Brilio.net - Jepang menjadi negara yang sangat diagungkan dalam industri kereta api dunia. Hampir semua orang tentu pernah mendengar mengenai kereta api di Jepang yang sangat tepat waktu, memiliki kecepatan tinggi, pelayanan yang ramah hingga pada kebersihan yang luar biasa.

Lalu apa yang membuat kereta api di Jepang sungguh berbeda dengan berbagai kereta api yang ada di dunia termasuk di Indonesia?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (11/4), berikut adalah fakta yang ada dibalik keunikan dan kemewahan kereta api di Jepang yang bakal bikin kamu melongo.

1. Jepang memproduksi kereta apinya sendiri dengan percaya kepada perusahaan lokal.

fakta kereta api Jepang © 2016 brilio.net foto : www.tofugu.com

Apa yang membuat Negeri Sakura ini menjadi sedemikian kuatnya dalam industri kereta api? Salah satunya adalah kepercayaan.

Pemerintah Jepang tidak pernah membeli kereta api dari luar negeri melainkan memproduksi sendiri dengan bantuan perusahaan lokal seperti Alstom dan Siemens. Siapa sangka bermodalkan kepercayaan, Jepang bisa sangat maju seperti saat ini.

2. Kompetisi antara perusahaan Kereta Api.

fakta kereta api Jepang © 2016 brilio.net foto : www.gounic.ga

Jepang membuka peluang bagi semua pihak untuk terlibat dalam industri ini, sehingga menimbulkan berbagai kompetisi yang akan mengacu kepada semakin baiknya pelayanan kereta api. Ada sekitar 16 kereta api milik swasta yang beroperasi di Jepang. Hal ini juga membuktikan bahwa pemerintah tidak mendominasi.

3. Pembangunan stasiun kereta api dengan sangat serius.

fakta kereta api Jepang © 2016 brilio.net
foto : www.youtube.com

Bukan orang Jepang jika tidak memiliki etos kerja yang tinggi. Terbukti dibeberapa kesempatan pembangun rel kereta api, para pekerja bisa saja lembur hingga 24 jam demi mencapai target pembangunan lho.

4. Perbaikan atau pemeliharaan rel kereta api setiap satu jam.

fakta kereta api Jepang © 2016 brilio.net foto : www.ocaji.or.jp

Orang Jepang meyakini bahwa apa yang mereka bangun harus bisa mereka pelihara. Buktinya saja setiap satu jam, rel kereta api akan dicek kondisinya dan apabila ada kerusakan akan diperbaiki segera.

5. Melibatkan masyarakat secara langsung.

fakta kereta api Jepang © 2016 brilio.net foto : www.youtube.com

Kalau kamu menggunakan kereta api di Jepang maka kamu akan mendapatkan perlakukan yang sangat baik. Bahkan masyarakat setiap minggunya diberikan kesempatan untuk memberikan masukan untuk perbaikan fasilitas dan pelayanan kereta api.

6. Ada pendidikan khusus untuk pekerja kereta api.

fakta kereta api Jepang © 2016 brilio.net foto : www.ocaji.or.jp

Mulai dari masinis hingga cleaning service akan mendapatkan sertifikasi khusus. Hal inilah yang membuat profesi di bidang kereta api sangat berkelas di Jepang.

Nah, 6 fakta ini memang menjadi bukti bahwa Jepang pantas meraih predikat sebagai negara dengan kereta api terbaik di dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia ya?