Brilio.net - Salah satu yang ditunggu-tunggu pekerja jelang momen Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Di momen ini, pekerja akan merasakan pengalaman digaji dua kali lipat dari biasanya. Nah, biasanya uang THR ini akan langsung dibelanjakan untuk kebutuhan Lebaran seperti kue kering, pakaian baru, dan biaya untuk mudik.

Meskipun THR memang ditujukan untuk keperluan Lebaran, bukan berarti harus dihabiskan langsung. Jika kamu bisa mengelola dengan cermat, THR bisa jadi penyelamat keuangan loh. Nah, bagaimana cara menyiasatinya agar tak habis dengan sia-sia? Berikut 5 rahasia ubah THR jadi penyelamat keuangan, mulai Rp 100 ribu seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/4).

1. Perbaiki Cash Flow.

bri_kv ©

foto: shutterstock.com

Sering terjadi pada sebagian orang, usai mendapatkan THR langsung habis dalam sekali pakai. Nah, rahasia pertama yang perlu kamu lakukan yakni menggunakan THR untuk melunasi utang alias memperbaiki cash flow.

Misalnya, bagi kamu yang memiliki tunggakan dana seperti tagihan kartu kredit ataupun pinjaman online bisa melunasinya dengan THR. Dengan terbebasnya dari utang, cashflow akan semakin lancar dan membuat kesehatan keuangan membaik.

2. Membayar Zakat.

bri_kv ©

foto: shutterstock.com

Langkah selajutnya adalah mengalokasikan THR untuk membayar zakat harta dan zakat fitrah. Keperluan membayar zakat ini bisa dibilang termasuk dalam kategori wajib yang berkaitan dengan Lebaran. Hal ini tentu berbeda dengan kebutuhan lain yang bersifat pilihan seperti baju atau jajanan Lebaran.

3. Siapkan Pos Investasi.

bri_kv ©

foto: shutterstock.com

THR bisa dialokasikan ke pos investasi. Nah, investasi ini merupakan satu di antara kegiatan positif yang bisa kamu lakukan kapan saja. Tentunya kegiatan ini bisa bantu kamu merdeka finansial loh. Banyak pilihan investasi mulai dari beli emas, deposito, hingga reksa dana. Investasi ini bisa menjadi payung di kala masa sulit tiba. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan sejak dini demi atasi dana darurat di masa depan.

4. Sisihkan Rp 100 ribu Untuk Perlindungan Satu Tahun.

bri_kv ©

foto: shutterstock.com

Perlindungan keluarga itu sangat penting. Hal ini berguna untuk menjaga risiko dari hal-hal yang tak kamu inginkan di masa yang akan datang. Tanpa perlu mengeluarkan modal yang banyak, pilih asuransi yang aman dan tepat untuk perlindungan satu tahun ke depan.

Salah satu pilihan asuransi yang menarik adalah PIJAR yang bisa dimiliki mulai dari Rp 100 ribu saja. Dengan satu kali pembayaran, kamu bisa mendapatkan manfaat beragam, proses kepesertaan praktis, dan tentunya premi ekonomis.

PIJAR memberikan perlindungan selama 1 tahun yang dapat diperpanjang secara praktis dan digital dengan manfaat yang meliputi Biaya Harian Rawat Inap, Biaya Operasi per Tahun, Meninggal Biasa, Meninggal Akibat Kecelakaan dan Cacat Tetap Total atau Sebagian Akibat Kecelakaan.

Pembelian Asuransi PIJAR dapat dilakukan melalui seluruh tenaga pemasar di Kantor Cabang BRI terdekat dengan klaim yang mudah. #RencanakanKebebasanmu dengan perlindungan ekstra demi masa depan yang lebih bermakna dengan Asuransi PIJAR!

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

5. Berbagi ke sesama.

bri_kv ©

foto: shutterstock.com

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian THR untuk berbagi ke sesama. Dana sosial ini akan mempererat persaudaraan dan tentunya bisa menjadi jaring pengaman ketika masa sulit tiba.

Nggak perlu banyak modal, Rp 100 ribu bisa jadi awal yang bagus untuk berbagi ke sesama. Uang ini bisa disalurkan melalui badan amal, masjid, RT atau RW, dan lain-lainnya. Dengan berbagi, kamu akan turut membahagiakan orang di sekitarmu.

Adv.

(brl/lak)

(brl/lak)