Brilio.net - Seseorang yang tergabung dan aktif dalam sebuah organisasi, sering disebut sebagai aktivis. Aktivis dapat dikatakan sebagai seseorang yang memiliki tekad, kemauan, serta gerakan untuk melakukan suatu perjuangan terkait isu-isu sosial kemasyarakatan ataupun lingkungan.

Aktivis dikenal sebagai pribadi yang kritis menyikapi sebuah peristiwa dan persoalan demi keadilan, kebenaran, ataupun memperjuangkan hak-hak demi kepentingan masyarakat umum. Ketika berada di lingkup sekolah atau kampus, seseorang bisa menjadi aktivis dengan bergabung dalam organisasi OSIS, BEM, UKM dan lain sebagainya.

Nggak hanya menjadi aktivis di lingkungan sekolah atau kampus, kamu juga bisa menjadi aktivis di lingkungan rumah dengan mengikuti organisasi kemasyarakatan atau yang lainya. Sebagai seorang aktivis, seseorang dituntut untuk berani mengemukakan pendapat, membela yang benar, dan menindak yang salah demi mencapai sebuah tujuan yang positif.

Supaya menjadi seorang aktivis yang berani, dibutuhkan motto hidup agar tetap optimis menjalankan berbagai hal. Berikut 99 motto hidup aktivis, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (25/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Motto hidup aktivis mahasiswa.

Motto hidup aktivis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Mahasiswa aktivis selalu menghadapi masalah dengan solusi terbaik."

2. "Menjadi cerdas dan berkarakter adalah tujuan utama sebuah pendidikan."

3. "Buang pikiran yang menghalangi, lanjutkan langkah untuk meraih mimpi."

4. "Jangan takut bertemu kegagalan karena keberhasilan menunggumu di masa depan."

5. "Jangan menunggu kesempatan datang padamu. Ciptakanlah."

6. "Makin sulit sebuah perjuangan, makin indahlah suatu kemenangan."

7. "Pemuda merupakan agen perubahan. Tak melulu soal diplomasi politik, membangun hubungan baik dengan negara lain bisa juga melalui peran pemuda-pemudinya."

8. "Maju tak gentar membela yang benar. Semangat pemuda harus selalu ada untuk seluruh pergerakan pemuda dan mahasiswa di Indonesia."

9. "Hidup mahasiswa. Kami adalah pengawal reformasi yang setia bersama NKRI."

10. "Ingatlah hai para mahasiswa aktivis! Semua akan terlihat tidak mungkin sampai kalian selesai melakukannya."

11. "Jangan gentar dan jangan takut! Sedikit pemuda dapat membuat perubahan."

12. "Tidak ada yang salah dengan mahasiswa yang aktif berpolitik. Justru seorang mahasiswa yang berpolitik adalah mereka yang memiliki daya pikir kritis dan aktif dalam setiap penanganan permasalahan yang terjadi terhadap bangsa ini."

13. "Mahasiswa adalah pelindung masyarakat yang turun ke jalan memperjuangkan aspirasi bersama."

14. "Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan."

15. "Makin redup idealisme dan heroisme pemuda, makin banyak korupsi."

16. "Bagiku sendiri politik adalah barang yang paling kotor. Lumpur-lumpur yang kotor. Tapi suatu saat di mana kita tidak dapat menghindari diri lagi, maka terjunlah."

17. "Dunia ini adalah dunia yang aneh. Dunia yang hijau tapi lucu. Dunia yang kotor tapi indah. Mungkin karena itulah saya telah jatuh cinta dengan kehidupan."

18. "Bagiku perjuangan harus tetap ada. Usaha penghapusan terhadap kedegilan, terhadap pengkhianatan, terhadap segala-gala yang non humanis."

19. "Dan seorang pahlawan adalah seorang yang mengundurkan diri untuk dilupakan seperti kita melupakan yang mati untuk revolusi."

20. "Saya putuskan bahwa saya akan demonstrasi. Karena mendiamkan kesalahan adalah kejahatan."

21. "Aku mengenali mereka, yang tanpa tentara mau berperang melawan diktator, dan yang tanpa uang mau memberantas korupsi."

22. "Bagi pemuda umumnya, revolusi berarti tantangan untuk mencari nilai-nilai baru."

23 "Hidup adalah keberanian menghadapi tanda tanya."

24. "Hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya, tanpa kita mengerti tanpa kita bisa menawar. Terimalah dan hadapilah."

25. "Hanya ada dua pilihan, menjadi apatis atau mengikuti arus. Tetapi aku memilih untuk jadi manusia merdeka."

26. "Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya."

27. "Membangun sebuah bangsa adalah membangun sebuah peradaban."

28. "Aku harus tenang walaupun takut. Untuk membuat semua orang tidak takut. Normal, sebagai orang, ya pasti ada takut, nggak ada orang yang nggak takut, cuma yang coba aku temukan merasionalisasi rasa takut."

29. "Pendidikan politik rakyat hanya akan berhasil dalam sistem yang demokratis dan adanya jaminan atas HAM."

30. "Secara umum gerakan buruh terbagi menjadi dua: a. gerakan buruh praktis dan b. gerakan buruh politis."

Motto hidup aktivis penuh makna.

Motto hidup aktivis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

31. "Makin sulit sebuah perjuangan, makin indahlah suatu kemenangan."

32. "Jangan takut bertemu kegagalan karena keberhasilan menunggumu di masa depan."

33. "Maju tak gentar membela yang benar. Semangat pemuda harus selalu ada untuk seluruh pergerakan pemuda dan mahasiswa di Indonesia."

34. "Idealisme seorang anak muda memang tidak bisa dihentikan oleh hujan badai sekalipun."

35. "Dalam perjuangan, terkadang engkau sukses, dan terkadang engkau belajar, bukan gagal."

36. "Perjuangan mahasiswa aktivis bukan hanya proses penderitaan menuju tujuan, apalagi mendapatkan pujian. Akan tetapi, adalah suatu proses untuk memantaskan diri demi meraih tujuan mulia."

37. "Kemarin aku menjadi pintar, aku ingin mengubah dunia. Hari ini, aku menjadi lebih bijak. Aku ingin mengubah diriku sendiri."

38. "Bukan kehidupan kampus yang menjadi lebih mudah, akan tetapi engkau yang tumbuh menjadi lebih kuat dan perkasa karena ditempa dalam organisasi."

39. "Apabila engkau berpikir untuk bangkit, bisa jadi engkau akan lebih dalam mengenal yang namanya perjuangan. Bergerak bersama mencapai tujuan adalah satu di antara filosofi mahasiswa terbaik."

40. "Jangan takut dengan penguasa. Tapi, takutlah akan hidup sebagai mahasiswa yang tidak bisa apa-apa dan tidak bisa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara."

41. "Hidup ini tidak lepas dari namanya perjuangan. Jangan menyerah, ayo kerahkan kekuatan bersama untuk menunjukkan bahwa marwah mahasiswa masih ada dan masih diperhitungkan."

42. "Tidak ada salahnya jika engkau memiliki impian, cita-cita, harapan, dan mimpi yang tinggi. Selagi engkau bisa berjuang, punya semangat dan tidak kenal lelah, maka jadilah yang terbaik."

43. "Saat engkau telah berhasil mencapai tujuan, maka engkau akan merasakan dan mengerti betapa indahnya kata perjuangan dan pengorbanan."

44. "Makin sulit sebuah perjuangan, maka akan makin indah ketika mencapai kemenangan. Jadilah mahasiswa yang tidak kenal lelah dalam meraih impianmu."

45. "Menjadi mahasiswa aktivis adalah pilihan buat kamu yang ingin berpolitik setelah lulus. Tetapi, lebih dari itu, kamu yang aktif di organisasi adalah sosok yang memiliki nilai lebih terhadap seni manajemen hidup."

46. "Jangan takut dengan penguasa. Tapi, takutlah akan hidup sebagai mahasiswa yang tidak bisa apa-apa dan tidak bisa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara."

47. "Perjuangan bersama teman-teman aktivis ibarat mengendarai sepeda secara bersama-sama. Agar tetap seimbang, maka kalian harus terus mengayuhnya hingga mencapai tujuan akhir."

48. "Jika kau tak sanggup lagi bertanya kau akan ditenggelamkan keputusan-keputusan."

49. "Suara-suara itu tak bisa dipenjarakan di sana bersemayam kemerdekaan."

50. "Jika kau tak berani lagi bertanya kita akan jadi korban keputusan-keputusan jangan kau penjarakan ucapanmu."

51. "Kami adalah bunga yang tak kau hendaki tumbuh. Engkau lebih suka membangun rumah dan merampas tanah."

52. "Sesungguhnya suara itu akan menjadi kata ia yang mengajari aku untuk bertanya."

53. "Sesungguhnya suara itu tak bisa diredam mulut bisa dibungkam."

54. "Apa guna punya ilmu tinggi kalau hanya untuk mengibuli, apa guna banyak baca buku kalau mulut kau bungkam melulu."

55. "Jika kau menghamba kepada ketakutan kita memperpanjang barisan perbudakan."

56. "Jika kau tahan kata-katamu mulutmu tak bisa mengucapkan apa maumu."

57. "Kutundukkan kepalaku, bersama rakyatmu yang berkabung."

58. "Aku mengucap kepada hidup yang jelata, merdeka!"

59. "Belajar akan memberikan kita pengetahuan dan pemahaman baru, sehingga kita mampu menghadapi tantangan baru yang membentang di depan kita."

60. "Apa penguasa kira ingatan bisa dikubur dan dibendung dengan moncong tank."

Motto hidup aktivis dari para tokoh.

Motto hidup aktivis © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@haeuncreativestudio

61. "Keberanian yang membuat kalian akan tahan dalam situasi apa pun! Nyali sama harganya dengan nyawa. Jika itu hilang, niscaya tak ada gunanya kau hidup!" - Che Guevara

62. "Jika kau menghamba kepada ketakutan kita memperpanjang barisan perbudakan." - Wiji Thukul

63. "Kami satu: Buruh kami punya tenaga jika kami satu hati kami tahu mesin berhenti sebab kami adalah nyawa yang menggerakkannya." - Wiji Thukul

64. "Kamu calon konglomerat ya? Kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan." - Wiji Thukul

65. "Makin redup idealisme dan heroisme pemuda, makin banyak korupsi." - Soe Hok Gie

66. "Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia karena dengan pendidikan, Anda dapat mengubah dunia." - Nelson Mandela

67. "Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh seorang pemuda." - Tan Malaka

68. "Buat apa wilayah seluas Sabang sampai Merauke, jika pemudanya kehilangan idealisme?" - Najwa Shihab

69. "Ingatlah kehidupan kampus dengan terus mengasah. Jangan habiskan waktumu untuk berkeluh kesah." - Najwa Sihab

70. "Hanya ada dua pilihan, menjadi apatis atau mengikuti arus. Tetapi aku memilih untuk jadi manusia merdeka." - Soe Hok Gie

71. "Saya percaya pendidikan adalah kuncinya. Sebagai seorang aktivis dan anak dari negara berkembang, saya menyaksikan kekuatan pendidikan untuk mengubah kehidupan." - Shakira

72. "Sesungguhnya suara itu akan menjadi kata ia yang mengajari aku untuk bertanya." - Wiji Thukul

73. "Jika kau tak sanggup lagi bertanya kau akan ditenggelamkan keputusan-keputusan." - Wiji Thukul

74. "Berbuat untuk sebuah harapan, yang tidak lagi dikeluhkan tetapi diperjuangkan." - Najwa Shihab

75. "Bagaimana anak muda bisa diam ketika aparat justru miskin teladan." - Najwa Shihab

76. "Pemuda hari ini harus turun tangan, berkarya nyata menjawab semesta Indonesia." - Najwa Shihab

77. "Jangan bosan bicara tentang kebenaran, agar demokrasi tak berakhir dengan kesia-siaan." - Najwa Shihab

78. "Pengetahuan adalah kekuatan. Informasi membebaskan. Pendidikan adalah premis kemajuan, di setiap masyarakat, di setiap keluarga." - Kofi Annan

79. "Perilaku manusia mengalir dari tiga sumber utama: Keinginan, emosi, dan pengetahuan." - Plato

80. "Kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita." - John F. Kennedy

81. "Banyak anak muda yang tumbang karena korupsi, mereka lupakan visi dan hanyut pada nikmat duniawi." - Najwa Shihab

82. "Aroma rempah yang mengundang kolonialisme, derita panjang yang berujung nasionalisme." - Najwa Shihab

83. "Suatu bangsa tidak mungkin ada jika tidak ada solidaritas sosial." - Ariel Sharon

84. "Tidak ada perdamaian sejati tanpa keadilan, kebenaran, dan solidaritas." - Paus Yohanes Paulus II

85. "Solidaritas tidak ditemukan dengan refleksi tetapi diciptakan." - Richard M. Rorty

86. "Keluarga adalah fondasi solidaritas apa pun yang ada dalam masyarakat." - William Ruckelshaus

87. "Komunikasi yang tepat akan selalu menjadi bahan utama untuk membangun solidaritas dan kekekalan keluarga." - Marvin J. Ashton

88. "Berbicara politik sebagai debat kebijakan, bukan kasak-kusuk elit berebut kekuasaan." - Najwa Shihab

89. "Berani muncul melawan arus, mendobrak kepalsuan yang terlanjur serius." - Najwa Shihab

90. "Siapa pun bisa memegang kemudi saat laut tenang." - Publilius Syrus

91. "Orang hebat menarik orang-orang hebat dan tahu bagaimana menyatukan mereka." - Johann Wolfgang Von Goethe

92. "Seorang pemimpin yang sejati bukanlah pencari konsensus, tetapi pembuat konsensus." - Martin Luther King Jr

93. "Kepemimpinan adalah sesuatu yang kamu peroleh, sesuatu yang kamu pilih. Kamu tidak bisa datang sambil berteriak, 'Saya pemimpinmu!' Jika itu terjadi, itu karena orang lain menghormatimu." - Ben Roethlisberger

94. "Puncak gunung menginspirasi para pemimpin, tetapi lembah mendewasakan mereka." - Winston Churchill

95. "Kunci sukses kepemimpinan saat ini adalah pengaruh, bukan otoritas." - Kenneth Blanchard

96. "Politik adalah lautan pragmatisme, kompromi demi kompromi bisa melelehkan idealisme." - Najwa Shihab

97. "Saat pragmatisme menjadi sobat kekuasaan, idealisme yang akan menyemai perlawanan." - Najwa Shihab

98. "Bila rakyat tidak berani mengeluh itu artinya sudah gawat, dan bila omongan penguasa tidak boleh dibantah kebenaran pasti terancam." - Wiji Thukul

99. "Jika kami bunga engkau adalah tembok, tapi di tubuh tembok itu telah kami sebar biji-biji suatu saat kami akan tumbuh bersama dengan keyakinan. - Wiji Thukul

(brl/red)