7. Contoh pidato menuntut ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat wa-afiat.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Ilmu mempunyai peranan penting dalam kehidupan kita, karena dengan ilmu yang dimilikinya seseorang akan mampu membedakan yang hal yang baik dan yang buruk dengan ilmu pula seseorang akan lebih baik dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, karena tahu dasarnya dan tujuan kehidupan iniya.

Pada kesempatan yang baik kali ini, Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional. Kita tingkatkan pentingnya menuntut ilmu bagi seluruh generasi muda terutama pendidikan dasar 9 tahun. Menuntut ilmu sangat bermanfaat untuk kita semua. Karena, ilmu merupakan bekal kita di masa yang akan mendatang untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Tidak ada kata terlambat untuk menuntut ilmu. Semua orang pantas mendapatkan ilmu walaupun seberapa tua mereka, menerima ilmu tidak memandang dari kondisi.

Dan ada pepatah yang berkata ‘tuntutlah ilmu sampai ke negri Cina’ yang mengandung arti, bahwa menuntut ilmu itu tidak ada batasannya. Walaupun sejauh manapun kita mencarinya dan sepintar apapun kita. Maka dari itu, kita tidak boleh sombong atas kepintaran yang telah diberikan oleh Allah SWT. Melainkan, kita harus mensyukurinya.

Oleh karenanya, hari ini kita akan mendengarkan bersama ceramah mengenai pentingnya menuntut ilmu yang akan disampaikan oleh saya tadi kami berharap ceramah ini sangat berguna dan dapat dimanfaatkan ilmunya.

Demikian sambutan dari saya. Semoga acara ini berjalan dengan lancer. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf bila ada salah kata yang tidak berkenan di hati saudara saudari sekalian.

Wassalamualaikum Wr. Wb

8. Contoh pidato kesehatan

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati Bapak Sugiatno S.Pd, MM.Pd selaku kepala SD Negeri 2 Karanganyar,

Yang saya hormati bapak dan ibu guru SD Negeri 2 Karanganyar, tak lupa kepada anak-anakku peserta upacara dari kelas satu sampai dengan kelas enam yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berbagai nikmat kepada kita semua, nikmat sehat nikmat iman, nikmat hati yang tenang dan sebagainya. Hanya atas karunia Allah-lah kita bisa berkumpul dan bertatap muka di pagi yang cerah ini tanpa suatu halangan apapun.

Shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW selalu kita harapkan dan kita nantikan syafa’atnya di hari kiamat nanti. Amin

Anak-anakku dari kelas satu sampai kelas enam yang berbahagia,

Di sini pak guru tidak akan berbicara panjang lebar, hanya akan menyampaikan beberapa informasi yang perlu untuk diketahui.

Yang pertama, mengoreksi jalannya upacara, alhamdulillah upacara hari senin pagi ini sudah berjalan dengan lancar, semua peserta upacara sudah melaksanakan upacara dengan hikmat. Diharapkan untuk upacara hari senin yang akan datang semakin baik dan semakin baik lagi.

Yang kedua, mengingat saat ini kita sudah memasuki musim pancaroba. Apa itu musim pancaroba ada yang tau? Ya, benar sekali musim pancaroba atau pergantian musim. Saya lihat di sini banyak anak yang terserang flu dan batuk ini ya?

Nah, pak guru hanya ingin mengingatkan kalian semua untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik. Sebab apa? Sebab kesehatan adalah aset utama untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan segala aktifitas. Jika tubuh kita sehat, maka kegiatan kita akan terasa nyaman. Namun dengan tubuh yang kurang sehat akan sangat mengganggu dan menghambat segala aktivitas.

Apalagi sekarang sudah memasuki bulan Mei, setelah kemarin kelas VI sudah menghadapi ujian nasional dan Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar, sedangkan bagi siswa kelas satu sampai kelas lima sebentar lagi akan menghadapi ulangan kenaikan kelas atau UKK.

Mengingat hal itu, mari kita bersama-sama untuk lebih baik dalam menjaga kesehatan. Karena sekarang sering turun hujan kalian bisa membawa payung atau jas hujan saat berangkat sekolah supaya tidak kehujanan. Jangan malah sengaja hujan-hujanan, nanti kamu sakit dan kegiatan belajar menjadi terganggu.

Selain menjaga kesehatan, lebih tingkatkan lagi belajarnya, perhatikan guru saat menerangkan pelajaran di sekolah, tanyakan saja pada bapak atau ibu guru jika ada penjelasan yang kurang jelas dengan mengangkat tangan kanan.

Di rumah juga kurangi mainnya, kerjakan tugas rumah yang diberikan guru, jika tidak bisa menjawab boleh bertanya pada orang tua atau kakak kamu yang penting ada usaha untuk mengerjakan. Jangan sampai terjadi lagi pak guru mau mencocokkan PR ternyata ada yang lupa tidak mengerjakan.

Belajar setiap hari jangan hanya saat akan menghadapi tes saja tetapi belajar rutin setiap hari. Bangun pagi setelah sholat subuh belajar, malam hari sebelum tidur belajar. Dengan sering belajar pemahaman kalian akan semakin matang dan soal-soal di sekolah terasa mudah diselesaikan.

Hadirin yang berbahagia

Kiranya cukup itu saja yang dapat saya sampaikan, ada kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya akhiri,

Wassalamu’alaikum wr. wb

9. Contoh pidato sumpah pemuda

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat Pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Para hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan yang penuh semangat jiwa muda dan berbahagia ini, izinkan saya akan membawakan pidato bertema tentang semangat dan masa depan pemuda.

Pemuda adalah kunci masa depan bangsa, semua hal-hal baik serta harapan bangsa Indonesia tercinta ini ada pada generasi penentu Indonesia, mereka adalah para pemuda-pemudi yang berdiri tegak dan penuh semangat yang menggelora.

Pemuda dan jiwanya yang penuh kobaran semangat adalah kunci dari kemajuan dan kesuksesan bangsa kita tercinta ini. Bukti konkret dari semangat serta perjuangan pemuda, hadir dalam bentuk Sumpah Pemuda. Mereka berjanji bahwa untuk senantiasa bertanah air satu, bertumpah darah satu, dan berbahasa satu, Indonesia.

Lewat deklarasi Sumpah Pemuda, mereka bertekad untuk memperjuangkan serta mendesak para pemimpin negara untuk memproklamasikan kemerdekaan. Tanpa aksi dan keberanian dari pemuda-pemudi tersebut, mungkin janji kemerdekaan dari Jepang belum diketahui pasti apakah akan diberikan atau tidak.

Begitupun dengan reformasi pemuda yang terjadi pada era 90-an melancarkan aksinya melawan pemerintahan otoriter Soeharto. Era reformasi dan negara demokrasi lahir berkat para pemuda.

Bisa dibayangkan bukan betapa hebatnya pengaruh pemuda bagi bangsa. Mari kita terus dukung semangat para pemuda sebagai salah satu tonggak masa depan bangsa.

Sekian pidato yang saya berikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Demikianlah 9 contoh pidato bahasa Indonesia dengan berbagai tema, semoga bermanfaat dan dapat memberikan motivasi serta inspirasi untuk kamu.

 

Reporter: mg/feni listiyani