Brilio.net - Di era modern saat ini, teknologi menjadi salah satu media paling efektif untuk menunjang segala aktivitas manusia. Segala hal yang sekiranya dibutuhkan, bisa dengan mudah didapatkan dengan perantara handphone pintar. Maka tak ayal ada banyak e-commerce atau media dagang online bermunculan. Mulai dari e-commerce lokal hingga internasional.

Walaupun banyak situs belanja online datang dari luar, akan tetapi e-commerce lokal tetap menguasai jumlah pengunjung. Kendati demikian, persaingan antar situs belanja online di Indonesia semakin hari kian ketat. Di mana berbagai platform e-commerce di Indonesia melakukan berbagai cara agar menjadi pilihan utama pengguna.

Situs atau portal online berhemat CupoNation merilis studi tentang situs belanja online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia di sepanjang 2019. Studi ini mengungkap 10 situs belanja online terpopuler, baik dari platform e-commerce lokal maupun Internasional. Di samping itu, CupoNation juga menganalisa sumber pengunjung yang datang dari versi desktop maupun web mobile.

Akan tetapi data menunjukkan sebagian besar orang Indonesia lebih suka berbelanja online melalui mobile daripada desktop. Di mana 77.15 persen dari total pengunjung di tahun 2019 datang melalui web mobile dan 22.85 persen melalui desktop.

Nah, situs belaja online apa saja nih yang paling mendominasi di Indonesia selama 2019? Berikut brilio.net lansir dari laporan cuponation pada Rabu (22/1).

Loading...

1. Tokopedia berhasil menduduki peringkat pertama dengan perolehan total kunjungan 1,2 miliar. Terbagi menjadi dua, yakni 863,1 juta dari web mobile dan 329,8 juta dari pengunjung dekstop.

2. Disusul oleh Shopee dengan pengunjung 837 juta selama 12 bulan, mulai dari Januari hingga Desember 2019. 664 juta dari web mobile dan 172 juta dari dekstop.

3. Bukalapak ada pada urutan ketiga, dengan 823 juta orang yang pernah mengunjungi situsnya. Melalui web mobile sebanyak 669 juta dan 153 juta dari dekstop.

4. Lazada telah dikunjungi sebanyak 445 juta pada 2019 lalu. Melalui web mobile ada 378 juta dan dekstop 67 juta orang.

5. Situs online ternama dari Indonesia, Blibli berada di peringkat kelima. Dengan hasil perolehan selama 12 bulan ada 353 juta orang.

6. JD ID berada di posisi keenam dengan perolehan pengunjung 2019 sebanyak 105 juta. Dengan persentase web mobile 77 persen pengunjung lebih tinggi dibandingkan dari dekstop.

7. Pada 2019 situs online Orami belum bisa mencapai pengunjung 100 juta. Dari data yang ada, pengunjung Orami berjumlah 89,8 pengguna.

8. Bhinneka sepertinya harus puas berada di posisi ketiga dari bawah. Dengan perolehan pengunjung 62,9 juta orang. Melalui web mobile ada 48,9 juta pengunjung dan dari dekstop ada 14 juta.

9. Sociolla mampu bersaing ketat dengan situs online dari luar negeri. Situs yang satu ini berhasil menjaring 51 juta pengguna Indonesia selama satu tahun.

10. Peringkat terakhir ada situs internasional Zalora yang memperoleh 44 juta pengguna selama satu tahun. Dari web mobile ada 26 juta, sedangkan dari dekstop ada 18 juta pengguna hadir.