Brilio.net - Dari perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan manusia sesuai kebutuhan. Selain untuk mempermudah aktivitas manusia, beberapa aplikasi juga diciptakan sebagai hiburan.

Setelah beberapa waktu lalu viral aplikasi yang dapat mengubah wajah seseorang dari cewek jadi cowok atau sebaliknya, kini muncul aplikasi yang dapat membuat foto orang meninggal jadi bergerak dan serasa hidup kembali.

Baru-baru ini viral di media sosial, warganet dihebohkan dengan unggahan foto jaman dulu yang merupakan potret dari beberapa orang yang sudah meninggal. Betapa kagetnya ketika foto tersebut bisa gerak-gerak dan berekspresi layaknya orang yang masih hidup. Ternyata foto tersebut diedit menggunakan fitur Deep Nostalgia dari aplikasi MyHeritage.

Sejak akhir Februari 2021 lalu, aplikasi ini memperkenalkan fitur baru dalam platform-nya yang disebut "Deep Nostalgia". Aplikasi yang menggunakan teknologi AI atau Artificial Intelligence ini pun berhasil membuat wajah di foto menjadi seakan nyata bergerak.

Dengan munculnya fitur canggih ini, membuat beberapa orang menggunakannya untuk mengobati kerinduannya pada seseorang yang sudah lama tak berjumpa dengannya. Dilansir brilio.net dari TikTok @devilitamerisinag pada Senin (8/3) wanita bernama Devi menggunakan fitur Deep Nostalgia dari aplikasi MyHeritage, untuk mengedit foto ayahnya yang sudah meninggal jadi bisa bergerak. Melihat foto almarhum ayahnya bisa bergerak, Devi mengaku merasa terhibur karena ia sudah rindu akan kehadiran sang ayah.

Dengan fitur tersebut, ia bisa melihat lagi senyum sang ayah meskipun hanya sebatas gerak-gerak sedikit di aplikasi. Ia mengaku dengan fitur Deep Nostalgia, sedikit bisa mengurangi rasa rindu akan kehadiran sang ayah yang sudah tiada.

"Pake aplikasi ini bisa ngurangin rindu aku lihat senyum bapak lagi," tulis Devi.

Ia menceritakan bahwa sang ayah sudah pergi menghadap ke Sang Pencipta selama 15 tahun. Air matanya menetes seketika saat melihat foto sang ayah bisa bergerak dan tersenyum kepadanya.

"seketika air mata netes. 15 tahun nggak liat bapak. berasa kaya lagi ngobrol sama bapak," tuturnya.

@devilitamerisinag

seketika air mata netes. 15 tahun nggak liat bapak. berasa kaya lagi ngobrol sama bapak #myherodad #alfatihah #BertualangRasa #cucokcucucimory #fyp

Nostalgia Di SMA - Paramitha Rusady

 

Alhasil video yang diunggah Devi lewat TikTok @devilitamerisinag itu pun viral dan berhasil masuk FYP (For Your Page) di TikTok. Dari video tersebut, bahkan ada warganet yang meminta tolong pada Devi untuk mengedit foto ayahnya seperti yang diedit oleh Devi. Dengan senang hati, Devi pun mengabulkan permintaan salah satu warganet.

"@veraandreyani557 ini ya cantik. yang kuat. kita sama yang penting doa terbaik untuk ayah. yang mau dibuatin bisa kirim ke Ig aku," tulis Devi.

Lewat kolom komentar, tak sedikit warganet juga meminta Devi untuk membuatkan tutorial menggunakan fitur canggih tersebut.

"gw udh download apk nya tapi gabisa gabisa bikin nya tolong bangettt aku rindu bangett tlng bikinn :(," tulis @wiwit_

"kak tutor pengen buat, rindu dengan Abang udah 7 tahun ditinggal," komentar @SyadellaFanysha.

"ka tutorialnya aja, biar kita bisa buat sendiri...ini kebanyakan semuanya udah download tapi ga bisa caranya," ungkap @inilohviviiiii.