1. Contoh pidato pendidikan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Kepala Sekolah

Yang saya hormati guru-guru beserta staf

Dan siswa/siswi yang saya banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat kepada kita semua sehingga dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat. Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Pada pertemuan ini saya akan menyampaikan teks pidato yang bertema pendidikan.

Pendidikan mempunyai peran penting dalam perkembangan suatu bangsa. Pendidikan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia dalam perihal pendidikan mencakup banyak hal yaitu pengetahuan, kemampuan dan sikap yang telah terbentuk melalui pengalaman dan pembelajaran yang dilakukan. Maka, sumber daya manusia bisa disebut sebagai aset utama negera karena berpengaruh besar terhadap keberhasilan suatu negara.

Pada dasarnya, sumber daya manusia yang berkualitas dapat memanfaatkan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki, tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri, tapi juga untuk kepentingan khalayak luas. Sumber daya manusia yang tepat dapat menempatkan posisi pada kinerja yang lebih baik untuk menjadi profesional.

Namun, yang menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu tidaklah terlalu penting. Pendidikan hanya buang-buang waktu saja, lebih baik bekerja, bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarga. Akibatnya, banyak anak-anak yang seharusnya berada di sekolah untuk menimba ilmu, ditemukan di tempat-tempat pekerjaan kasar bergabung bersama orang-orang dewasa. Kondisi ini banyak terjadi pada mereka yang hidup digaris kemiskinan.

Pendidikan di Indonesia masih memiliki banyak permasalahan dalam proses pemerataannya. Seperti halnya masih kekurangan tenaga pendidik dan fasilitas di sekolah daerah pelosok di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan pendidikan nasional harus mampu menjamin terselenggaranya sistem pendidikan yang merata di semua daerah tanpa terkecuali. Proses penyadaran tersebut dapat dikombinasikan dengan pemberian cerita-cerita sukses yang dapat menginspirasi mereka untuk terus bersekolah. Selain itu, kita sebagai generasi muda yang berpendidikan selayaknya memberikan suatu kontribusi guna memacu perkembangan pendidikan di Indonesia secara optimal.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Wr. Wb

2. Contoh pidato pergaulan bebas

Assalamu’alaikum wr.wb

Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirobbil’alamin, wassolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya’I walmursalin wa’ala alihi wasohbihi ajma’in amma ba’du

Yang saya hormati dewan juri serta teman-teman peserta lomba pidato bahasa Indonesia yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama dan yang paling utama, mari kita bersama-sama memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, karunia, inayah dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat saling bertatap muka pada pagi yang cerah ini tanpa suatu halangan apapun. Amin allohumma amin

Selanjutnya, sholawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman Jahilliyah ke jaman yang terang benderang dan penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Semoga kita semua termasuk umat nabi yang akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat kelak. Amin

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato bahasa Indonesia saya yang berjudul “ Awas!! Pergaulan Bebas Remaja Merajalela”

Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang saya sayangi,

Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, kemajuan dunia teknologi semakin pesat dan segala sesuatu menjadi semakin mudah. Sebut saja ponsel android. Zaman dulu, untuk dapat memberi kabar kepada seseorang harus menulis sebuah surat yang berisi pesan dan dikirimkan melalui kantor pos.

Berbeda dengan jaman sekarang dimana kegiatan bertukar informasi dan pesan sudah sangat mudah dengan adanya kecanggihan HP. Bukan hanya HP jadul yang hanya bisa digunakan untuk berkirim sms dan telpon saja, sekarang sedang marak penggunaan HP android dengan berjuta kecanggihannya.

Kehadiran Hp android ini memang memudahkan kita dalam urusan akses informasi dan tukar menukar pesan, namun penggunaan yang salah juga dapat menjadikan keberadaan Hp android sebagai jalan terjerumusnya kita ke dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas yang banyak mengandung sisi negatif, pergaulan bebas yang tidak mengenal waktu, pergaulan bebas yang melupakan tujuan sekolah dan pendidikan kita, pergaulan bebas yang melupakan tujuan diberikannya HP canggih itu kepada kita.

Orang tua memberikan Hp canggih ini kepada anaknya tentu dengan tujuan yang baik, contohnya untuk mempermudah tukar menukar informasi pelajaran dengan teman sekolah menambah wawasan pengetahuan yang diambil dari internet. Namun kenyataannya keberadaan HP android untuk siswa justru digunakan kepada hal-hal yang kurang baik.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai contoh penggunaan HP android untuk bermain game tanpa mengenal waktu. Terlalu senangnya bermain game hingga lupa dengan PR, hingga lupa dengan tugas kelompok hingga lupa dengan pelajaran sekolah.

Contoh lain yang sangat menjerumuskan adalah penggunaan Hp android untuk pemakaian sosial media seperti facebook, Whatsapp dan sebagainya namun dengan penggunaan yang kurang baik.

Saat ini tentu kita semua tidak asing dengan yang namanya pergaulan bebas remaja. Apa itu pergaulan bebas remaja? Pergaulan bebas remaja adalah suatu pertemanan remaja melewati batas pada umumnya.

Banyak anak sekolah yang hamil di luar nikah hingga dikeluarkan dari sekolah dan kehilangan masa depannya, banyak perselingkunhan di antara orang tua, banyak anak-anak yang mengakses informasi dan video-video seksual di internet yang mengakibatkan anak itu menjadi penasaran semakin penasaran dan akhirnya mencobanya. Tentu hal ini menjadi hal sangat memprihatinkan sekali bukan?

Demikian pidato bahasa Indonesia tentang pergaulan bebas yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika terdapat kebaikan itu murni merupakan petunjuk dari Allah SWT dan apabila banyak kesalahan itu adalah dari kebodohan diri saya sendiri. Saya akhiri,

Wassalamu’alaikum wr.wb

3. Contoh pidato perpisahan sekolah

Assalamu’alaikum wr.wb

Bissmillahirrohmanirrohim, wassolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya’I walmursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in, robbis rohli sodri wayasirli amri wahlul ‘uqdatam militsani yafqohu qouli

Yang saya hormati Bapak Parmin, S.Pd.SD selaku kepala SD Negeri 2 Karanganyar, yang saya hormati bapak dan Ibu guru SD Negeri 2 Karanganyar, teman-temanku dari kelas satu sampai kelas enam yang saya sayangi dan saya banggakan.

Yang pertama, mari kita memanjatkan puji syukur kehadirat illahi robbi yang telah memberikan curahan rahmat taufik dan hidayahNya, sehingga kita dapat berkumpul dan bertatap muka di pagi yang cerah ini dalam rangka perpisahan kelas VI SD Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019 tanpa suatu halangan apapun. Amin

Selanjutnya, sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada nabi akhir zaman, junjungan kita nabi agung Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang telah membawa kita dari zaman kebodohan ke dalam zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Semoga kita semua merupakan umat nabi yang kelak akan mendapatkan pertolongan dan syafaatnya di yaumul akhir. Amin.

Perkenankan saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato bahasa Indonesia saya mewakili rekan-rekan kelas VII.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu berjalan dengan sangat cepat. Baru kemarin rasanya kami datang untuk menimba ilmu di sekolah kita yang tercinta ini, ternyata waktu sudah akan memisahkan kita.

Kami masih ingat saat datang ke sini dalam keadaan yang belum bisa menulis dan membaca, belum mengerti banyak hal, belum tahu apa-apa, dengan kesabaran, keuletan dan kasih sayang bapak dan ibu guru dalam mendidik kami, sehingga kami menjadi insan yang lebih berpengetahuan dan lebih bermanfaat dari sebelumnya.

Siapalah kami tanpa didikan dari bapak dan ibu guru, bagaimana jadinya kami tanpa kesabaran dan kasih sayang bapak dan ibu guru, bagaimana suramnya masa depan kami tanpa ilmu pengetahuan yang telah bapak ibu guru.

Hadirin yang berbahagia,

Tidak terasa waktu yang jalan dengan sangat cepat, hingga sampai pada waktunya kita telah selesai menimba ilmu di sekolah tercinta ini. Terimakasih yang setulus-tulusnya dan tiada tara kami sampaikan kepada bapak dan ibu guru. Atas ilmu yang telah diberikan, atas petuah-petuah-petuah bijak yang telah disampaikan, atas kasih sayang yang sangat lembut dalam mendidik kami.

Kami tidak bisa membalas apapun dari jasa yang telah bapak dan ibu guru berikan. Hanya doa setulus hati selalu kami panjatkan, semoga perjuangan bapak ibu guru dalam mendidik kami selalu mendapat ridho dari Allah SWT. Semoga Allah memberikan balasan yang setimpal kepada bapak dan ibu guru.

Doakan kami, semoga ilmu yang bapak ibu guru berikan, dapat bermanfaat untuk hidup kami ke depan. Doakan kami, agar diberi kemudahan untuk dapat melanjutkan perjuangan menimba ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Doakan kami, agar mampu meraih cita-cita menjadi kebanggaan nusa, bangsa dan agama kami. Doakan kami, agar mampu mewujudkan harapan orang tua dan guru-guru kami.

Hadirin yang berbahagia,

Kiranya cukup sekian pidato bahasa Indonesia yang dapat saya sampaikan sebagai perwakilan rekan-rekan kelas enam. Jika banyak kesalahan tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Semoga ada sedikit manfaat untuk kita semua. Salam sukses untuk SD Negeri 2 Karanganyar! Saya akhiri, wabilahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum wr. wb