Brilio.net - Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia membuat beberapa program bantuan untuk masyarakat. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Adapun bantuan pemerintah berupa bantuan sembako, bantuan sosial tunai, BLT dana desa, listrik gratis, kartu prakerja, subsidi gaji karyawan, BLT usaha mikro kecil, hingga kuota internet gratis.

Bantuan kuota internet ini diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mendukung aktivitas belajar mengajar yang sekarang dilakukan secara online.

"Bantuan kuota data internet diberikan kepada siswa, mahasiswa, guru, serta dosen," jelas Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na'im, seperti dikutip dari laman Kemendikbud.

Dilansir brilio.net dari kemdikbud.go.id pada Kamis (23/9) bantuan kuota internet ini rencananya akan disalurkan secara bertahap mulai September hingga Desember 2020. Masing-masing kategori akan mendapatkan besaran kuota yang berbeda, di mana terbagi menjadi kuota umum dan kuota belajar.

Loading...

Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi dan kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Jadwal penyaluran kuota internet gratis Kemendikbud

Cara mendapat kuota gratis © 2020 brilio.net

foto: kuota-belajar.kemdikbud.go.id

Kemendikbud menyaluran kuota data internet secara bertahap, dilakukan selama 4 (empat) bulan, September-Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut:

A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:

- Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.

- Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:

- Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.

- Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:

- Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.

- Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

Jumlah kuota internet untuk pelajar, guru, dan dosen.

Paket kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Peserta didik SD-SMA mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara itu paket kuota internet untuk pendidik pada PAUD dan jenjang SD-SMA mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen berupa 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Cara mendapatkan bantuan kuota internet Kemendikbud

Cara mendapat kuota gratis © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk mendapatkan kuota subsidi, nomor harus lebih dulu terdaftar di Dapodik. Untuk para pelajar, bisa cukup dengan menyerahkan nomor ponsel kepada pihak sekolah. Nomor ponsel harus aktif karena nantinya akan diisi kuota untuk pembelajaran jarak jauh. Setelah nomor ponsel terkumpul, selanjutnya pihak sekolah akan memasukkan data nomor ponsel ke aplikasi Dapodik.

Selanjutnya untuk mahasiswa, cukup menyiapkan nomor ponsel yang aktif karena sebelumnya Kemdikbud telah memberikan surat edaran untuk memutakhirkan data nomor ponsel mahasiswa. Teknis pengusulan nomor ponsel mahasiswa selanjutnya akan dilakukan oleh pihak universitas sesuai dengan arahan Kemdikbud.

Cara cek kuota internet dari Kemendikbud

Cara mendapat kuota gratis © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud ini, hampir bisa dicek melalui seluruh provider seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan Tri. Untuk cara mengeceknya, kamu dapat mengeceknya dengan cara berikut sesuai provider internet yang kamu gunakan saat ini.

1. Cek melalui Telkomsel.

Pengecekan bantuan kuota data internet bagi pengguna Telkomsel dapat diakses melalui menu dial *888# dan aplikasi MyTelkomsel. Jika sudah menerima, siswa atau mahasiswa akan menerima informasi pembagian kuota data.

2. Cek melalui Indosat.

Untuk pelajar atau mahasiswa yang menggunakan provider Indosat, dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi myIM3 atau dengan tekan nomor USSD *123*075# kemudian pilih nomor 1.

3. Cek melalui XL/Axis.

Untuk pengguna provider XL atau Axis, pelajar dan mahasiswa dapat melakukan pengecekan melalui nomor *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota dan pilih paket Terus Belajar. Salin itu, pengecekan juga dapat dialkukan lewat aplikasi myXL dan AxisNet

4. Cek melalui Tri.

Terakhir untuk pelajar dan mahasiswa pengguna Tri, bisa mengecek kuota belajar dari Kemendikbud melalui nomor USSD *123*10*3#. Bisa juga dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang nantinya akan muncul informasi di kolom 'kuota aplikasi dan edukasi'.