Brilio.net - Oppo menjadi salah satu brand smartphone yang populer di mata masyarakat. Brand yang berasal dari Tiongkok ini pun menyasar berbagai kalangan, mulai dari kelas ekonomi hingga atas. Salah satu seri yang mereka jual dengan harga ramah di kantong tapi punya spek dewa ialah Oppo F11.

Seri F11 pertama kali diperkenalkan kisaran Maret 2019 lalu. Handphone ini dilengkapi sistem ColorOS 6 terbaru yang dirancang khusus untuk smartphone full screen. Desain tanpa batas yang inovatif ini semakin meningkatkan kemudahan penggunaan perangkat.

ColorOS 6 memiliki banyak fungsi, termasuk Riding Mode, Oppo Cloud Service, Smart Assistant, dan Gesture Navigation. Fitur-fitur tersebut memungkinkan pengguna merasakan gaya hidup yang lebih cerdas. Poin penting lain dari Oppo F11 adalah dari segi ketajaman kameranya.

Simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan handphone Oppo F11 seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (6/11).

Kelebihan Oppo F11.

1. Kamera.

Harga Oppo F11 © oppo.com

Loading...

foto: oppo.com

Menangkap gambar dengan hasil profesional ditawarkan oleh Oppo F11. Kamera belakang atau utama Oppo F11 memiliki fokus ganda beresolusi 48 MP + 5 MP. Sensor gambar besar, bukaan lensa lebar, serta bisa memproses gambar dari Al.

Selain itu, Oppo F11 menawarkan kemudahan saat mengambil gambar saat sedang bersama orang banyak. Mampu memetakan dan mengenali wajah, fitur muka, dan warna kulit yang dipadukan dengan algoritma terkemuka. Juga, bisa memilah hasil gambar dari latar dengan lebih presisi.

2. Desain.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Desain Oppo F11 aesthetics, menyuguhkan simetris baru, dilengkapi layar panoramic dan warna gradient yang khas dari pabrikan Oppo. Desain layar F11 menghadirkan waterdrop screen untuk kepuasan visual yang maksimal dalam pandangan.

3. Performa.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Piranti lunak dan keras yang dimiliki Oppo F11 selalu mengalami perkembangan. Kecanggihan ini bisa membantumu meningkatkan performa harian lebih andal dan mudah. CPU Oppo F11 ditenagai oleh Helio P70, prosesor 2.1GHz termutakhir memacu performa untuk kelancaran dan tingkat respons yang lebih baik.

4. Ruang penyimpanan.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Ruang penyimpanan Oppo F11 besar, muat untuk segala kebutuhan dan menginstal aplikasi berat. Oppo F11 juga menawarkan kelancaran untuk membuka dan membuat tugas berat. Terdapat fitur Hyper Boost pendongkrak performa saat dibutuhkan, secara otomatis mampu menyesuaikan pengaturan satu aplikasi dengan aplikasi lain sekaligus sistem operasi.

5. Baterai.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Oppo F11 memiliki baterai besar 4020 mAh, bisa mendukung seluruh aktivitas kamu seharian. Terlebih lagi, Oppo F11 juga didukung fitur VOOC Flash Charge 3.0. Memiliki algoritma FFC, VOOC Flash Charge 3.0 sehingga dapat mengelola pengisian daya berkecepatan tinggi dalam durasi yang lebih singkat. Saat baterai dalam kondisi habis, pengisiannya lebih cepat hanya butuh 20 menit dibanding versi sebelumnya.

6. Sensor.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Oppo F11 memiliki sensor biometrik cukup cepat. Terdapat sensor sidik jari yang terdapat di bagian belakang bodi. Sedangkan ada juga face unlock yang bisa diarahkan pada layar, bisa mengenali wajah lebih akurat sehingga cepat dan mudah membuka layar. Sensor pada Oppo F11 juga didukung oleh sensor lain seperti proximity, accelerometer, compass, serta gyroscope.

Kekurangan Oppo F11.

1. Kurang tahan debu dan air.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Di balik semua kelebihan yang dimiliki Oppo F11, masih menyimpan beberapa kekurangan yang harus kamu tahu. Salah satunya ialah handphone yang satu ini tidak terlalu bisa menahan debu dan air. Oppo F11 belum mengantongi sertifikasi IP tahan air dan debu.

2. Memakai Port MicroUSB.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Oppo F11 masih memakai port USB tipe mikro yang pada umumnya sudah ketinggalan zaman. Smartphone ini belum dibenami USB tipe-C yang sudah banyak dipakai oleh handphone terbaru pada umumnya.

3. Belum terdapat kamera Pop up.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Meski resolusi fokus kamera sudah besar, namun Oppo F11 belum punya kamera model pop up. Adanya adalah kamera depan yang disematkan pada bagian atas berupa poni bergaya waterdrop.

4. Belum ada fitur NFC.

Harga Oppo F11 © oppo.com

foto: oppo.com

Kekurangan Oppo F11 lainnya ialah belum ada fitur NFC (Near Field Communication). Fitur NFC berfungsi untuk memudahkan transaksi atau terhubung dengan dan melalui perangkat handphone lain. Tak jarang fitur NFC sudah ditemukan di handphone kelas menengah, tapi sayangnya belum terdapat pada Oppo F11.

Spesifikasi HP Oppo F11.

- Layar : 6.53 inches, 105.2 cm2 (~85.3% screen-to-body ratio), 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~394 ppi density)

- Type : LTPS IPS LCD

- OS : Android 9.0 (Pie), ColorOS 6

- Chipset : Mediatek MT6771 Helio P70 (12nm)

- CPU : Octa-core (4x2.1 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)

- Kecepatan CPU : 4x2.1 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53

- GPU : Mali-G72 MP3

- RAM : 4 GB, 6 GB

- Memori Internal (ROM) : 64 GB ,128 GB

- Memori Eksternal : microSD, up to 256 GB (uses shared SIM slot)

- Kamera Belakang : 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF

5 MP, f/2.4, (depth)

- Features kamera belakang : LED flash, HDR, panorama

- Kamera depan : 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.06", 1.0µm

- Features kamera depan : HDR

- Video : 1080p@30fps

- Kapasitas baterai : 4020 mAh

- Berat : 188 gram

- Fitur lainnya : Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack.

Didukung berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, kamu bisa menikmati kemudahan memakai Oppo F11 dengan merogoh uang kisaran Rp 3.000.000.