Brilio.net - Berbagai transportasi tersedia buat setiap orang yang ingin melakukan perjalanan dekat maupun jauh. Salah satu moda transportasi yang banyak disukai orang adalah pesawat. Pasalnya perjalanan menjadi lebih singkat dan tak perlu merasa lelah di perjalanan.

Meski menjadi moda transportasi yang populer, namun masih ada beberapa orang yang belum pernah mencoba transportasi udara ini. Hal ini dipengaruhi beberapa hal, misalnya saja tidak berani untuk mencobanya, biaya yang cukup mahal, maupun merasa takut karena belum pernah mencoba sebelumnya. Akhirnya membuat seseorang memilih jalur darat yang kemudian memakan waktu lama.

Bagi kamu yang mungkin baru pertama kali ingin mencoba berpergian naik pesawat, namun masih bingung dan takut, kamu perlu mengetahui beberapa tata cara berikut ini, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/11).

1. Cermati peraturan bagasi.

Tata cara naik pesawat bagi pemula Istimewa

Loading...

foto: travelpassionate.com

Perlu kamu ketahui, setiap maskapai memiliki kebijakan mengenai batas bagasi gratis. Sebelum berangkat, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai muatan bagai pesawat yang akan kamu tumpangi.

Ketika kamu sudah mengetahuinya, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui beberapa jenis barang yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam pesawat. Ada juga benda yang tidak diizinkan ke dalam kabin ataupun bagasi pesawat.

Beberapa barang yang tidak boleh ke dalam kabin pesawat seperti benda bermata pisau seperti pisau, gunting dll. Pemantik dan korek api ataupun rokok elektrik dan lain-lain.

2. Datang lebih awal.

Tata cara naik pesawat bagi pemula Istimewa

foto: pixabay.com

Di hari kamu akan berangkat, maka datanglah lebih awal. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih tenang karena tidak terburu-buru. Pasalnya kita tak pernah tahu ketika di perjalanan menemukan beberapa hambatan.

Kamu harus ingat, pesawat tidak akan menunggu penumpangnya. Jadi jangan sampai terlambat ya.

3. Siapkan tiket pesawat dan identitas.

Tata cara naik pesawat bagi pemula Istimewa

foto: pixabay.com

Sebelum berangkat semua keperluan harus disiapkan, yakni kode booking pesawat dan identitas kamu. Hal ini akan kamu gunakan saat check in nantinya. Sebenarnya check in bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, bisa melakukan web check in di website maskapai pesawat yang kamu tumpangi maupun check in manual di bandara.

Kebanyakan orang lebih senang check in manual di bandara. Cara mudah saat check in adalah tunjukkan tiket atau e-tiketmu disertai data diri seperti KTP atau paspor jika kamu akan ke luar negeri. Setelah check in kamu akan mendapatkan boarding pass yang nantinya harus kamu tunjukkan saat akan naik ke pesawat.

4. Cek gate keberangkatan dan tunggu di ruang yang disediakan.

Tata cara naik pesawat bagi pemula Istimewa

foto: twenty20.com

Hal lain yang penting kamu perhatikan adalah mengetahui gate keberangkatanmu, jangan sampai kamu salah masuk gate. Gate keberangkatan tertera pada boarding pass yang telah kamu dapatkan dari loket check in.

Pastikan untuk tidak menunggu terlalu jauh dari gate keberangkatan agar tidak ketinggalan info penerbangan, seperti jadwal yang diubah atau bahkan harus pindah gate.

5. Siapkan KTP dan boarding pass saat sudah waktunya masuk pesawat.

Tata cara naik pesawat bagi pemula Istimewa

foto: tripadvisor.com

Sebelum naik pesawat, petugas akan memeriksa boarding pass dan KTP kamu. Siapkan keduanya agar nantinya kamu tidak terburu-buru atau kebingungan. Kemudian berjalanlah menuju pesawat.

Naik pesawat dan pilih kursi sesuai yang tercantum di boarding pass. Jangan sampai salah kursi. Jika bingung kamu bisa meminta bantuan awak kabin pesawat.

6. Mengetahui prosedur keamanan penerbangan.

Tata cara naik pesawat bagi pemula Istimewa

foto: irishmirror.ie

Sesaat sebelum lepas landas, pramugari akan menjelaskan bagaimana menggunakan sabuk pengaman yang benar, cara menggunakan masker dan mengetahui letak pintu darurat. Saat itu kamu harus benar-benar memperhatikannya.

Dengan mengetahui berbagai prosedur keamanan penerbangan mungkin jadi bekal utama yang bisa mendatangkan sedikit ketenangan. Pastikan untuk tidak melanggar setiap aturan yang sudah ditetapkan. Jika kamu menemukan salah seorang penumpang yang melakukan kesalahan, jangan takut untuk menegurnya atau laporkan pada petugas.

7. Ambil barang di bagasi.

Tata cara naik pesawat bagi pemula Istimewa

foto: iheanyiigboko.wordpress.com

Ketika sampai di tujuan, jangan buru-buru meninggalkan bandara. Jangan lupa mengambil barang-barang di bagasi, sesuai nomor penerbangan. Caranya, cek kembali nomor bagasi yang diberikan saat check-in, berupa stiker berisi nomor yang biasanya ditempelkan ke boarding pass-mu.

Ingat-ingat barang apa saja yang tadi kamu titipkan di bagasi, jangan lupa untuk mengeceknya kembali, agar tidak tertukar dengan pengunjung lain. Namun bagi kamu yang tidak menitipkan barang di bagasi, maka bisa bebas ke luar bandara dan menuju ke lokasi tujuan kamu.

Tidak sulit bukan? Itulah tata cara naik pesawat bagi kamu yang baru pertama kali mencobanya. Kamu hanya butuh tenang dan ikuti setiap prosedur yang ada. Nggak perlu panik, pasalnya jika kamu kebingungan, petugas di bandara akan siap membantu.

Selama dalam perjalanan, kamu bisa menikmatinya dengan tenang. Satu hal yang perlu kamu ketahui untuk mematikan sinyal di telepon genggammu. Pasalnya sinyal dapat menganggu koneksi penerbangan.