Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf merupakan bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru. Salah satunya yakni paragraf deduktif. Biasanya pada paragraf deduktif ide atau kalimat utama terletak pada awal kalimat.

Seperti yang kamu ketahui, ketika menulis sebuah cerita atau karangan tentunya dituangkan dalam bentuk paragraf. Dalam setiap paragraf memiliki gagasan pokok utamanya atau penjelasan mengenai maksud dan tujuan dari tulisan tersebut.

Penempatan gagasan dalam setiap paragraf dibagi menjadi tiga, yaitu deduktif, induktif dan campuran. Nah, kali ini kita akan membahas terkait dengan paragraf deduktif dalam suatu kalimat.

Bagi kamu yang masih bingung dan ingin mempelajari paragraf deduktif, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/2), sembilan contoh teks deduktif lengkap pengertian beserta ciri-cirinya

Pengertian paragraf deduktif.

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang memiliki ide pokok atau gagasan utama terletak pada baris pertama sebuah paragraf.

Paragraf deduktif juga diawali dengan pernyataan umum kemudian mengerucut dengan berisi pernyataan khusus. Bentuk dari sebuah paragraf deduktif berupa kalimat dengan isi yang jelas sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Ciri-ciri paragraf deduktif.

a. Gagasan utama terletak pada awal paragraf.
b. Pola pernyataan dari umum ke khusus.
c. Selalu diawali kalimat pernyataan umum.
d. Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.

1. Contoh teks deduktif tentang manfaat bawang merah.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang merah memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap untuk kesehatan tubuh. Di dalam bawang merah, terdapat kandungan seperti sodium, kalium, folat, vitamin A, C, E, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi kandungan baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi bawang merah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain menjaga kesehatan, siapa sangka bawang merah juga sangat ampuh mencegah berbagai penyakit, salah satunya penyakit kanker yang membahayakan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang Italia dan Swiss yang sering mengonsumsi bawang merah memiliki risiko kanker lebih rendah.

Penjelasan: Gagasan utama terletak pada awal kalimat, yaitu "Bawang merah memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap untuk kesehatan tubuh".

Sumber teks: gramedia.com

2. Contoh teks deduktif tentang negara Indonesia.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Ada lebih dari 17.000 pulau di Indonesia, yang di antaranya ada 7.000 pulau yang berpenghuni. Sebagai negara kepulauan dengan wilayah terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia dan memberi keuntungan yang besar bagi Indonesia dalam hal perairan.

Penjelasan: Gagasan utama terletak pada awal kalimat, yaitu "Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia".

Sumber teks: gramedia.com

3. Contoh teks deduktif tentang kasus kekerasan.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Kasus penganiayaan terhadap anak masih merajalela di negara Indonesia. Banyak anak kecil yang menjerit kesakitan karena dipukuli oleh orang tuanya. Di berbagai wilayah juga melaporkan kepada pihak kepolisian bahwa ada penganiayaan terhadap anak kandung mereka sendiri. Banyak warga yang tidak bisa berbuat apa-apa, dan hanya bisa prihatin melihat kejadian itu. Maka itu, untuk keberlangsungan hidup yang sejahtera, diharapkan kepada warga yang melihat atau mengetahui kejadian serupa, bisa langsung menghubungi pihak berwajib.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Kasus penganiayaan terhadap anak masih merajalela di negara Indonesia".

Sumber teks: bola.com

4. Contoh teks deduktif tentang makanan khas.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Ada beberapa varian dendeng di dalam masakan khas Padang, salah satunya adalah dendeng balado. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar.

Daging sapi tersebut kemudian dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah dijemur sampai kering, daging sapi digoreng, kemudian diberi bumbu berbahan dasar cabai atau biasa dikenal dengan bumbu balado.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf yaitu "Ada beberapa varian dendeng di dalam masakan khas Padang, salah satunya adalah dendeng balado".

Sumber teks: mamikos.com

5. Contoh teks deduktif tentang narkoba.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan dampak negatif bagi yang menggunakan. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba adalah adanya gangguan mental.

Pengguna bisa mengalami kondisi mental yang membuatnya terlihat seperti orang gila. Narkoba pun jadi pemicu perilaku aneh para pengguna yang bisa merugikan orang lain bahkan diri sendiri.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf yaitu "Penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan dampak negatif bagi yang menggunakan".

Sumber teks: mamikos.com

6. Contoh teks deduktif tentang biografi.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Chairil Anwar adalah salah satu penyair ternama di Indonesia. Penyair kelahiran Medan ini juga menjadi bagian dari sastrawan angkatan ’45 yang terkenal selain Asrul Sani dan Rivai Apin. Puisi-puisi Chairil sangat dikenal dan dicintai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah puisi berjudul “Aku”.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf yaitu "Chairil Anwar adalah salah satu penyair ternama di Indonesia".

Sumber teks: mamikos.com

7. Contoh teks deduktif tentang manfaat internet.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Kebebasan mengakses jaringan internet kita dapat mudah mengetahui berbagai informasi di belahan dunia manapun.

Di samping menjadikannya media informasi, internet juga digunakan sebagai alat komunikasi bagi sebagian orang yang menggunakan aplikasi sosial media. Banyak hal yang ternyata bisa dijangkau hanya dengan sekali klik menggunakan jasa internet sehingga masyarakat pun sangat terbantu dengan kemudahan ini.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf yaitu "Internet sangat bermanfaat bagi manusia".

Sumber teks: mamikos.com

8. Contoh teks deduktif tentang kecelakaan.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Kecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi. Tercatat, sepanjang tahun 2018, sudah 12 orang meninggal karena kecelakaan mobil, terutama di jalan tol. Mengendarai mobil saat mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berakibat merugikan banyak orang. Insiden kecelakaan karena mengantuk ini bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf yaitu "Kecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi".

Sumber teks: quipper.com

9. Contoh teks deduktif tentang pendidikan.

Contoh teks deduktif  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Belakangan ini, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara daring tanpa perlu tatap muka. Di era teknologi yang sudah sangat canggih seperti sekarang, ada banyak situs internet yang menawarkan jasa belajar online, baik yang berbayar atau gratis. Situs internet ini misalnya saja Quipper Video. Sistem belajar di mana saja dan kapan saja jadi salah satu keunggulan belajar online. Kamu pun bisa memilih mata pelajaran apa saja, sesuai yang hendak dipelajari saat itu, mulai dari Fisika sampai Bahasa Indonesia.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf yaitu "Belakangan ini, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara daring tanpa perlu tatap muka".

Sumber teks: quipper.com