Kata-kata mutiara Islami tentang rezeki, penuh makna.

motivasi mencari rezeki © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@katamotivasi

51. "Seandainya kalian betul-betul percaya (tawakal) kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung mendapatkan rezeki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore harinya dalam keadaan kenyang."

52. "Sungguh, Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas." QS. Ali Imran: 37

53. "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya itu tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." QS. Huud: 6

54. "Aku sudah melihat segala bentuk rezeki, tapi tidak aku temukan rezeki yang lebih baik daripada kesabaran." - Umar bin Khattab

55. "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut ditimpa kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya, membunuh mereka adalah suatu perbuatan dosa besar." QS. AL-Isra': 31

56. "Wahai hamba-Ku, kalian semua adalah orang yang lapar, kecuali orang yang Aku beri makan, maka hendaklah kalian meminta makan kepada-Ku, pasti akan Aku beri."

57. "Atau siapakah dia yang dapat memberi kamu rezeki jika Allah menahan rezeki-Nya?" QS. Al-Mulk: 21

58. "Barang siapa terus menerus memohon ampunan (kepada Allah), maka Allah akan memberikan baginya kebebasan dari setiap kesusahan, jalan keluar dari setiap kesempitan, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

59. "Rezeki tidak hanya berupa kekayaan. Kesehatan, pasangan, keturunan, teman baik, pengetahuan, keterampilan, kecerdasan, dan sebagainya juga merupakan rezeki yang Allah berikan kepadamu. Maka mintalah rezeki yang baik kepada-Nya dan senantiasa bersyukur kepada-Nya atas semua nikmat yang telah Dia berikan kepadamu."

60. "Dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah akan melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi segala sesuatu." QS. At-Talaq: 3

61. "Manusia sudah diciptakan lengkap dengan rezekinya masing-masing, tidak akan tertukar. Tinggal jemput dengan ikhtiar dan doa. Cari berkahnya dengan cara yang halal."

62. "Dan berapa banyak binatang yang tidak dapat membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan juga kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." QS. Al-Ankabut: 60

63. "Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya, dan diakhirkan ajalnya, maka hendaknya dia menyambung tali silaturahmi."

64. "Allah katakan bahwa rezeki, nafkah, dan uang akan datang, dan bahkan yang lebih baik lagi dari itu, jika kepedulianmu tidak hanya tercurah pada diri sendiri. Kepedulianmu harusnya tercurah juga kepada orang lain. Islam tidak menentang kekayaan. Tapi, islam menentang kekayaan yang hanya melayani dan menguntungkan diri sendiri."

65. "Jangan takut tidak punya rezeki. Takutlah kalau tidak berkah, takutlah kalau tidak punya syukur, takutlah tidak punya sabar."

66. "Manusia tidak pernah tahu di mana dia harus menjemput rezekinya, tapi rezeki pasti tahu di mana pemiliknya."

67. "Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak." QS. An-Nisa: 100

68. "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan."

69. "Barang siapa terus menerus memohon ampun (kepada Allah), maka Allah akan memberikan baginya kebebasan dari setiap kesusahan, jalan keluar dari setiap kesempitan, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

70. "Semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak kebahagiaan yang kita dapatkan."

71. "Alangkah lebih baik jika kamu mensyukuri segala nikmat yang Tuhan beri, daripada terus menghitung kekuranganmu."

72. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

73. "Harus selalu bersyukur dan tidak berkeluh kesah. Dengan demikian perjalanan hidup baru bisa lancar tanpa hambatan."

74. "Jangan takut, jika usiamu tua, tapi takutlah jika mada mudamu tak berguna.

75. "Seseorang boleh menglami pahit getirnya perjalanan hidup. Tetapi dia tak boleh berhenti & tak boleh kehilangan impiannya."

76. "Dalam kondisi sesulit apapun, kita hatus mampu menumbuhkan sikap positif, optimis, penuh harapan untuk masa depan yang lebih baik.

77. "Untuk mendapatkan sesuatu yang kau inginkan, terkadang kahu harus bersabar dengan sesuatu yang kau benci.

78. "Bagi siapapun yang tak pernah kehilangan semangat, kegagalan hanyalah sesuatu yang sementara."

79. "Kemakmuran dan kesuksesan datang bagi orang yang menciptakan bilai besar dalam dirinya sendiri.

80. "Jangan iri dengan pencapaian orang lain yang lebih baik dari kita. Jadikan itu motivasi kenapa orang lain bisa dan kita harus juga bisa dan harus lebih baik.


Kata-kata motivasi kerja Islami penuh inspirasi.

motivasi mencari rezeki © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

81. "Semua butuh proses, karena di setiap proses ada pembelajaran. Jika dipercepat, Allah ingin kita bersyukur. Jika diperlambat, Allah ingin kita bersabar."

82. "Hubungkan semua urusan hanya pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah; semua urusan berkah, berkah, berkah."

83. "Kewajiban kita hanyalah bekerja. Kewajiban rezeki ialah mengejar kita, bukan kita yang mengejar rezeki."

84. "Barangsiapa melibatkan diri dalam pekerjaan Allah SWT, maka Allah SWT akan terlibat dalam pekerjaannya." – Abu Bakar As-Shiddiq

85. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

86. "Tahapan untuk meraih kesuksesan itu panjang. Dari persiapan, percobaan, ujian dan kemenangan."

87. "Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan.”

88. "Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu. Tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah." - Ibnu Atha’illah

89. "Kerja ikhlas ialah membersihkan niat semata-mata untuk mencari rida Allah."

90. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

91. "Dari mana datangnya inspirasi, dari visi turun ke kerja keras tanpa henti. Tak sedikit orang bervisi, tapi segelintir yang mampu menggerakkan banyak pribadi." - Najwa Shihab.

92. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." – Hasan al Bashri.

93. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

94. "Mengapa lelah? Sementara Allah selalu menyemangati dengan hayya ‘alash shalaah & hayya ‘alal falaah; bahwa jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah."

95. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." – Ali bin Abi Thalib.

96. "Jangan mati-matian menghias diri untuk menjadi sesempurna mungkin. Padahal yang kamu harus selalu jaga dan perbaiki adalah kualitas diri bukan kualitas fisik."

97. "Bekerja keraslah. Dunia ini untuk bekerja keras, akhirat adalah tempat istirahat kekal kita kelak."

98. "Bekerja adalah ibadah."

99. "Kerja keras, shalat tepat waktu."

100. "Kamu bekerja begitu keras demi meraih kualifikasi untuk kemajuan hidupmu di dunia, lalu bagaimana dengan meraih kualifikasi untuk kemajuan hidupmu di akhirat?"

101. "Jangan korbankan lautan akhirat hanya demi semangkuk dunia."

102. "Keislamanmu tidak berhenti saat kamu berangkat ke tempat kerja, sekolah, saat menghabiskan waktu bersama teman. Jadilah muslim di mana saja kamu berada."

103. "Pekerjaan yang paling memuaskan adalah membantu orang lain."

104. "Jangan sia-siakan kerja keras dan waktu yang kamu habiskan untuk beribadah kepada Allah dengan tidak memiliki keikhlasan."

105. "Bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati esok hari, dan bekerjalan untuk kehidupan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya." – Ali bin Abi Thalib

106. "Yakinlah kepada Allah, bermimpilah yang besar, kerja keraslah, maka kesuksesan akan datang kepadamu."

107. "Selalu mencoba yang terbaik, meski gagal, teruslah berusaha. Allah melihat kerja keras, semangat, dan kegigihanmu."

108. "Tak peduli seberapa keras kamu bekerja, tidak akan ada yang berhasil tanpa pertolongan Allah. Maka bantulah dirimu dengan meminta pertolongan kepada Allah." – Abdul Bary Yahya

109. "Apapun yang kita nikmati di dunia ini, kita harus selalu mengingat dua hal: 1) Apa yang Allah miliki itu lebih baik; 2) Apa yang Allah miliki itu bertahan lebih lama. Untuk itu, bekerja keraslah dalam hidup ini dan bekerja lebih keras untuk kehidupan selanjutnya." – Nouman Ali Khan

110. "Ada begitu banyak masalah yang kita alami setiap hari, masalah pekerjaan, rumah, hubungan, kehidupan. Tapi kita lupa bahwa masalah terbesar kita adalah permasalah iman."

111. "Jika suatu pekerjaan menjadi alasan sehingga kamu meninggalkan shalat, maka tidak ada keberkahan pada penghasilan yang kamu peroleh, dan pekerjaan tersebut tidak layak untuk dilakukan."