Brilio.net - Suatu bacaan yang kita baca memiliki banyak diksi atau kata-kata tertentu. Misalnya kata umum dan kata khusus ini. Kata umum dan kata khusus tanpa disadari sering kita ucapkan sehari-hari meski begitu jarang yang mengetahui bentuk kalimat ini.

Dalam sebuah kalimat, kata khusus sering digunakan untuk memberikan detail atau informasi yang lebih spesifik tentang suatu objek atau benda. Sementara itu, kata umum digunakan untuk menggambarkan hal-hal secara umum dan tidak memberikan informasi spesifik tentang suatu objek atau benda tertentu.

Kata umum dan kata khusus merupakan kata yang merujuk pada jenis atau kategori benda atau hal-hal yang berada disekitar kita. Nah agar kamu lebih memahami kata umum dan kata khusus ini, berikut brilio.net sajikan pengertian dan contoh kata umum dan kata khusus yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/4).

Pengertian kata umum dan kata khusus

Contoh kata umum dan kata khusus beserta pengertian © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kata umum adalah kata yang merujuk pada suatu jenis atau kategori yang meliputi banyak hal atau benda. Kata umum tidak merujuk pada satu objek atau benda tertentu, tetapi pada kumpulan benda atau objek dengan ciri-ciri yang serupa. Contohnya adalah kata "rumah", "buku", "binatang", dan "makanan".

Sementara itu, kata khusus adalah kata yang merujuk pada satu objek atau benda tertentu. Kata khusus menunjukkan objek atau benda yang spesifik, unik, dan memiliki ciri-ciri yang berbeda dari objek atau benda lain. Contohnya adalah kata "Jakarta", "Harry Potter", "Universitas Harvard", dan "Mobil Ferrari". Kata khusus biasanya ditulis dengan huruf kapital pada awal kata.

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata umum adalah kata yang mencakup benda, makhluk hidup, atau suatu jenis keadaan tertentu yang lebih dari satu, sedangkan kata khusus adalah kata yang menunjukkan sesuatu atau seseorang yang spesifik.

Menurut Susan L. Robison dalam bukunya yang berjudul "The Language of Psychology", kata umum adalah kata yang merujuk pada kategori umum, sedangkan kata khusus adalah kata yang merujuk pada objek atau orang tertentu.

Sementara menurut Simon D. Parsons dalam bukunya yang berjudul "Understanding Philosophy of Science", kata umum adalah kata yang digunakan untuk merujuk pada banyak objek atau konsep yang serupa, sedangkan kata khusus merujuk pada objek atau konsep yang spesifik.

Tak jauh berbeda dari pendapat sebelumnya, menurut Ferdinand de Saussure dalam teorinya tentang linguistik, kata umum adalah tanda linguistik yang melambangkan konsep atau ide yang bersifat umum, sedangkan kata khusus melambangkan objek atau benda tertentu yang spesifik.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kata umum merujuk pada konsep atau kategori yang lebih umum, sedangkan kata khusus merujuk pada objek atau benda tertentu yang spesifik dan memiliki ciri khas yang membedakannya dari yang lain.