Brilio.net - Sebagai manusia biasa, kita semua pasti pernah merasa marah. Sebagian besar orang pada satu titik mungkin pernah emosi karena adanya stres, konflik, dan masalah politik di tempat kerja.

Beberapa pemicu tentu saja dapat memantik kesabaran. Sangat mudah untuk bereaksi berlebihan saat situasi ‘memanas’. Tak jarang seseorang tak bisa berpikir jernih hingga emosi meledak.

Nah, untuk menghindari kejadian yang dapat merusak kredibilitas profesional. Brilio.net berbagi beberapa langkah sederhana untuk memperbaiki situasi dan kembali tenang.

Berikut cara mengatasi amarah di kantor seperti dilansir brilio.net dari Jobstreet, Selasa (3/9).

1. Cari udara segar.

Memang banyak sekali godaan saat rasa kesabaran habis. Salah satu hal yang ingin dilakukan adalah berkata kasar. Namun tak mungkin kamu melakukan hal itu demi menjaga reputasi di kantor. Lebih baik carilah udara keluar dan tenangkan pikiran.  

2. Curhat pada kolega yang dipercaya.

Ceritakan masalah kepada kolega yang dipercaya bukan hal yang salah. Justu itu kamu akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda serta objektif dari seseorang yang tidak terpengaruh secara pribadi oleh masalah tersebut.

3. Tarik napas.

Walau terdengar sederhana, tetapi mengambil napas adalah salah satu cara paling efektif untuk memperlambat detak jantung dan memberi kesempatan pada diri. Hal tersebut bisa untuk meredakan emosi dan kembali berpikir dengan jernih.

4. Berhitung sampai angka 10.

Sama halnya dengan mengambil nafas, menghitung angka 1 sampai 10 memberi kamu kesempatan untuk diam sejenak, menenangkan diri dan kembali fokus. Intinya adalah keluar dari situasi yang membuat stres sehingga kamu tidak terpancing untuk bereaksi secara emosional.

5. Fokus pada gambaran keseluruhan.

Jangan biarkan perhatian kamu teralihkan oleh masalah sepele, misalnya mencari tahu siapa yang sebenarnya menyebabkan kekacauan tersebut. Fokus pada target yang dituju dan cari solusi untuk mencapainya. Hal-hal lainnya tidak perlu diambil pusing.

6. Coba untuk mengalah.

Jika kamu sedang berurusan dengan kolega yang menyulitkan, memang kerap terjadi. Menanggapi mereka tidak akan menyelesaikan masalah, jadi cobalah mengalah dan menjadi pihak yang lebih bijak.

Nah, mungkin cara-cara sederhana tersebut bisa kamu coba ketika merasa sedang tidak nyaman dengan rekan kerja di kantor. Selamat mencoba!