Brilio.net - Euforia Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang ini memang tak pernah sepi. Hampir setiap hari topik tentang Asian Games menjadi trending topic di media sosial.

Menjelang penutupan ini, Indonesia kini berada di peringkat 4 klasemen. Sementara puncak klasemen diduduki oleh China. Ngomong-ngomong tentang China, tentu masih banyak orang yang bingung mengapa ada 4 China yang berlaga di Asian Games. Mereka adalah China, China Taipe, Hong Kong dan Macau. Lalu apa bedanya?

Nah, kali ini brilio.net akan menjelaskan apa beda dari empat negara tersebut.

1. China.

4 china © 2018 brilio.net-foto: bta.bg

Loading...

China ini memiliki nama resmi People's Republic of China atau yang kita kenal dengan Republik Rakyat China (sekarang Republik Rakyat Tiongkok). Negara ini beribu kota di Beijing dan salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia. Mata uang yang digunakan adalah Yuan. Nah, orang-orang Taiwan, Hong Kong dan Macau biasa menyebut China dengan Mainland atau tanah daratan. Orang China yang akan pergi ke Hong Kong, Macau dan Taiwan pun memerlukan paspor. 

2. China Taipei.

4 china © 2018 brilio.net-foto: bola.com

China Taipei biasa kita kenal dengan nama Taiwan. Nama resminya adalah Republic of China. Lokasinya masih berdekatan dengan China daratan. Namun China Taipei hingga kini bukanlah negara merdeka seutuhnya atau negara dengan pengakuan terbatas. Secara de facto China Taipei adalah negara merdeka dan bagian dari dunia. Namun secara de jure belum mendapat pengakuan dari beberara negara di dunia. Hanya ada 23 negara yang kini mengakuinya.

Status China Taipei yang dipersengketakan ini mirip dengan kasus Kosovo dan Palestina. Walau begitu China Taipei memiliki mata uang sendiri yaitu Taiwan Dollar. Begitu juga dengan paspor, orang Taiwan memiliki paspor sendiri.

3. Hong Kong.

4 china © 2018 brilio.net-foto: scmop.com

Bisa dibilang, Hong Kong adalah negara di dalam negara RRC. Nama resminya adalah Hong Kong Special Administrative Region atau Daerah Administratif Khusus Hong Kong. Hong Kong pernah di bawah kekuasaan Inggris cukup lama, dari tahun 1841-1997. Setelah itu dikembalikan ke China dengan status satu negara dua sistem.

Oleh karenanya, Hong Kong memiliki sistem negara sendiri. Mata uangnya adalah Hong Kong Dollar. Memiliki kepolisian sendiri, namun tidak memiliki tentara karena pertahanannya masih berada di bawah China. Negara ini juga memiliki paspor sendiri. Nah, buat kamu yang pengen traveling ke Asia Timur tanpa ribet visa, Hong Kong adalah jawaban. Pemegang paspor RI bebas visa ke Hong Kong.

4. Macau.

4 china © 2018 brilio.net-foto: macaubusiness.com

Macau memiliki status sama dengan Hong Kong. Letaknya pun tak jauh dari Hong Kong, hanya sekitar 20 menit menyeberang menggunakan feri. Macau pernah berada di bawah kekuasaan Portugis dari tahun 1557-1999, sangat lama kan? Kemudian diserahkan lagi ke China dengan sistem satu negara dua sistem.

Lama diduduki Portugis, tak heran jika Macau memiliki banyak bangunan bercorak Eropa. Walaupun bukan negara yang berdaulat, macau juga memiliki paspor dan mata uang sendiri lho. Mata uangnya adalah Pataca Macau atau Hong Kong Dollar juga berlaku di sini. Kamu yang traveling ke Hong Kong, jangan lupa mampir ke Makau. Karena kotanya begitu Indah.