara orang-orang.

Dalam pelaksanaannya, endorse biasanya dilakukan dengan cara membayar atau tidak membayar, tergantung dengan kesepakatan antara promotor dan brand. Selain itu, endorse juga memanfaatkan akun-akun media sosial para selebritis atau publik figur yang memiliki ribuan hingga jutaan pengikut di media sosial. Hal inilah yang menjadikan para pemilik produk atau produsen memanfaatkan akun media sosial sebagai bentuk promosi.

Endorse juga dapat dikatakan sebagai teknik marketing yang memberikan citra merek yang lebih besar dari iklan. Biasanya semakin terkenal para publik figur atau selebritas yang akan meng-endorse, maka akan semakin mahal biaya yang dikeluarkan untuk satu produk. Dengan endorse dapat terhubung dengan lebih banyak orang daripada iklan biasa. Sebab hal ini dikarenakan orang-orang akan memperhatikan selebritas atau tokoh terkenal.

Untuk lebih jelasnya, kamu perlu mengetahui manfaat dan kelebihan dari endorse, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/6).

Arti endorse

Arti endorse dalam dunia bisnis © 2022 berbagai sumberfoto: freepik.com

Dalam dunia bisnis, endorse merupakan cara pemasaran yang dilakukan dengan membuat produk tersebut seolah-olah didukung oleh orang terkenal. Hal ini disebabkan karena endorse memanfaatkan tokoh yang terkenal supaya produk tersebut dapat meningkatkan kesadaran calon pembeli.

Dalam pelaksanaan endorse dilakukan dengan cara terang-terangan yang dibalut dengan caption berisikan kalimat persuasif. Selain itu, endorse juga dilakukan dengan cara mempromosikan melalui media sosialnya seperti halnya dalam Instagram Stories, feed, atau bahkan siaran langsung. Perlu diketahui, dalam melakukan endorse harus memperhatikan pemilihan publik figur yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa.

(brl/ola)