Brilio.net - Anggur merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Buah ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam dan dikenal masyarakat karena kesegarannya.

Kita tahu bahwa anggur memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, tahukah kamu bahwa tak hanya buahnya saja, tapi biji anggur juga kaya manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Biji anggur yang berbentuk kecil seperti buah pir ini memiliki rasa pahit. Kendati demikian, biji anggur aman dikonsumsi. Biji anggur bisa dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi ekstrak dan juga minyak biji anggur.

Lantas apa saja yah manfaat biji anggur untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut penjelasannya seperti dilansir brilio.net dari Healthline, Kamis (16/7).

1. Kaya antioksidan

Loading...

Biji anggur kaya antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang pada akhirnya dapat menyebabkan sindrom metabolik dan penyakit kronis.

2. Melembapkan kulit

Kandungan omega-6 pada biji anggur memiliki manfaat yang bagus untuk kelembapan kulit. Selain itu Asam linoleat terintegrasi ke dalam membran sel untuk memperkuat pertahanan kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan E pada buah anggur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan patogen virus.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Kandungan melatonin pada biji anggur dapat memperbaiki kualitas tidur. melatonin juga memiliki fungsi membuat seseorang menjadi lebih cepat tidur.

5. Memperlambat penuaan

Menggunakan minyak biji anggur secara rutin ke area wajah dapat mengurangi penuaan. Kandungan vitamin dan mineral pada minyak biji anggur mampu memperlambat munculnya kerutan pada wajah.

6. Menjaga kesehatan paru

Kandungan antibakteri dan antihistamin pada biji anggur bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu juga dapat mengatasi masalah alergi dan mengurangi risiko masuk angin dan flu.

7. Mengurangi pembengkakan

Proanthocyanidins dari biji anggur juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, senyawa kaya antioksidan yang disebut flavonoid, khususnya asam galat, catechin, dan epicatechin, juga ditemukan dalam anggur, dengan jumlah tertinggi dalam biji.

8. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kandungan beta-karoten, antioksidan, vitamin D, C, E, dan polifenol pada biji anggur mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sepenuhnya.

9. Mencegah serangan jantung

Manfaat lain dari buah anggur adalah dapat mencegah serangan jantung dan membuat jantung lebih sehat. Hal itu karen adanya kandungan polifenol, flavonoid, dan oligomeric proanthocyanidins complexes (OPCs) sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

10. Anti-inflamasi

Flavonoid ini memiliki sifat radikal bebas dan anti-inflamasi, yang mungkin sangat bermanfaat bagi otak. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat menunda timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.