Brilio.net - Dilahirkan sebagai seorang perempuan merupakan kesempatan yang luar biasa. Ya, perempuan adalah sosok yang luar biasa. Ketangguhannya tak boleh dipandang sebelah mata. Jangan sampai komentar negatif melunturkan semangat dan percaya diri dalam meraih mimpi.

Setiap perempuan perlu punya mimpi besar di masa depan. Tantangan dan stigma akan jadi makanan sehari-hari yang harus dihadapi. Hal inilah yang membuat setiap setiap perempuan punya ceritanya masing-masing.

Tak bisa dipungkiri bahwa menyeimbangkan kehidupan pribadi dan karier selalu menjadi hal yang sangat kompleks bagi setiap perempuan bekerja. Berbagai stigma sosial yang membuat perempuan seolah harus memilih antara pekerjaan dan keluarga. Hal inilah yang juga seringkali menjadi faktor penyebab perempuan sulit mengembangkan diri dan insecure dalam mengejar kariernya.

Paradigma di atas yang menjadi pencetus dibentuknya Women at Shopee Indonesia. Ini adalah sebuah wadah yang diciptakan untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan inspirasi positif bagi seluruh karyawan perempuan di Shopee.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Women at Shopee Indonesia baru saja mengadakan serangkaian kegiatan yang bertajuk “Inspired by Kartini: The Era of Empowered Women". Acara ini meliputi dua webinar dan podcast di akun Instagram resmi @womenatshoope_id. Di sini, perempuan saling berbagi untuk mengatasi rasa insecure dalam mengejar karier dan pengembangkan diri.

Rahasia dobrak rasa Insecure  © 2022 brilio.net

foto:Shopee Indonesia

Women at Shopee Indonesia mengundang para pemimpin perempuan di Shopee termasuk Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchants Acquisition ShopeePay dan Putri Lukman, Head of FMCG Shopee, serta pembicara eksternal, Analisa Widyaningrum, Psikolog dan Founder APDC Indonesia, untuk menberikan rahasia cara mengurangi rasa ketidakpercayaan diri dalam berkarier, serta cara menyeimbangkan kehidupan pribadi dan karier.

Apa saja rahasianya? Berikut brilio.net rangkum dari Women at Shopee Indonesia, Kamis (28/4).

1. Tentukan tujuan hidup kamu.

Dalam menjalani kehidupan, perempuan harus belajar menentukan tujuan yang ingin dicapai baik dalam keluarga, karier, hubungan, dan sebagainya. Untuk menentukan tujuan hidup tersebut, harus bisa belajar memahami diri sendiri, dengarkan kata hati, mencari tahu kelemahan dan kelebihan yang dimiliki.

Usaha yang dilakukan terus menerus untuk memahami diri sendiri dan mengembangkan potensi diri akan membantu menumbuhkan rasa kepercayaan diri. Perempuan yang tahu betul apa yang menjadi tujuan hidupnya akan menjadi lebih kuat. Selain itu juga tidak akan mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain terhadap dirinya.

2. Berani mencoba.

Setiap perempuan punya kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan dalam berkarier. Sebagai perempuan, jangan pernah membatasi diri untuk mencoba segala sesuatu yang bisa membantu meraih mimpi.

“Kita tidak akan pernah bisa tahu kalau kita akan sukses atau tidak, kalau kita tidak mencobanya. Yang terpenting adalah kita  mencari tahu cara apa yang bisa membantu kita mencapai mimpi tersebut. Jadi jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan pernah takut gagal,” tegas Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchants Acquisition ShopeePay.

3. Terapkan sikap disiplin yang tinggi.

Sikap disiplin tinggi sangat membantu dalam meraih kesuksesan. Sikap disiplin itulah yang nantinya akan mendorong untuk terus bersemangat dan percaya diri mengejar mimpi kesuksesan tersebut.

“Aku selalu percaya bahwa perempuan sebenarnya berasal dari kata, “empu”. Asal kata tersebut mengartikan bahwa perempuan itu pandai dan sakti. Sebagai perempuan, kita harus percaya bahwa kita mampu untuk mencapai mimpi kita. Yang paling penting adalah kita harus punya sikap disiplin yang tinggi sebagai bekal utama dalam mengejar setiap mimpi kita. Kalau perempuan lain bisa, kita juga pasti bisa meraih kesuksesan,” ujar Putri Lukman, Head of FMCG Shopee.

4. Berhenti untuk mengkritisi diri sendiri.

Tanpa disadari, pikiran sendiri sering membuat perempuan menjadi tidak percaya diri, tidak berani bermimpi, merasa ragu-ragu, insecure, dan masih banyak lagi. Analisa Widyaningrum, Psikolog dan Founder APDC Indonesia mengatakan bahwa setiap harinya ada sekitar 70.000 pikiran yang muncul dalam otak.

Belajar mengasihi dan berbaik hati pada diri dalam berbagai situasi jadi solusinya. Jika berada dalam situasi kompleks, cobalah menarik napas, hembuskan secara perlahan, dan katakan hal baik pada diri sendiri. Trik ini bisa menjadi salah satu cara untuk lebih rileks dalam menjalani kehidupan.

5. Bangun support system yang baik.

Rupanya support system merupakan salah satu bagian penting yang dapat mendorong semangat dalam mengejar tujuan hidup. Memiliki support system yang baik di setiap aspek kehidupan bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk membantu menjalani kehidupan pribadi dan karier secara seimbang. Hal terpenting dalam menciptakan support system yang baik adalah membangun komunikasi dua arah.

Pastikan untuk mengalokasikan waktu tertentu untuk saling berdiskusi dan bersama-sama menemukan solusi untuk menciptakan hubungan yang baik dengan support system yang dimiliki. Namun jangan khawatir jika belum bisa menemukan support system yang baik, karena perempuan tetap bisa meraih kesuksesan itu sendiri. Pada akhirnya, diri sendirilah yang mampu menciptakan kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupan. 

Analisa Widyaningrum juga menambahkan bahwa, menjadi perempuan berdaya tak harus selalu sempurna. Menurutnya, meski memiliki banyak mimpi dan kekurangan, yang terpenting setiap perempuan harus memulai segala sesuatu dengan memiliki mimpi.

Jangan biarkan orang lain yang merajut mimpi atau menciptakan ekspektasi tertentu yang akhirnya harus dijalani perempuan dengan terpaksa. Pasalnya diri sendirilah yang berhak menciptakan mimpi, bukan orang lain.

(brl/lak)

(brl/lak)