Brilio.net - Sinusitis atau sinus, adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan di rongga hidung. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.

Saat penyakit ini kumat, biasanya seseorang akan mengalami sakit kepala, hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, batuk, drainase postnasal, nyeri, bengkak di sekitar mata, pipi, hidung atau dahi, dan berkurangnya penciuman dan rasa adalah beberapa tanda dan gejala sinus.

Bila dibiarkan, penyakit ini akan semakin berbahaya. Bahkan munculnya penyakit ini sering membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Bila kamu menderita sinus, obati sinus dengan bahan alami yang ada di rumah. Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Rabu (29/7).

1. Bersihkan hidung dengan air garam

Cara ini membantu menjaga saluran hidung tetap bersih dan lembap, selain itu juga membantu mengurangi peradangan dan meredakan hidung yang tersumbat. Kamu bisa menggunakan botol semprot yang diisi air garam. Semprot hidung secara perlahan dengan memiringkan kepala, lakukan dua sampai tiga kali.

Loading...

2. Menghirup uap

Menghirup uap adalah salah satu solusi paling efektif untuk infeksi sinus. Ini membantu meringankan rasa sakit sinus dan membuka saluran hidung. Kamu bisa menghirup uap dengan air mendidih ditaruh di wadah. bernapaslah selama 10 menit, lakukan dua sampai tiga kali sehari.

3. Kompresi dengan air hangat

Mengompres air hangat di area sinus dapat membantu mengeluarkan lendir dan mengurangi rasa sakit. kamu bisa celupkan lap bersih ke air hangat, lakukan 10-15 menit sampai kamu merasa lebih baik.

4. Minyak esensial lavender

Minyak esensial lavender mengandung konstituen penting yang meliputi monoterpen, geraniol, linaloo. Bahkan menurut studi, minyak esensial lavender memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat bekerja melawan sinusitis. Rebus semangkuk air dan kemudian tambahkan tiga hingga tujuh tetes minyak esensial lavender. Tutupi kepala dengan kain dan hirup uapnya tidak lebih dari dua menit.

5. Minyak esensial peppermint

Minyak atsiri peppermint memiliki sifat antiseptik, antibakteri, antivirus, dan anti-spasmodik yang telah terbukti mengurangi lendir dan meredakan sinusitis. Tambahkan tiga hingga tujuh tetes minyak esensial peppermint ke dalam semangkuk air panas, kemudian tutupi kepala dan mangkuk dengan handuk dan hirup uapnya. Lakukan ini dua atau tiga kali sehari.

6. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih mengandung sifat antiinflamasi, antiseptik, dan dekongestan yang telah terbukti dapat mengobati sinusitis. Ambil semangkuk air panas, teteskan tiga sampai tujuh minyak kayu putih. Tutupi kepala dengan handuk dan hirup uapnya.

7. Minum banyak cairan

Tubuh kita membutuhkan banyak sekali cairan, ketika tubuh kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi. Apalagi bagi orang yang menderita sinus, sebaiknya mengonsumsi banyak cairan. Cairan yang dikonsumsi beragam, mulai dari air putih, jus buah atau sup hangat untuk meredakan hidung tersumbat.

8. Cuka apel

Cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antijamur dan merupakan sumber vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, kalsium dan magnesium yang baik yang membantu dalam mengobati infeksi sinus. Cuka apel bekerja untuk membersihkan saluran hidung Anda. Kamu bisa menambahkan segelas air dengan cuka apel kemudian diminum.

9. Humidifier

Saat ini, humidifier memang sedang ramai digunakan oleh masyarakat untuk menjaga kelembapan udara di ruangan. Ternyata cara ini juga bisa membantu mengatasi sinus. Dengan menghirup udara ini akan membantu membersihkan lendir dan mengatasi hidung tersumbat.