Brilio.net - Gunung berapi yang ada di dunia ini mungkin ribuan jumlahnya, tapi hanya beberapa yang menyandang gelar Supervolcano. Gelar mengerikan ini hanya disandang oleh gunung yang pernah mempunyai ledakan dan erupsi dahsyat.

Saking dahsyatnya bahkan bisa menjebol lapisan batuan dan bikin wilayah di sekitarnya menjadi berlubang yang kini biasa disebut kaldera.

Berikut 6 gunung berapi di seluruh penjuru dunia yang berjuluk Supervolcano, seperti dilansir brilio.net dari Ranker, Selasa (14/3). Entah harus bangga atau cemas, karena salah satunya berada di wilayah Indonesia.

1. The Yellowstone Caldera.

6 Supervolcano © 2017 ranker.com

Loading...

Kaldera yang berada di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat ini terjadi karena ledakan besar Gunung St Helen 64 ribu tahun yang lalu. Di masa depan, mungkin saja terjadi ledakan dahsyat dari gunung ini seperti yang terjadi di film fiksi 2012.

2. The Long Valley Caldera.

6 Supervolcano © 2017 ranker.com

Kaldera kedua yang ada di Amerika Serikat. Terletak di Long Valley, California, kaldera tersebut terjadi berkat letusan The Valley pada 760 ribu tahun yang lalu.

3. Valles Caldera.

6 Supervolcano © 2017 ranker.com

Letusan besar yang terjadi dari Valles pada 1,2 juta dan 1,6 juta tahun yang lalu telah membentuk titik besar di wilayah New Mexico.

4. Danau Toba.

6 Supervolcano © 2017 ranker.com

Danau terluas di Indonesia dan Asia Tenggara ini terbentuk akibat letusan hebat Gunung Toba pada 74 ribu tahun lalu. Letusan itu menyemburkan material yang diklaim mengakibatkan pendinginan global selain tentunya korban yang luar biasa banyak.

Ahli menyatakan ada 'kekuatan' besar di bawah Danau Toba yang potensial meledak di masa depan.

5. Taupo Caldera.

6 Supervolcano © 2017 ranker.com

Daerah yang banyak dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di dunia ini ternyata terbentuk berkat letusan besar Gunung Taupo 25 ribu tahun yang lalu. Tanda-tanda gunung ini masih aktif bisa dilihat dari aktivitas vulkanik dan sumber air panas di sana.

6. Aira Caldera.

6 Supervolcano © 2017 ranker.com

Salah satu kaldera yang sering bikin masalah adalah Aira yang terletak di Jepang. Kaldera yang terbentuk akibat letusan Sakura-jima ini sering aktif dan mengakibatkan banyak gempa di Jepang.