Brilio.net - Buah mengandung vitamin dan nutrisi baik. Nggak heran jika kamu diimbau untuk mengonsumsi buah setiap harinya. Namun ada buah yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bisa jadi cara untuk diet. Sama halnya dengan buah lemon yang dapat membantu hidup diet lebih cepat dan aman.

Buah berasa asam yang satu ini bisa berdampak besar pada penurunan berat badan. Caranya ganti minuman berkalori tinggi pada menu diet dengan lemon. Makan atau minum lemon dapat meningkatkan pencernaan, menurunkan kalori, membantu mencegah beberapa jenis kanker, mencegah batu ginjal dan melindungi dari anemia.

Namun perlu kamu tahu, tidak semua tubuh bisa menerima 'asam'nya lemon ini. Jadi bagi yang punya perut sensitif, kamu bisa menambahkan bahan manis alami seperti madu atau satu sendok teh pemanis alami nol kalori seperti stevia. Juga, tak cukup jika kamu hanya diet dengan lemon saja. Imbangi dengan kegiatan olahraga lain dan makan makanan bergizi lainnya.

Nah, apa saja nih manfaat lemon untuk diet? Berikut ulasan lengkapnya yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (16/7).

1. Air lemon rendah kalori

Loading...

lemon untuk diet freepik

foto: freepik.com

Jika kamu tidak menambahkan gula ke air lemon, maka hampir tidak ada kalori dan tidak ada gula di dalamnya. Setengah dari lemon dalam segelas air adalah total sekitar enam kalori. Berbeda dengan segelas jus jeruk atau apel yang memiliki sekitar 110 kalori dan antara 20-25 gram gula per delapan ons gelas.

Bahkan jika kamu hanya minum satu gelas sehari, kamu bisa menghemat hampir 800 kalori per minggu. Memiliki kalori rendah akan membuatmu lebih merasa tidak terlalu nafsu makan. Berbeda jika kamu minum susu atau jus manis yang bisa menaikkan nafsu makan.

2. Meningkatkan metabolisme.

lemon untuk diet freepik

foto: freepik.com

Minum lebih banyak air dapat meningkatkan metabolisme kamu. Memulai hari dengan segelas air lemon panas juga dapat membantu metabolisme. Tubuh kamu bisa berubah mode pembakaran kalori di awal hari. Semakin banyak air yang kamu minum, semakin banyak kalori yang kamu bakar. Proses pembakaran ini terjadi saat kamu sedang istirahat.

Proses ini sering disebut 'pengeluaran energi istirahat'. Jumlah kalori yang dibakar orang dewasa setelah minum 17 ons gelas air meningkat 20-30%. Memasukkan lemon ke air, membuat minuman jadi lebih menarik. Selain punya warna kuning, juga bisa memberi rasa asam di mulut.

3. Badan lebih segar.

lemon untuk diet freepik

foto: freepik.com

Minum air sebelum makan dapat membuat perut penuh, terutama ketika menggunakan lemon. Minum sekitar setengah liter air sebelum makan, bisa mengurangi kalori yang dimakan sebesar 13%. Setelah perut terasa penuh, kamu hanya dapat bisa makan lebih sedikit. Makan lebih sedikit kemudian bisa menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena air bisa membuatmu merasa kenyang lebih cepat, meskipun kamu tidak mengonsumsi kalori.

4. Badan akan tetap terhidrasi.

lemon untuk diet freepik

foto: freepik.com

Kamu mungkin belum bisa membedakan antara perasaan haus dan lapar. Kamu yang tidak sadar tak ayal langsung meraih camilan. Padahal yang dibutuhkan tubuh sebenarnya adalah minuman. Sebab itu memiliki cukup air dalam tubuh sangat penting. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk kesehatan.

Air dapat membuang racun dan limbah yang menumpuk pada sistem kerja tubuh, mengatur suhu tubuh, memberi energi untuk aktivitas fisik, memberikan pelumasan sendi, dan dapat membantu meringankan rasa sakit fisik. Ketika tubuh berfungsi dengan baik, kamu jadi lebih mampu membaca apa yang dibutuhkan (antara makan atau minum).

Ketika kamu sepenuhnya terhidrasi, kamu lebih mampu memecah lemak, yang membantu penurunan berat badan. Ketika kamu terhidrasi dengan baik, kamu juga bisa terlihat lebih kurus karena kamu tidak akan tampak kembung dan bengkak.

5. Membantu pencernaan.

lemon untuk diet freepik

foto: freepik.com

Lemon memiliki banyak keasaman. Tetapi asam alami pada lemon malah dapat membantu tubuh, daripada merusaknya. Asam lemon dapat memperlambat pencernaan, menyerap nutrisi yang melewati tubuh saat makan. Laju penyerapan jadi lebih lambat, sehingga tingkat penyerapan dapat membantu tubuh mengatur gula darah. Jadi tubuhmu bisa mengirimkan nutrisi dengan baik.

6. Detoksifikasi tubuh.

lemon untuk diet freepik

foto: freepik.com

Air adalah kunci untuk segala jenis program detoksifikasi. Ketika mencampurnya dengan lemon, kamu akan mendapatkan lebih banyak manfaat. Nutrisi dalam lemon meningkatkan kesehatan hati dan bisa melepaskan racun dalam sistem darah. Senyawa pada kulit lemon dapat menstimulasi enzim hati, membuang limbah, dan dapat membuat usus bergerak jika sedang mengalami masalah.

Cara minum air lemon agar ampuh menurunkan berat badan.

lemon untuk diet freepik

foto: freepik.com

Dilansir LiveStrong.com, air perasan lemon ampuh membantu menurunkan berat badan. Universitas Jogakuen di Jepang menyarankan agar menjadikan lemon sebagai kunci utama diet. Agar hasilnya lebih cepat dan efektif, berikut petunjuk penggunaan lemon.

- Konsumsi air lemon 15-20 menit sebelum makan.

- Peras dan campur lemon dengan air hangat. Kemudian beri sedikit madu. Selanjutnya minum selagi hangat. Lemon punya manfaat diuretic, mencegah lemak jahat masuk ke dalam tubuh.

- Ganti kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol, kopi, dan soft drink dengan perasaan lemon. Hindari menambahkan gula dan ganti dengan madu.

- Selain diperas pada air, kamu bisa memasukkan potongan lemon ke dalam air. Agar rasa lebih nikmat, masukkan daun mint.