Brilio.net - Mata manusia merupakan salah satu indra yang digunakan untuk melihat dan membantu kehidupan sehari-hari. Tanpa mata, manusia akan lebih sulit dalam menjalani kehidupan, meski bukan berarti tidak bisa melanjutkan hidup. Hal yang harus diketahui yakni tidak semua yang dapat dilihat oleh mata adalah nyata.

Ada banyak hal di dunia ini yang sebenarnya bikin manusia harus berpikir dua kali saat melihat suatu objek. Tidak jarang, beberapa objek tersebut dapat membuat 'pusing' atau tidak masuk akal. Misalnya suatu gambar atau potret yang padahal hanya diam namun terlihat seperti bergerak ketika dilihat.

Mata manusia ternyata mudah ditipu dengan objek-objek tertentu. Istilah yang sering digunakan dalam hal ini adalah ilusi optik. Beberapa di antara objek yang memiliki ilusi optik ternyata memiliki rumus tersendiri lho dalam membuatnya. Yang jelas, beberapa objek gambar atau potret ini dijamin bikin bingung.

Nah, kira-kira seperti apa saja, ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/8).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Mana titik yang memiliki ukuran paling besar?

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: brightside.me

Jawabannya adalah semua titik memiliki ukuran yang sama. Perbedaan jarak antar titik membuat ukurannya terlihat berbeda.

2. Lengkungan ini terlihat tidak simetris.

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: pixabay

Lengkungan sebelah kiri memang terlihat lebih tinggi daripada lengkungan sebelah kanan. Padahal lengkungan ini simetris, lho. Saat garis hitam di tengah dihilangkan, maka akan terlihat bahwa lengkungan tersebut simetris.

3. Strawberry ini warna apa, hayo?

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: might_be_a_troll / reddit

Kalau kamu bilang warna merah, maka matamu telah tertipu. Padahal dalam potret tersebut, nggak ada satupun warna merah, melainkan hanya abu-abu, biru dan hijau. Hal ini bisa terjadi lantaran otak manusia mengenal strawberry berwarna merah.

4. Mana yang lebih panjang? Garis merah atau hijau?

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: brightside.me

Keduanya memiliki ukuran panjang yang sama, sebab keduanya garis identik. Manusia akan mengira bahwa garis berwarna merah lebih panjang dari garis hijau karena otak manusia mengenal 'perspektif'.

5. Kubus kecil ini luar atau di dalam?

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: brightside.me

Keduanya bisa benar, tergantung bagaimana kamu memandang dan berpikir. Ini merupakan ilusi geometris.

6. Garis lurus yang terlihat acak.

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: flickr.com/Rikx

Sebuah cafe di Melbourne mempunyai desain bangunan yang unik. Meski garis hitam dan putih terlihat acak, sebenarnya garis-garis tersebut sejajar dan membentuk garis lurus, lho.

7. Apakah kamu dapat menemukan sebuah lingkaran?

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: i124nk8 / reddit

Kalau belum bisa, coba konsentrasi dan fokuskan pandanganmu pada garis vertikal. Ada banyak lingkaran, kan?

8. Mewarnai dengan kemampuan pikiran.

Potret ilusi optik Instagram/@gang5al_

foto: depositphotos.com

Coba lihat gambar dinosaurus sebelah kiri selama 30 detik, setelah itu lihat dinosaurus sebelah kanan. Maka warna hijau pada latar belakang gambar sebelah kiri akan berubah ke tubuh dinosaurus sebelah kanan, sedangkan latar belakangnya justru berwarna putih.

(brl/tin)