Brilio.net - Saat ini kebutuhan akan teknologi semakin tinggi. Masyarakat mulai mencari smartphone yang sesuai dengan gaya hidupnya. Muncul beragam merek ponsel canggih yang menawarkan segudang kelebihan bagi konsumen. Salah satunya adalah merek terkemuka Oppo.

Pada Agustus 2018, Oppo merilis handphone baru seri F9. Salah satu keunggulan Oppo F9 yang ditawarkan ialah adanya fitur VOOC Flash Charge, di mana pengguna bisa mengisi daya ponsel lebih cepat tapi bisa tahan lama saat digunakan.

Oppo F9 juga memiliki layar 6.3", resolusi 2340 x 1080 pixels. Dibekali RAM 4 GB, 6 GB. Memori internal atau ROM 64 GB. Memori eksternal mencapai 256 GB. Dilengkapi dual kamera belakang 16 MP + 2 MP dan satu kamera depan 25 MP.

Namun bukan berarti segala kelebihan Oppo mampu membuat HP Oppo ini sempurna. Simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Oppo F9 seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (24/12).

Kelebihan HP Oppo F9. -1. Baterai.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

Loading...

foto: oppo.com

Handphone Oppo F9 dilengkapi dengan kapasitas baterai 35000 mAh. Oppo mengklaim dengan pengisian daya cukup lima menit lamanya, handphone Oppo F9 sudah bisa dipakai untuk bicara selama dua jam. Hematnya daya ini telah didukung oleh teknologi VOOC.

Dibandingkan dengan proteksi arus tinggi konvensional, VOOC telah menggunakan 5 tingkat lapisan perlindungan dari adaptor ke port dan bagian dalam ponsel. VOOC secara efektif mampu mencegah ponsel panas saat mengisi daya.

Kamu jadi lebih leluasa untuk membawa HP Oppo F9 kapan saja dan di mana saja. Perjalananmu jadi lebih tenang dan menyenangkan. Pekerjaan memakai Oppo F9 pun makin produktif sepanjang hari.

2. Desain.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

Oppo F9 hadir dengan tiga pilihan warna, yakni starry purple, twilight blue, dan sunrise red. Setiap desainnya disesuaikan dengan zaman. Warna ungu misalnya, kecantikan desainnya menggambarkan langit yang bertabur bintang berkelap-kelip.

3. Layar.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

Dibandingkan dengan Oppo seri F7, smartphone Oppo F9 ini dinilai lebih unggul. Adanya Waterdrop Screen atau layar waterdrop, membuat tampilan notch jadi lebih sempit bak tetesan air. Sehingga layar terlihat lebih lebar.

4. Kamera.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

HP Oppo F9 sudah memiliki dua kamera belakang, 16 MP dan 2 MP. Tangkapan foto lebih keren baik dipakai saat di luar ruangan maupun di dalam. Nggak kalah kerennya, Oppo F9 punya kamera depan dengan resolusi 25 MP, bukaan f/2. Kamera depan cukup diacungi jempol karena bisa menghasilkan hasil gambar yang lebih berkualitas.

5. Performa.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

Pada situs resmi Oppo tertulis, memori F9 telah ditingkatkan, tidak hanya memungkinkan ponsel ini berjalan cepat dan lancar, tapi juga melakukannya dengan daya yang jauh lebih kecil namun kapasitas penyimpanan besar.

6. Kapasitas penyimpanan data yang besar.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

Untuk memberikan pengalaman yang lebih cepat dan menyenangkan, Oppo F9 dilengkapi dengan prosesor Mediatek Helio P60, RAM 4 GB, dan kapasitas internal 64 GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan menggunakan microSD. Oppo F9 membawa sistem operasi ColorOS 5.2 yang berbasis Android 8.1 Oreo, dengan dilengkapi fitur Smart Bar dan Google Lens.

Kekurangan HP Oppo F9.

-1. Port microUSB.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

Oppo F9 masih menggunakan port microUSB dan belum terpasang port USB Type-C. Hal ini membuat Oppo F9 terlihat kurang dibanding smartphone canggih lain yang sudah dijual di pasaran.

2. Tidak ada fitur NFC.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

Masih sama dengan seri-seri sebelumnya, F5 dan F7, HP Oppo F9 juga belum dibenahi fitur NFC. Fitur NFC akan mempermudah melakukan transfer data dan file antar perangkat.

3. Tidak ada fitur wireless charging.

harga HP Oppo F9 © oppo.com

foto: oppo.com

Walaupun Oppo F9 sudah mengandalkan fitur fast charging, namun ponsel ini belum menyematkan wireless charging. Fitur wireless charging adalah pengisian baterai yang mengandalkan induksi magnetik. Saat mengisi daya, kamu harus menunggu Oppo F9 terisi penuh secara konvensional.

Spesifikasi HP Oppo F9. 

- Layar: 6.3 inches, 97.4 cm2 (~84.0% screen-to-body ratio)

- Resolusi: 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)

- Type: LTPS IPS LCD

- Protection: Corning Gorilla Glass 6

- OS: Android 8.1 (Oreo), upgradable to Android 10, ColorOS 7.0

- Chipset: Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)

- CPU: MediaTek Helio P60

- Kecepatan CPU: 4x 2.0GHz Cortex-A73 & 4x 2.0GHz Cortex-A53

- GPU: Mali-G72 MP3

- RAM: 4 GB, 6 GB

- Memori Internal (ROM): 64 GB

- Memori Eksternal: Up to 256 GB

- Kamera Belakang: 16 MP, f/1.8, 1/3.1, 1.0µm, PDAF

2 MP, f/2.4, (depth)

- Fitur kamera belakang: LED flash, HDR, panorama

- Video belakang: 1080p@30fps

- Kamera depan: 25 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8", 0.9µm

- Fitur kamera depan: Tidak ada

- Video depan: 1080p@30fps

- Kapasitas baterai: Li-Po 3500 mAh, non-removable Fast charging 20W VOOC

- Berat: 169 gram

- Fitur lainnya: Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack.

Didukung berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, kamu bisa menikmati kemudahan teknologi memakai HP Oppo F9. Semakin besar RAM yang dipilih, harganya makin mahal. Nah, kamu bisa merogoh uang mulai dari kisaran Rp 1.699.000.