Brilio.net - Setiap wanita pasti menginginkan memiliki wajah yang sehat dan cantik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan salah satunya perawatan wajah alami. Namun sayangnya sebagian orang malah memilih cara instan demi mendapatkan kulit yang cerah, tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Padahal banyak cara seperti penggunaan bahan-bahan alami yang tak hanya membuat kulit wajah cantik, namun juga sehat.

Salah satunya dapat menggunakan air mawar. Ya, air mawar sudah dikenal sejak lama menjadi salah satu produk kecantikan yang paling digemari wanita. Bunga mawar yang memiliki aroma wangi ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Air mawar merupakan air wangi yang terbuat dengan cara merebus kelopak bunga mawar. Air mawar ini mengandung sekitar 10-50 persen minyak mawar. Air mawar juga diketahui memiliki kandungan bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat karena efek relaksasinya untuk kulit. Serta mengandung vitamin A, C, dan E yang baik untuk kulit wajah dan dapat membantu melawan proses penuaan kulit.

Nah, buat yang penasaran, apa saja manfaat air mawar? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (28/7), lima manfaat air mawar untuk kecantikan.

1. Bikin glowing wajah.

Manfaat air mawar  freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Manfaat pertama air mawar, yakni bikin glowing wajah dan cerah. Wajah glowing nggak berarti harus putih bak orang-orang Korea. Namun wajah glowing yakni memiliki wajah yang sehat mulus dan terlihat lembap. Nah, biasanya juga terlihat lebih cerah berkilau bila terkena sinar lampu maupun matahari. Tetapi hal ini bukan karena disebabkan oleh sebum atau minyak, melainkan karena wajah yang sehat.

Untuk mendapatkan wajah glowing, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu mahal, cukup dengan air mawar. Sebab air mawar ini punya tingkat pH level 5,5 yang bisa menyeimbangkan pH level kulit wajah kita, sehingga dapat membuatnya berada pada kondisi normal, nggak kering tapi juga mengontrol minyak.

2. Mengobati jerawat.

Manfaat air mawar  freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat air mawar yang kedua yakni mengurangi timbulnya jerawat pada wajah. Kamu dengan mudah dapat membeli produk kecantikan yang terbuat dari mawar ini dengan harga terjangkau. Air mawar juga memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang bermanfaat menangani masalah bakteri penyebab jerawat.

Nggak hanya itu, air bunga mawar ini dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dan membersihkan kotoran pada pori-pori yang nantinya menjadi penyebab komedo. Kamu dapat menggunakan air mawar sebagai pembersih wajah. Gunakan secara rutin selama 3 sampai 4 minggu, dan lihat hasilnya.

3. Antipenuaan.

Manfaat air mawar  freepik.com

foto: freepik.com

Tanpa disadari semua orang pasti akan menua. Ya, menjadi tua tak dapat dihindari oleh siapa pun, karena prosesnya alamiah. Nah, tanda yang paling tampak dari menua adalah perubahan tekstur kulit, seperti keriput atau garis-garis halus pada wajah atau kulit.

Namun jangan sampai kamu mengalami penuaan dini sebelum waktunya. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan yang mempercepat proses penuaan. Mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman yang sembarangan, tak merawat kulit, terkena polusi, dan banyak lainnya.

Nah, kandungan antioksidan pada air mawar bukan hanya bermanfaat bagi kulit secara keseluruhan, tetapi juga kulit wajah pada umumnya. Mengoles wajah dengan air mawar secara rutin dipercaya bisa menghindarkan kamu dari gejala penuaan dini, seperti kulit kendur dan berkerut.

4. Meringankan iritasi kulit.

Manfaat air mawar  freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya air mawar adalah sifat anti-inflamasi atau peradangan yang kuat. Sifat ini membantu mengobati beberapa penyakit, baik internal maupun eksternal. Sehingga juga bisa digunakan untuk meredakan iritasi kulit, misalnya karena terbakar sinar matahari, penggunaan kosmetik yang justru membuat kulit kemerahan, dan sebagainya. Bahkan mungkin membantu menghilangkan iritasi akibat eksim.

5. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat air mawar  freepik.com

foto: freepik.com

Air mawar juga mengandung zat astringents yang berfungsi mengecilkan pori-pori kulit wajah. Selain itu, astringents juga berperan melawan bakteri dan menghilangkan bekas makeup atau produk kimia. Kamu pun juga dapat membuat ramuan air mawar sendiri.

Caranya yakni dengan merebus secangkir air dan tambahan kelopak mawar. Tunggu hingga bunga mawar dan air mendidih, lalu campurkan beberapa tetes minyak esensial lemon ke air mawar dan aduk rata. Sebaiknya oleskan air mawar sebelum tidur.