Brilio.net - Memiliki tubuh ramping siapa sih yang tidak mau? Untuk mewujudkan semua itu, banyak orang yang rela melakukan berbagai macam diet, mulai dari diet keto, diet karbo, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan diet tidak sehat misalnya dengan menyiksa diri dengan rasa lapar berlebihan serta mengonsumsi obat diet berbahan kimia. Padahal, menerapkan diet yang salah dapat menimbulkan efek samping.

Nah bagi kamu yang ingin menjalani diet, sebaiknya melakukan diet dan menerapkan pola hidup sehat. Saat ini sudah banyak sekali makanan dan minuman yang mampu membantu menurunkan berat badan. Misalnya saja jus atau smoothies.

Namun, terkadang kita masih bingung, antara jus dan smoothies mana yang lebih membantu menurunkan berat badan. Dilansir Brilio.net dari pinkvilla, Rabu (1/7), berikut ulasan jus dan smoothies untuk diet.

1. Perbedaan.

Loading...

Sama-sama diolah dalam bentuk cairan untuk membuat seseorang suka makan sayur dan buah, jus dan smoothies ternyata berbeda. Jus merupakan proses mengekstraksi air dan nutrisi dari buah atau sayur namun menghilangkan kandungan serat. Sementara, smoothies merupakan pencampuran antara buah ataupun sayur tanpa mengekstraksi nutrisi dan air sehingga kandungan nutrisi pada buah atau sayur dalam smoothies masih bisa diserap tubuh.

2. Kandungan.

Pada dasarnya, jus dan smoothies memiliki kandungan vitamin, antioksidan dan mineral, tergantung dari bahan buah atau sayur apa yang digunakan. Namun kamu akan kehilangan serat pada jus, sementara ketika mengonsumsi smoothies, kamu bisa mendapatkan semua nutrisi.

3. Mana yang lebih baik untuk menurunkan berat badan?

Nah, ini menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan. Saat diet, kita membutuhkan banyak serat. Namun kalau mengonsumsi jus, kamu tidak akan mendapatkan serat. Selain itu, jus juga mengandung banyak gula yang dapat meningkatkan gula darah.

Secara keseluruhan, smoothies lebih baik untuk menurunkan berat badan daripada jus. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes dengan baik.

Bila kamu mengonsumsi buah dan sayur, sebaiknya dimakan langsung dibanding dijadikan jus atau smoothies.