Brilio.net - Setiap yang diciptakan di dunia ini tentu saja ada fungsi dan manfaatnya. Hanya saja belum semua diketahui oleh peradaban manusia, karenanya ilmu pengetahuan terus berkembang untuk mengungkapnya. Sama halnya dengan fakta di balik buah segar dan kerap dikonsumsi seperti Anggur.

Buah kecil manis dan bentuknya indah dipandang ini memang termasuk kaya manfaat. Namun tahukah kamu jika anggur yang terdiri dari beberapa warna ini ternyata setiap warnya memiliki manfaat berbeda. Lalu apa saja perbedaan manfaat untuk kesehatan buah anggur berdasarkan warnanya? Berikut penjelasannya yang brilio.net kutip dari Klikdokter, Rabu (21/6).

1. Anggur Hitam.

manfaat anggur manfaat anggur

foto: pasartap.com

Loading...

Anggur hitam kaya akan reservatrol. Zat ini memiliki manfaat sebagai anti-aging, karena dapat mencegah penuaan sel kulit. Selain itu, zat reservatrol juga dapat menjaga kestabilan tekanan darah, menunjang sirkulasi darah dan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Semakin gelap warna buah anggur semakin tinggi pula kandungan reservatrol di dalamnya.

2. Anggur Merah.

manfaat anggur manfaat anggur

foto: kesehatanpedia.com

Serupa dengan anggur hitam, anggur merah juga memiliki kandungan reservatrol yang cukup tinggi. Selain itu, anggur merah juga kaya akan quercetin. Ini adalah satu jenis antioksidan yang baik bagi tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi anggur merah dapat menjaga kestabilan tekanan darah, menurunkan risiko alergi, serta mengendalikan gejala arthritis rheumatoid atau rematik.

3. Anggur Hijau.

manfaat anggur manfaat anggur

foto: pixbay.com

Anggur hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu antioksidan yang terdapat pada anggur jenis ini adalah katekin. Katekin memiliki kemampuan antiradang yang baik dan dapat membantu mengeliminasi zat-zat berbahaya dari tubuh. Selain itu, mengonsumsi anggur hijau juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, membantu melangsingkan tubuh, serta menjaga daya tahan tubuh.