Brilio.net - Memiliki aktivitas yang tinggi membuat seseorang sering mengalami masalah kesehatan. Tak hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Biasanya kesehatan fisik ditandai dengan tubuh terasa pegal-pegal, lelah, dan lemas, sementara mental mengalami stres akibat tekanan pekerjaan.

Untuk menghilangkan permasalahan pegal-pegal di otot tubuh, banyak masyarakat memilih pijat untuk membuat tubuh menjadi rileks. Salah satu teknik pemijatan yang mampu membuat tubuh menjadi rileks adalah pijat shiatsu.

Pijat shiatsu merupakan pemijatan asal Jepang yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat yang diperoleh setelah melakukan pemijatan shiatsu? Berikut brilio.net rangkum fakta menarik pijat shiatsu, Kamis (1/8).

1. Pijat tradisonal asal Jepang.

Pijat shiatsu merupakan teknik pijat asal Jepang yang melibatkan penggunaaan jari-jari untuk memijat tubuh pada titik-titik tertentu. Shiatsu dalam bahasa Jepang jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'tekanan jari'.

Loading...

2. Metode pijat yang mampu menghilangkan pegal di tubuh.

Shiatsu © 2019 brilio.net

Pijat shiatsu ini terfokus pada meridien line atau aliran syaraf dari ujung kaki sampai ujung rambut. Pemijatan shiatsu lebih didominasi gerakan stretching, sehingga sangat cocok dilakukan untuk seseorang yang memiliki intensitas tinggi dalam beraktivitas. Misalnya banyak jalan, banyak duduk, stres, maupun sulit tidur.

3. Teknik pemijatan yang unik.

Kalau biasanya pemijatan pada umumnya menggunakan teknik 'urut', namun pemijatan shiatsu sangat berbeda. Teknik pemijatan ini, para terapis menginjak perlahan ke bagian sejumlah titik tubuh. Hal ini dilakukan untuk meregangkan otot-otot yang kaku.

"Pertama warming up dari bagian atas ke bawah. Selanjutnya, stretching untuk mengendurkan otot bagian pinggang, kaki, dan titik tertentu. Setelah itu, barulah melakukan penginjakan ala gerakan shiatsu," ujar Head Trainer Body Massage The Fountain Wellness, Meyke saat ditemui brilio.net di pembukaan gerai The Fountain Wellness di Jakarta.

4. Aman untuk ibu hamil.

Shiatsu © 2019 brilio.net

Banyak ibu hamil yang khawatir bila melakukan pijatan. Namun tak perlu risau, pijatan shiatsu justru aman untuk ibu hamil. Namun ada bagian-bagian tertentu yang rentan bahkan tidak dianjurkan untuk dilakukan pada ibu hamil, misalnya area mata kaki.

5. Bisa mengatasi masalah susah tidur hingga depresi.

Pijatan tradisonal ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Pijat shiatsu sangat cocok untuk masyarakat yang memiliki kesibukan tinggi, seperti mobilitas tinggi atau pekerja kantoran yang sering duduk. Pasalnya mereka sering mengalami badan pegal di pinggang dan semua area belakang tubuh.

"Buat orang yang sering banyak gerak, depresi, susah tidur bisa dilakukan pemijatan shiatsu," tutupnya.