Brilio.net - Dalam mempelajari bahasa Inggris ada banyak materi yang harus dipelajari, mulai dari grammar hingga kosakatanya. Salah satunya kata yang wajib dipelajari adalah kata intransitif. Secara sederhana, kata intransitif merupakan bentuk kata kerja yang tak memerlukan kata lain untuk menjelaskan makna katanya, sebab orang telah memiliki makna yang terkandung dalam kata tersebut.

Untuk memahami kata intransitif ini, kamu harus mempelajari pengertian, ciri, jenis, dan contoh kata intransitif. Sebenarnya untuk mempelajari kata intransitif ini cukup mudah. Oleh karena itu, simak artikel ini hingga selesai agar memahami kata intransitif lebih detail. Berikut pengertian, ciri, jenis, dan contoh kata intransitif yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (3/4).

Pengertian kata intransitif

Kata intransitif dalam bahasa Inggris adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek atau kata benda setelahnya untuk melengkapi artinya. Kata-kata intransitif ini biasanya digunakan untuk menjelaskan keadaan, gerakan, atau aksi yang tidak memerlukan objek yang khusus.

Merujuk pada Oxford Learner's Dictionary, kata intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek setelahnya untuk melengkapi artinya. Menurut Grammarly, kata intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek langsung dalam kalimat. Kata-kata intransitif ini digunakan untuk menyatakan aksi yang dilakukan oleh subjek tanpa mengalihkan objek yang lain.

Menurut ThoughtCo, kata intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek untuk melengkapi artinya. Kata-kata intransitif ini menyatakan aksi yang dilakukan oleh subjek tanpa adanya objek yang khusus. Dalam semua definisi ini, kata intransitif dijelaskan sebagai kata kerja yang dapat berdiri sendiri tanpa memerlukan objek setelahnya untuk melengkapi artinya.

Contohnya, kata kerja "sleep" (tidur) adalah kata kerja intransitif karena tidak memerlukan objek seperti "a book" atau "the cat" setelahnya. Jadi, frasa "I sleep" sudah cukup untuk membentuk kalimat yang benar secara gramatikal dan sudah melengkapi artinya. Sedangkan, kata kerja transitif 'read' memerlukan objek setelahnya 'a book' seperti "I read a book" (saya membaca buku) agar melengkapi kalimatnya. Hal itulah yang membedakan kedua jenis kata tersebut.

Jenis-jenis kata intransitif dalam bahasa Inggris

 Contoh kata intransitif dalam bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Kata kerja intransitif biasa

Contoh seperti "sleep", "smile", "sit", "stand", "run", "walk", "talk", "think", "sing", "dance", "laugh", "cry", dan sebagainya. Kata-kata ini biasanya digunakan untuk menjelaskan aksi atau keadaan tanpa memerlukan objek yang khusus.

2. Kata sifat intransitif

Misalnya kata "appear", "seem", "become", "feel", "taste", dan "smell". Kata-kata ini digunakan untuk menjelaskan keadaan atau kondisi tanpa memerlukan objek khusus.

3. Kata keterangan intransitif

Kata-kata ini digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang keadaan tanpa memerlukan objek yang khusus. Contoh seperti "here", "there", "now", "yesterday", "tomorrow", "often", dan "always".

3. Kata depan intransitif

Misalnya "aboard", "afloat", "afraid", "ahead", "aside", dan "astray". Kata-kata ini digunakan sebagai kata depan dalam kalimat, namun tidak memerlukan objek khusus setelahnya.

Dalam setiap jenis kata intransitif ini, kata-kata tersebut digunakan untuk menjelaskan keadaan atau aksi tanpa memerlukan objek khusus. Hal ini membuat kalimat menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti.