Brilio.net - Perkembangan teknologi kini semakin canggih. Dengan adanya kemajuan teknologi ini telah membuat kehidupan banyak orang menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah keberadaan jaringan internet. Bahkan saat ini kuota internet juga menjadi salah kebutuhan primer manusia.

Meski telah masuk dalam anggaran bulanan, namun di masa pandemi Covid-19 ini, jumlah kuota internet semakin bertambah. Pasalnya hampir semua kegiatan dilakukan secara daring atau online, mulai dari anak sekolah hingga orang yang bekerja. Ya, kebutuhan kuota internet meningkat dan membuat pengeluaran makin membengkak.

Dengan demikian banyak orang mengeluhkan tentang penggunaan kuota internet di smartphone yang menjadi lebih boros. Apalagi jika tiba-tiba muncul pemberitahuan kuota habis, padahal baru saja mengisinya. Lalu bagaimana cara menghemat kuota internet di smartphone selama pandemi Covid-19?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (2/10), berikut 7 cara hemat kuota internet di smartphone selama pandemi Covid-19.

-1. Membatasi background apps.

hemat kuota internet smartphone freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Pada smartphone yang kita gunakan, ada aplikasi-aplikasi yang otomatis menguras kuota meskipun aplikasi tersebut tidak sedang digunakan. Salah satunya bisa disebabkan oleh penggunaan data otomatis di background smartphone.

Untuk mematikan penggunaan data ini, masuk ke menu Settings - Data Usage. Kemudian tap tiga garis vertikal di kanan atas. Restrict Background Data - Ok.

-2. Ubah fitur maps ke mode offline.

hemat kuota internet smartphone freepik.com

foto: freepik.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni mengubah fitur maps ke mode offline. Sebab diketahui aplikasi maps mampu menguras kuota internet dengan cepat dan tak banyak pengguna yang menyadari. Untuk platform android, kamu bisa memilih Search Bar di atas aplikasi maps.

Setelah itu, geser ke bawah hingga bertemu pilihan 'Save map to use offline' kemudian save untuk berpindah ke mode offline. Sedangkan untuk platform iOS, kamu hanya perlu mengubah mode ke flight mode.

-3. Gunakan aplikasi lite.

hemat kuota internet smartphone freepik.com

foto: freepik.com

Aplikasi lite memudahkan penggunanya untuk menghemat kuota ataupun bagi yang memiliki jaringan internet terbatas. Kini banyak banyak aplikasi memiliki versi lite, yang mengkonsumsi lebih sedikit data dan memuat lebih cepat. Seperti Facebook, Tiktok, Linkedin, Youtube, bahkan Google Assistant. Begitupun dengan aplikasi yang sering kita gunakan yakni Instagram dan Twitter yang juga memiliki versi lite.

-4. Pilih browser yang efisien.

hemat kuota internet smartphone freepik.com

foto: freepik.com

Penggunaan browser default atau bawaan biasanya menyedot kuota lebih banyak. Sebaiknya gunakan aplikasi browser yang lebih efisien. Beberapa aplikasi browser atau mesin pencarian seperti Google Chrome, Opera Mini dan Browser bawaan dari ponsel memiliki pengaturan di mana kamu bisa memilih menu data saver yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan kuota internet.

Misalnya Opera Mini, aplikasi ini bahkan bisa mengatur kualitas foto yang diunduh sehingga tidak menguras kuota berlebih. Jadi, akan lebih hemat kuota saat harus mengerjakan tugas kantor atau belajar daring meski berjam-jam lamanya.

-5. Gunakan fitur pembatas data setiap bulan.

hemat kuota internet smartphone freepik.com

foto: freepik.com

Meskipun tidak secara otomatis mengurangi jumlah data yang digunakan ponsel. Kamu akan diberitahu ketika batas telah tercapai, dan akses internet akan akan dijeda. Dengan demikian kamu bisa menghemat dalam menggunakan internet.

Untuk mengatur fitur ini, kamu bisa membuka pengaturan dan ketuk penggunaan data, pilih mobile batas data. Melalui fitur itu, kamu dapat mengatur jumlah maksimum data yang ingin kamu gunakan dalam sebulan.

Selain itu kamu juga bisa membatasi penggunaan pemakaian data kuota internet dengan cara mengaktifkannya ketika dibutuhkan saja.

-6. Pastikan aplikasi tidak update secara otomatis.

hemat kuota internet smartphone freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya yakni memastikan aplikasi tidak update secara otomatis. Jika tidak diatur dengan baik, aplikasi tersebut akan melakukan update setiap waktu. Maka dari itu penting untuk kamu mengubah pengaturannya.

Caranya yakni dengan membuka Play Store - Setting - Auto-update apps. Di sana ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin menghindari update dengan paket data, jangan mengklik pilihan Over any network. Sebagai gantinya, pilihlah Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update.

-7. Menghemat data di WhatsApp.

hemat kuota internet smartphone freepik.com

foto: freepik.com

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang juga mengambil banyak porsi paket internet kamu. Nah, kamu bisa melakukan pengaturan dengan membuka pengaturan / Setting - Data and storage usage. Dimana kamu dapat mengatur agar download media tidak dilakukan secara otomatis. Aktifkan Low data usage untuk mengurangi pemakaian paket data saat telepon.