Brilio.net - Info hoax atau berita palsu memang sudah lama ada. Sebelum internet dan media sosial muncul, dunia sudah pernah digemparkan oleh berita-berita hoax yang berseliweran. Saat itu, info hoax ini sering dipublikasikan oleh media seperti koran atau radio.

Bahkan saking hebohnya, info hoax ini pernah gemparkan dunia. Saat info hoax ini beredar, pemerintah pun ikut turun tangan untuk meredakan warganya.

Nah, sudah penasaran info hoax apa saja?

Yuk, simak 10 info hoax yang pernah gemparkan dunia, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (10/3):

1. Foto turis di gedung WTC.

Loading...

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Setelah peristiwa tragis 11 September, tiba-tiba muncul sebuah foto di internet. Dalam foto tersebut menunjukkan seorang pria yang sedang berdiri di atap gedung WTC beberapa detik sebelum terjadi tabrakan pesawat. Banyak yang percaya pria itu salah satu korban peristiwa tragis itu.

Padahal, faktanya tabrakan pesawat terjadi pada pukul 08.45. Sementara pintu untuk naik ke atap dibuka pada pukul 9.30. Pesawat yang ada pada foto juga bukan tipe pesawat yang menabrak gedung.

2. Drama radio War of the Worlds.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Pada tahun 1938, sutradara radio Orson Welles menyiarkan drama karya Herbert Wells berjudul The War of the Worlds. Drama tersebut berisi tentang serangan makhluk asing ke Bumi.

Sejak awal, Orson telah mengumumkan kalau drama itu hanya cerita fiktif belaka. Namun beberapa pendengar berita terlanjur percaya bahwa akan ada serangan makhluk asing ke Bumi. Kericuhan pun sempat terjadi hingga Presiden Roosevelt ikut turun tangan menenangkan warganya.

3. Kemunculan peri dalam foto The Cottingley Fairies.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

The Cottingley Fairies merupakan sebuah seri fotografi yang dijepret pada tahun 1917 dan 1921. Di dalam foto tersebut penampakan peri bersama dua gadis di taman. Foto itu sebenarnya hasil olahan (bukan Photoshop), tetapi banyak yang percaya kalau peri benar-benar ada.

4. Musnahnya gen rambut pirang.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Di tahun 2002, BBC mempublikasikan artikel yang menuliskan bahwa setiap tahun makin sedikit orang terlahir dengan rambut pirang. Dan disinyalir 200 tahun lagi tidak ada orang berambut pirang.

New York Times kemudian mengumumkan bahwa artikel itu keliru. Namun info hoax ini terlanjur merebak.

5. Hilangnya tengkorak evolusi.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Di tahun 1912, seorang arkeolog bernama Charles Dawson mengaku telah menemukan tengkorak dari rantai evolusi yang hilang. Rantai evolusi yang hilang ini merujuk kepada teori Charles Darwin.

40 Tahun kemudian ilmuwan mengungkapkan kalau tengkorak yang ditemukan oleh Dawson merupakan tengkorak milik seekor primata jenis Orangutan.

6. Hantu Abraham Lincoln dalam foto.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Di akhir abad 19, seorang fotografer bernama William Mumler menemukan teknik baru dalam dunia fotografi. Ia membuat foto orang yang sudah meninggal seolah-olah muncul dalam wujud hantu.

Karya fotografer New York ini yang paling fenomenal adalah foto Mary Todd Lincoln yang 'berdampingan' dengan suaminya Abraham Lincoln. Foto ini selanjutnya dipercaya sebagai penampakan hantu Abraham Lincoln.

7. Batu Beringer.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Di tahun 1725, seorang profesor bidang kesehatan bernama Johann Beringer menemukan batu-batu kuno yang bergambar hewan prasejarah dan tanaman berbahasa Ibrani.

Johan berpikir kalau ia sudah ditunjuk oleh Tuhan untuk menemukannya. Padahal sebenarnya, batu-batu itu merupakan buatan teman-temannya.

8. Autopsi alien.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Di tahun 1947, terjadi kecelakaan yang diduga UFO di Roswell, Amerika Serikat. Peristiwa ini menjadi inspirasi bagi seorang produser film bernama Ray Santili. Ia membuat film di tahun 1995 tentang autopsi mayat alien.

Hingga sekarang masih banyak yang percaya kalau video autopsi alien tersebut asli. Padahal alien dalam video tersebut merupakan boneka.

9. Kematian Paul McCartney.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Di tahun 1969 saat grup band legendaris The Beatles sedang naik daun, muncul isu kalau Paul McCartney meninggal dalam kecelakaan tiga tahun sebelumnya. Manajemen The Beatles mengganti Paul dengan seseorang yang wajahnya sangat mirip.

Dugaan ini makin kuat setelah munculnya teori konspirasi bahwa The Beatles sudah memberikan petunjuk tentang kematian Paul pada empat albumnya. Faktanya, Paul tidak pernah meninggal. Justru John Lennon dahulu yang meninggal setelah keluar dari The Beatles.

10. Monster Loch Ness.

info hoax gemparkan dunia  © 2017 brightside.me

Foto penampakan monster Loch Ness ini merupakan info hoax paling terkenal di dunia. Di tahun 1934, Daily Mail mempublikasikan foto penampakan monster Loch Ness di sebuah permukaan danau di London. Pada tahun 1994, foto penampakan itu ditetapkan sebagai foto palsu.