Brilio.net - Sikap toleransi tidak muncul begitu saja. Sikap ini harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini, agar tumbuh baik di masa depan. Tempat terbaik untuk menanamkan sikap toleransi sejak dini yakni dimulai dari sekolah. Dari tempat ini lah sikap toleransi terbentuk melalui proses belajar mengajar. Banyak hal menarik yang bisa diajarkan di sekolah, mulai dari membentuk kebiasaan untuk kerjasama, mandiri, dan juga sikap saling menghargai.

Seperti yang dilakukan sejumlah anak-anak di Sekolah Dasar yang sedang mempelajari sikap toleransi. Aksi yang dilakukan anak-anak Sekolah Dasar ini dibagikan melalui akun TikTok @lusy_nugraha pada beberapa hari lalu.

Belajar sikap toleransi di kendaraan umum.

 Aksi siswa SD praktikan sikap toleransi di kendaraan umum Tiktok

foto: Tiktok/@lusy_nugraha

Video yang berdurasi kurang lebih 56 detik itu, memperlihatkan sejumlah anak SD yang sedang belajar mata pelajaran PKN.

"Mata pelajaran PKN membentuk pendidikan berkarakter kepedulian dan empati," tulis pemilik akun @lusy_nugraha, dikutip brilio.net, Sabtu (30/7).

Dalam video tersebut tampak sejumlah anak-anak sedang mempraktekkan sikap toleransi yang terjadi di dalam kendaraan umum seperti bus. Di awal video terlihat kondisi 'bus' dengan kursi penumpang yang penuh. Beberapa saat kemudian tampak seorang wanita dan anak kecil masuk ke dalam bus. Wanita dan anak kecil itu, terlihat sedang mencari kursi penumpang yang kosong. Disisi lain dengan sigap perempuan yang duduk di bagian belakang memberikan kursinya untuk wanita dan anak kecil tersebut.

"Peserta didik memiliki akhlak mulia sesuai dengan nilai pancasila dan mampu memberi contoh lewat perilaku dan sikap dalam keseharian," jelasnya.

 Aksi siswa SD praktikan sikap toleransi di kendaraan umum Tiktok

foto: Tiktok/@lusy_nugraha

Beberapa saat kemudian, bus berhenti. Siswa yang berperan sebagai wanita hamil, masuk ke dalam bus. Kemudian seorang siswa laki-laki yang berperan sebagai penumpang pun berdiri dan memberikan kursinya untuk wanita hamil.