Brilio.net - Belakangan hari ini publik dikejutkan dengan harga uang koin pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit yang bernilai ratusan juta. Beberapa e-commerce Indonesia menjual koin pecahan Rp 1.000 itu dengan harga fantastis. Nggak tanggung-tanggung, ada yang bahkan menjual hingga Rp 180 juta.

Mahalnya harga uang koin ini lantas membuat banyak warganet terkejut. Seketika mereka yang memiliki simpanan uang tersebut segera mengiklankannya di platform e-commerce. Biasanya harga sebuah uang baik itu pecahan ataupun koin, akan bernilai mahal jika sudah langka dan atau sudah tidak beredar lagi.

Dilansir dari Liputan6.com, ketika salah satu warganet menanyakan apakah uang koin kelapa sawit ini sudah tidak laku, Bank Indonesia lewat akun Twitternya menjelaskan, "Sesuai dengan Peraturan BI No.18/26/PBI/2016 bahwa uang pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1993 bergambar kelapa sawit masih dinyatakan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran," tulis admin @bankIndonesia.

Walaupun begitu, fenomena unik uang koin mahal ini seketika membuat orang-orang berlomba untuk menjual uang koin lama mereka yang dianggap sudah lama. Nah, berikut deretan potret uang koin yang dijual mahal di beberapa e-commerce hingga ratusan juta, seperti dirangkum brilio.net pada Kamis (18/6).


1. Rp 5 (1974).

uang koin mahal  Berbagai Sumber

foto: shopee.com



Uang koin pecahan Rp 5 ini dijual di Shopee dengan harga Rp 2 juta untuk satu kepingnya. Uang ini merupakan keluaran tahun 1974.


2. Rp 10 (1979).

uang koin mahal  Berbagai Sumber

foto: shopee.com



Berikutnya ada koin pecahan Rp 10 keluaran tahun 1979. Koin ini dijual di Shopee dengan harga termahal mencapai Rp 5 juta rupiah untuk satu kepingnya.


3. Rp 25 (1971).

uang koin mahal  Berbagai Sumber

foto: shopee.com



Ada lagi nih yang lebih fantastis. Uang koin pecahan Rp 25 ini dibanderol mencapai Rp 100 juta rupiah. Uang ini bisa kamu temukan di e-commerce Shopee.


4. Rp 50.

uang koin mahal  Berbagai Sumber

foto: tokopedia.com



Meski memiliki nominal yang kecil, tapi jangan salah uang koin yang dijual di Tokopedia tersebut punya harga mencapai Rp 10 juta. Dalam kolom keterangannya, uang ini merupakan uang koin salah cetak. Apa kamu berminat?


5. Rp 100 (1978).

uang koin mahal  Berbagai Sumber

foto: shopee.com



Kamu pasti familiar dengan uang koin yang terkadang suka dipakai untuk kerokan ini. Ya kan? Nah, uang koin pecahan Rp 100 tersebut dijual di Shopee dengan harga yang sangat mahal lho, yaitu sebesar Rp 23 juta rupiah. Fantastis banget kan, harganya?


6. Rp 500 (1991).

uang koin mahal  Berbagai Sumber

foto: tokopedia.com



Kalau yang ini sih, pasti anak tahun 90-an udah pernah pegang. Uang koin pecahan Rp 500 ini memang sudah jarang beredar. Kalau di Tokopedia, ada yang menjual uang tersebut dengan harga Rp 25 juta rupiah, lho.


7. Rp 1.000 - 2.000.

uang koin mahal  Berbagai Sumber

foto: shopee.com



Ini dia yang belakangan hari ini jadi pembicaraan banyak orang. Punya harga yang fantastis, di beberapa platform e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia, uang tersebut sampai dijual hingga ratusan juta. Kira-kira kalau kamu punya uang tersebut, mau kamu jual berapa?