Brilio.net - Melaksanakan sholat lima waktu memang sudah menjadi kewajiban bagi muslim. Sebab, sholat merupakan tiang agama yang harus terus ditegakkan.

Dalam setiap gerakan sholat terdapat doa yang harus dilafalkan. Setiap doa tentunya memiliki makna yang begitu besar, dengan menegakkan sholat tandanya umat muslim berusaha untuk selalu dekat dengan Allah SWT.

Dalam sholat terdapat rukun sholat atau bagian penyusun dari sholat tersebut, di antaranya sujud. Sujud juga merupakan cara mendekatkan diri antara hamba dengan Allah SWT.

Amalan doa ketika sujud terakhir saat sholat freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Seperti diisyaratkan Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, yang artinya, "Jarak paling dekat antara seorang hamba dengan Allah SWT adalah ketika (hamba tersebut) sedang sujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika sujud."

Ada beberapa doa yang bisa dibaca ketika sujud terakhir. Bahkan seorang ulama besar, Syeikh Abdul Aziz Bin Baaz sangat menganjurkannya untuk berdoa ketika sujud terakhir dalam sholat.

Doa ketika sujud.

Amalan doa ketika sujud terakhir saat sholat freepik.com

foto: freepik.com

1. Meminta agar wafat dalam keadaan husnul khotimah.

Allahumma inni as’aluka husnal khõtimah

Artinya : "Ya Allah aku meminta kepada-MU husnul khotimah."

2. Berdoa agar mendapatkan kesempatan taubat sebelum wafat.

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: "Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat."

3. Memohon agar hati ditetapkan di atas agamanya.

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi'ala diinik

Artinya: "Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU."

Hukum berdoa ketika sujud terakhir.

Dari riwayat Baro' bin 'Azib, ia berkata, "Aku pernah sholat bersama Nabi SAW. Aku mendapati bahwa berdiri, rukuk, sujud, duduk beliau sebelum salam dan berpaling, semuanya hampir sama (lamanya)." Inilah yang benar. Akan tetapi ada tempat doa selain sujud yaitu setelah tasyahud. Nabi SAW ketika mengajarkan, beliau bersabda, "Kemudian setelah tasyahud, terserah padamu berdoa dengan doa apa saja". Maka berdoalah ketika itu sedikit ataupun lama setelah tasyahud akhir sebelum salam. (Fatawa Nur 'ala Ad Darb, kaset no. 376, side B).

Dari hadist tersebut jelas bahwa diperbolehkan berdoa ketika sujud, namun tidak melewatkan bagian lain dari sholat. Sebab semua bagian dari sholat memiliki arti yang sama pentingnya dan sama-sama bernilai tinggi di mata Allah jika diucapkan dengan penuh penghayatan.