Brilio.net - Sinusitis merupakan penyakit yang berkaitan dengan peradangan pada lapisan sinus, yang biasanya berisi selaput lendir. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata. Selain karena udara dingin dan lembap, sinusitis juga dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, atau masalah-masalah auto imunitas. Jika disebabkan virus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 10 hari.

Biasanya penderita sinusitis mengalami gejala seperti mengalami sakit kepala dan hidung tersumbat. Serta dapat menyebabkan bengkak disertai nyeri berkepanjangan di bagian hidung. Bahkan ketika sudah parah, solusi pengobatannya adalah melalui jalur operasi.

Kondisi ini bisa menyerang siapa saja. Orang dewasa hingga anak-anak. Namun banyak juga dari mereka yang tidak begitu menyukai konsumsi obat. Padahal untuk sinusitis yang tidak parah bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Beruntungnya obat alami sinusitis ini bisa sedikit membantu meredakannya. Berikut ulasan lengkapnya seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (26/11).

1. Kunyit.

Jenis obat alami sinusitis © 2020 brilio.net/ freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Jenis obat alami sinusitis yang pertama yakni kunyit. Kunyit ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal penyakit sinusitis kronis. Hal ini disebabkan karena senyawa kurkumin dalam kunyit yang berfungsi sebagai antioksidan. Kurkumin ini sangat efektif membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan saluran sinus yang terinfeksi.

Dilansir brilio.net dari food.ndtv, mengonsumsi seduhan kunyit, jahe yang ditambah 1 sendok teh madu dapat membantu mengencerkan lendir dari saluran hidung Tersumbat. Serta dapat mengendurkan tekanan sinus dan membuat kamu merasa lebih baik.

2. Jahe.

Jenis obat alami sinusitis © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Selain buah kunyit, jahe diklaim dapat memberikan efek meringankan infeksi sinusitis. Hal ini karena kandungan antiradang yang dimiliki jahe mampu mengurangi pembengkakan di selaput hidung. Serta efektif menekan produksi lendir. Dalam satu sendok jahe segar mengandung 4,8 kalori, 1,07 gram karbohidrat, 0,11 gram serat, zat besi, kalium, vitamin C, magnesium, dan banyak lainnya.

Kandungan yang terdapat di dalam rempah beraroma kuat itulah yang membuatnya begitu bermanfaat untuk kesehatan, termasuk sinusitis. Olahan teh jahe bisa dijadikan pilihan. Sebab uap yang dihasilkan oleh seduhan jahe yang dipadukan dengan teh ini dapat meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

3. Nanas.

Jenis obat alami sinusitis © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Nanas diketahui mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagian bonggol atau tengahnya. Dalam sepotong bonggol nanas terkandung 2,2 gram serat. Sehingga nanas sangat mudah dicerna tubuh. Terlebih bonggol nanas juga memiliki kandungan gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, bromolin, folat serta vitamin A, B dan C.

Kandungan bromelain berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada saluran pernapasan dan mampu meredakan kondisi saat sinusitis menyerang. Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa dengan mengonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Caranya, siapkan satu buah bonggol nanas dan sekitar 300 mililiter air, blender. Setelah halus, tambahkan satu kapsul habbatussauda, diamkan hingga mengendap. Minum air endapannya tiap pagi saat perut kosong. Lakukan rutin hingga sinusitis mereda.

4. Cuka apel.

Jenis obat alami sinusitis © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Cuka apel biasanya digunakan untuk bahan makanan. Namun, bahan alami ini rupanya bisa menjadi salah satu obat sinusitis. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan 2-3 sendok makan cuka apel ke secangkir air panas. Kemudian tambahkan dengan lemon dan madu secukupnya. Kamu dapat meminumnya hingga sinus terasa membaik.

5. Madu.

Jenis obat alami sinusitis © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Madu dianggap lebih efektif daripada obat-obatan yang mengandung dextromethorphan. Bahan alami ini bisa meredakan sakit tenggorokan yang umumnya dialami pengidap sinusitis. Madu merupakan antiseptik alami, sedangkan lemon merupakan sumber vitamin C. Ambil satu sendok makan madu dan sari dari setengah buah lemon segar. Campur dua bahan tersebut ke dalam air hangat lalu minum. Lalu konsumsi campuran ramuan ini, dua kali sehari untuk mencegah sinus.

6. Bawang putih.

Jenis obat alami sinusitis © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip brilio.net ari Boldsky, sinusitis juga bisa diobati dengan bawang putih. Bawang putih bisa mengurangi infeksi yang disebabkan oleh pembengkakan lapisan dalam dari saluran sinus. Bawang putih juga mengobati akar masalah. Ini karena kandungan senyawa belerang yang disebut allicin sehingga lendir menjadi kering. Untuk mengaplikasikannya, bawang putih dibuat jus. Ditambah dengan madu dan lobak sehingga semakin berkhasiat mengobati sinus.