Brilio.net - Pernah nggak sih kamu mengalami momen lucu sedang scrolling timeline media sosial tahu-tahu ketawa ngakak? Saking kerasnya, teman di sampingmu sampai menoleh lantaran penasaran. Iya, gara-gara suka sebuah unggahan, kamu langsung memberikan like dan membagikan konten kocak tersebut ke temanmu. Tak perlu menunggu lama, konten tersebut langsung viral dan juga tampil di circle pertemananmu.

Sekilas, proses viralnya sebuah konten seperti di atas tampak sangat simpel. Pengguna media sosial memberi like dan share pada konten tersebut lalu tinggal menunggu waktu untuk viral. Tapi tak semua konten gampang menuai kesuksesan. Konten yang trending cepat sekali berubah dan sulit menemukan resep viral yang manjur.

Banyak faktor yang memengaruhi resep trending dan viralnya sebuah konten. Jika ingin jadi influencer sukses, kamu harus bisa mengamati fenomena ini. Setelah menemukan audience, kamu bisa mengolah konten yang kamu buat agar sesuai resep tersebut. Apalagi, pada tahun 2021 ini tantangan membuat konten semakin sulit, lho.

Pandemi membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu berselancar di media sosial dibandingkan sebelumnya. Maklum, media sosial jadi alternatif paling aman untuk selalu update perkembangan terbaru. Mencari hiburan pun juga di media sosial untuk masa sekarang, mengingat nongkrong bersama teman atau main di mal harus dikurangi guna memutus rantai penularan Covid-19. Efek sampingnya, kita jadi mengonsumsi lebih banyak konten yang tak jarang justru membuat kita cepat bosan. Maka dari itu, konten yang viral harus benar-benar orisinil agar bisa menggoda perhatian orang.

Lalu jenis konten seperti apa yang diperkirakan bakal trending pada tahun ini di tengah banyaknya tantangan? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (11/1), mari kita simak ulasannya bersama-sama.

Loading...

1. Konten humor.

5 Prediksi konten yang trending di 2021, mixed potrait jadi favorit berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Siapa sih yang nggak suka tertawa? Konten humor sekarang mulai trending di media sosial. Jenisnya juga banyak, mulai dari komik strip, video singkat, dan foto. Durasinya yang singkat dan isi konten yang padat juga jadi resep rahasia konten humor bisa cepat viral.

Humor yang relate atau nyambung dengan kehidupan sehari-hari bisa membuat warganet gesit memberikan like dan share. Konten yang bisa mengubah sesuatu yang biasa aja jadi lucu pasti akan cepat meraup perhatian. Oleh karena itu, konten humor diprediksi akan trending pada tahun ini.

2. Curhat lewat TikTok.

5 Prediksi konten yang trending di 2021, mixed potrait jadi favorit berbagai sumber

foto: pixabay.com

Fenomena TikTok kini tak bisa diremehkan lagi. Bahkan, kamu bisa menemukan konten TikTok di media sosial lain seperti Instagram dan Twitter. Mudah mengedit video dengan lagu-lagu catchy membuat warganet bebas mengekspresikan diri di media sosial asal negeri Tirai Bambu ini. Menariknya, konten curhat mulai populer di platform ini.

Biasanya konten curhat di TikTok dibalut dengan tarian hits yang gerakannya sesuai lagu. Isi curhatannya yang nggak bisa ditebak membuat konten tipe ini banyak dicari warganet. Tak bisa dipungkiri, kreativitas konten curhat mudah viral dan menjadi trending.

3. AI Mixed Portrait.

5 Prediksi konten yang trending di 2021, mixed potrait jadi favorit berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Foto portrait dengan background fantastis kini sudah biasa. Influencer traveler sudah terlalu membanjiri feed dengan momen jalan-jalan mereka berlatar belakang pemandangan eksotis seperti pantai, kamar hotel mewah, dan lainnya. Alhasil, konten portrait terutama hasil traveling kini terasa basi dan membosankan.

Trend terbaru saat ini adalah foto portrait dengan AI Mixed Portrait. Konten tipe ini menggabungkan foto portrait dengan efek background video yang artsy. Selebriti cantik Chelsea Islan sudah membuktikan uniknya konten tipe ini. Siluet wajahnya yang rupawan berpadu dengan latar belakang bunga kuning memberikan kontras yang menyedot perhatian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chelsea Elizabeth Islan (@chelseaislan)

Pemain film Ayat-Ayat Cinta 2 ini ternyata tak membutuhkan kemampuan teknis tinggi untuk memproduksi konten AI Mixed portrait. Berbekal Oppo Reno5, Chelsea hanya perlu satu usapan tangan saja untuk membuat konten ini dengan bantuan AI yang canggih.

Oppo Reno5 menggunakan susunan empat kamera yaitu 64MP Main Camera F1.7, 8MP Ultra-wide angle Camera F2.2, 2MP Macro Camera F2.4, dan 2MP Mono Camera F2.4. Kamera smartphone ini juga dibekali dengan fitur OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System. Fitur ini mengandalkan algoritma pemrosesan gambar inovatif dan perangkat lunak yang didesain khusus untuk setiap pengguna.

Jadilah saksi kehadiran OPPO Reno5 Indonesia pada Selasa, 12 Januari 2021, mulai pukul 18.45 WIB hanya di YouTube @OPPOIndonesia! Raih kesempatan menjadi pemilik pertama #OPPOReno5. Follow Instagram @OPPOIndonesia sekarang untuk infonya.

4. Livestreaming.

5 Prediksi konten yang trending di 2021, mixed potrait jadi favorit berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sekarang hampir semua media sosial menawarkan fitur livestreaming. Tak hanya influencer, banyak brand ternama yang juga menggunakan fitur ini untuk membagikan konten-konten menarik. Livestreaming dengan smartphone juga tak membutuhkan kemampuan teknis tinggi dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Livestreaming membuat influencer dan audience bisa berinteraksi secara real time dan langsung tanpa sekat. Kedekatan ini membuat konten livestreaming populer. Dari gaming, DIY, tanya-jawab, dan aneka konten livestreaming lain patut kamu coba agar bisa mencicipi asyiknya menjadi viral.

5. Kuliner.

5 Prediksi konten yang trending di 2021, mixed potrait jadi favorit berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pernah nggak sih perutmu berbunyi saat scrolling feed media sosial? Kamu pasti sedang melihat konten kuliner yang menarik perhatian. Apalagi ketika masuk jam makan siang, bisa semakin nyaring bunyi perutmu.

Destinasi kuliner yang sepi dan masih tersembunyi menjadi primadona pada masa pandemi ini. Karena tak bisa bepergian jauh, kuliner lokal yang lezat kini mulai dilirik. Konten yang menyajikan lezatnya destinasi kuliner lokal cepat sekali trending. Tipe konten seperti ini cocok sekali untuk kamu yang suka makan dan ingin membuat konten yang cepat viral.