4. Contoh pidato Hari Kartini

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang saya hormati,

Bapak dan Ibu Guru yang ada di Sekolah,

Dan teman-teman yang saya cintai semuanya.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadiran Allah swt yang memberikan karunianya kepada kita semua sehingga bisa berkumpul pada kesempatan ini. Pada hari ini izinkan saya untuk membacakan sebuah karangan pidato untuk mengisi perayaan hari Kartini yang jatuh pada hari ini.

Habis gelap terbitlah terang, kalimat istimewa yang tidak bisa kita lepaskan dari Raden Ayu Kartini. Sosok wanita hebat pejuang kemerdekaan bagi kaum wanita yang ada di Indonesia. Dulu, semuanya berpikir bahwasannya wanita lahir itu hanya untuk direndahkan dan hanya sebagai pemuas nafsu belaka bagi para kaum laki-laki.

Namun, pemikiran itu runtuh dan dilawan sungguh-sungguh oleh wanita yang lahir di Jepara ini. Bahwasannya, sebagai manusia, baik itu laki-laki maupun wanita semuanya memiliki derajat maupun status sosial yang sama. Tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah, semuanya sama, semuanya seimbang, semuanya sama-sama membutuhkan. Laki-laki butuh wanita, sedangkan wanita juga butuh laki-laki. Jadi, kenapa harus ada perbedaan status sosial?

Itulah, inti merah pemikiran merdeka dari sosok wanita yang suka berpakaian batik ini. Beliau yang sungguh peduli akan nasib para wanita pribumi yang pada kala itu status sosialnya sangat rendah sekali. Hadirnya yang kerap sekali disepelekan yang hanya dijadikan sebagai obyek pemuas laki-laki semata.

Benih-benih itu muncul, ketika wanita Jepara ini mulai menulis dari selembar surat hingga puluhan surat yang ditulisnya, semata-mata untuk menuangkan keluh kesahnya akan nasib wanita pribumi. Dimana surat-surat itu akan selalu dikenang sepanjang masa oleh para penerusnya.

Habis gelap terbitlah terang memang benar adanya, hasil buah pemikiran-pemikiran Kartini dimasa gelap tersampaikan kepada para generasi-generasi dimasa yang benderang ini. Perjuangannya mampu menginspirasi banyak kaum wanita pribumi, sehingga manfaatnya dapat dirasakan bersama-sama sampai hari ini.

Sekian pidato yang bisa saya bawakan pada kesempatan perayaan hari Kartini ini, jika ada kesalahan kata maupun kesalahan yang saya buat. Mohon untuk dimaafkan, terima kasih atas kesempatan dan waktunya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

5. Contoh pidato kebersihan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Hadirin yang terhormat semuanya,

Merilah kita panjatkan doa kepada kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini. Kita semua dapat berkumpul tanpa adanya halangan ke tempat ini. Kali ini saya akan berpidato mengenai pentingnya kebersihan.Setelah musim kemarau berlalu, maka akan datang musim penghujan. Sebelum musim ini tiba, ada baiknya kita berusaha mempersiapkan lingkungan di sekitar dengan memastikan kelancaran saluran pembuangan air.

Lancarnya saluran pembuangan air merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir. Salah satu cara untuk melancarkan saluran air yang tersumbat akibat menumpuknya sampah organik adalah dengan menggunakan campuran cuka putih, soda kue, dan juga air panas.Namun, apabila saluran air tersumbat akibat sampah plastik, maka satu-satunya cara adalah mengambil sampah plastik tersebut. Tentu saja hal itu akan dapat membuat jijik bagi orang yang sedang bekerja bakti untuk membersihkan lingkungan. Hanya saja daripada harus banjir, kerja bakti membersihkan lingkungan akan lebih baik dilakukan secara rutin.

Ingatlah bahwa Allah SWT menyukai kebersihan, karena kebersihan itu mencerminkan keimanan seseorang. Selain itu, perlu untuk menekankan kepada para generasi muda mengenai pentingnya membuang sampah di tempat sampah. Jadilah generasi yang cinta akan kebersihan, sehingga apabila ada turis yang datang akan sangat nyaman berkunjung di Indonesia. Dengan lingkungan yang bersih, maka tidak akan ada banyak bakteri yang berkembang biak.

Bakteri ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, dengan meningkatkan kebersihan lingkungan, maka akan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar. Tentu kebaikan seperti ini akan sangat disukai oleh Allah SWT.

Selain dari menjaga kebersihan saluran air, Anda juga perlu untuk mengetahui cara untuk menjernihkan air yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Kebersihan air ini juga penting, karena akan berdampak secara langsung ke tubuh.Cara yang paling ampuh yakni dengan menggunakan biji kelor. Cara ini adalah cara yang paling bersifat alami. Bahkan dibandingkan dengan tawas, penjernihan air dengan menggunakan biji kelor lebih aman bagi kesehatan.Selain itu, biji kelor ini juga dapat mengikat berbagai macam zat logam yang tentunya akan berbahaya bagi tubuh apabila terkonsumsi. Jadi bagi Anda yang masih memiliki pohon yang satu ini, harap untuk selalu dirawat dan kalau bisa dikembangbiakkan.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh pidato anak sholeh

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillahirabbil’alamin, washolatu wassalamu ala ashrofil ambiyai walmursalin, sayyidinaa wa maulana, muhammadin. Wa ala alihi wa shahbihi ajmaiin. Amma ba’du.

Para hadirin ikhwatul iiman,

Izinkan saya disini berbicara, bukan untuk menjadi seorang yang hendak menggurui atau semacamnya. Hanya hendak berbagi ilmu dan ingin bersama sama senantiasa memperbaiki diri agar menjadi hamba allah yang terus menuju kearah yang lebih baik. Aamiin. Tema yang akan saya bawakan kali ini sudah cukup umum. Dan ada berbagai macam sudut pandang tentang pengertiannya. Yang pasti berkaitan dengan sesuatu yang baik, yaitu anak sholeh. Kata sholeh atau shalehah sendiri memang berarti orang yang baik.

Nah, kali ini sifat orang baik ini tercermin pada diri seorang anak.

Ada salah satu ungkapan yang sangat terkenal berkaitan dengan anak shaleh ini. mengenai amalan yang tidak akan terputus meski seseorang sudah meninggal. Atau sering disebut juga amalan jariyyah. Sehingga di alam akhirat pun orang tersebut tetap mendapat pahala atas tiga perkara tersebut. yang pertama yaitu sadaqah jariyyah, yang kedua ilmu yang bermanfaat dan yang ketiga merupakan doa dari seorang anak sholeh bagi orang yang meninggal atau orang tuanya.

Dalam hal shodaqoh dan ilmu sudah pasti bahwa kita menyebarkan suatu manfaat dan kemudian dapat dimanfaatkan kembali oleh orang lain hingga terus bercabang seperti rantai tentunya akan menjadi sebuah amalan yang tak terputus. Missal dari uang yang kita shadaqah kan menjadi sebuah sajadah yang ada di mesjid dan dipakai untuk sholat berjamaah, maka akan terus mengalir pahalanya. Ilmu yang kita punya kita bagi dan kita pergunakan untuk kemashlahatan umat tentu juga akan menjadi pahala yang tak terputus karena akan terus dipergunakan.

Untuk anak sholeh sendiri, perlu ada didikan dari orang tua dan berbagai pihaklain hingga lingkungan. Untuk menjadi seorang yang sholeh kita tentunya perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu seperti apakah anak yang sholeh itu. Seperti yang saya bilang adi, sholeh sendiri berarti orang yang baik. Jika diartikan seperti itu tentunya akan banyak sekali pengertiain orang yang baik. Karena cara pandang orang berbeda beda tentang orang yang kita sebut baik. Yang jelas, saya yakin seratus persen, dalam kaitan nya hal ini yang disebut orang baik adalah orang yang mengerjakan perintah allah dan menjauhi larangannya di setiap amal perbuatan orang tersebut.

Hadirin ikhwatul iman,

Mungkin hanya sekian yang bisa saya sampaikan. Memang masih banyak sekali kekurangan dalam penyampaian nya. Mohon dimaklum. Dan saya memohon maaf atas hal itu. Yang terpenting allah akan selalu menunjukan jalan yang lurus pada kita semua. Ammin ya rabbal aalamiin.

Akhirul kalam, wassalamualaikum wr wb.