Brilio.net - Rasa dan aromanya yang nikmat membuat kopi menjadi salah satu minuman favorit sebagian besar masyarakat di dunia. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di negara yang beriklim dingin, salah satu minuman yang dapat menghangatkan tubuh adalah kopi.

Tapi sudah tahukah kamu, kalau minuman yang memiliki cita rasa pahit ini juga menjadi kegemaran masyarakat Inggris, lho. Bahkan penikmat kopi di negara ini terbilang tinggi hingga ampas kopinya sendiri bisa diolah menjadi bahan bakar untuk bus. Wow!

Dilansir brilio.net dari BBC, Minggu (26/11), baru-baru ini pemerintah Inggris meluncurkan transportasi baru berbasis biofuel. Bahan bakar tersebut ternyata diolah dari sisa atau ampas kopi yang dikonsumsi oleh penduduk setempat.

Penggunaan biofuel digadang-gadang dapat mengurangi emisi gas yang disebabkan oleh asap kendaraan. Bahkan pemerintah Inggris telah menggunakan biofel sejak beberapa tahun lalu namun kendaraannya baru saja diluncurkan.

Namun, untuk bahan bakar yang terbuat dari ampas kopi ini sendiri baru saja dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama bio-bean. Coffee oil diciptakan dengan mencampurkan ampas kopi dengan bensin.

Berdasarkan pengakuan pihak bio-bean, mereka memasok ampas kopi dari gerai-gerai kopi dan pabrik kopi instan yang ada di kawasan London.

Mereka mengatakan, dalam kurun waktu setahun, ampas kopi yang dihasilkan oleh warga London bisa mencapai 220.000 ton. Sehingga tidak mengherankan jika para ahli berhasil menemukan inovasi baru dengan memanfaatkan ampas minuman bercita rasa pahit itu.