Brilio.net - Di dalam darah manusia, terdapat kadar asam urat. Jika kadar tersebut berlebihan, maka bisa menyebabkan terjadi penyakit asam urat. Asam urat atau gout adalah jenis penyakit radang sendi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan pada sendi. Penyakit ini bisa terjadi pada wanita maupun pria. Namun paling umum terjadi pada pria.

Biasanya penyakit ini sering menyerang bagian jempol dan lutut kaki. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sendi dan masalah ginjal. Parahnya lagi, asam urat dapat mengakibatkan penyakit lain seperti darah tinggi, kardiovaskular, dan obesitas. Saat kumat, rasa sakitnya bisa muncul tak mengenal waktu.

Ada beberapa penyebab asam urat bisa tinggi, di antaranya ialah makanan berpurin tinggi seperti seafood dan jeroan, obat-obatan, minuman berkafein dan alkohol, riwayat keluarga, kelebihan berat badan, sayuran seperti kacang-kacangan, bahkan buah seperti nangka dan durian.

lemon asam urat freepik

foto: freepik.com

Loading...

Selain dengan obat, kamu bisa mengurangi efek penyakit asam urat dengan berbagai cara alami dan lebih aman dicerna oleh tubuh. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (10/7), salah satunya dengan ramuan lemon. Buah asam ini ternyata dapat mengurangi asam urat. Kendati tidak bisa seratus persen menyembuhkan, tapi setidaknya bisa menurunkan rasa nyeri dan bengkak.

Jus lemon memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko terkena batu ginjal dan membantu mengurangi gejala asam urat. Kamu juga bisa menambahkan lemon pada menu diet sehari-harimu. Dilansir dari healthline, sebuah studi pada 2017 lalu menemukan bahwa jus lemon dan ekstrak lemon membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Penelitian itu dilakukan pada orang dewasa dengan kadar asam urat tinggi yang meminum jus lemon segar setiap hari selama enam minggu. Studi klinis lain sudah meninjau tes darah 75 orang dewasa yang minum lemon segar setiap hari. Kelompok orang dengan kadar asam urat tinggi tetapi tanpa gejala gout, orang tanpa asam urat atau asam urat tinggi, setelah enam minggu, semuanya menunjukkan kadar asam urat lebih rendah.

Lemon dan jus lemon kemudian dipercaya bisa jadi teman obat-obatan lain untuk membantu mengobati asam urat. Jus lemon juga dapat membantu kadar asam urat jadi normal dan dapat menyeimbangkan asam darah.

lemon asam urat freepik

foto: freepik.com

Jus lemon dapat membantu menyeimbangkan kadar asam urat karena bisa membuat tubuh lebih basa. Ini berarti sedikit meningkatkan tingkat pH darah dan cairan lain. Jus lemon membuat urin lebih basa. Penelitian dari British Medical Journal menyebutkan kalau minum jus lemon menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak kalsium karbonat.

Cara kerjanya mineral kalsium mengikat asam urat dan memecahnya menjadi air dan senyawa lainnya. Hal ini mengakibatkan darah kurang asam, sehingga kadar asam urat bisa turun.

Cara pemakaian lemon untuk menurunkan asam urat.

Pada penelitian di atas menggunakan jumlah dosis berbeda. Satu penelitian menggunakan sekitar 30 mililiter jus lemon murni segar setiap hari. Takaran ini sama dengan jus satu lemon per hari. Sedangkan penelitian kedua setiap orang minum jus segar dua lemon setiap hari. Lemon tersebut diencerkan dalam dua liter air.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu meminum jus lemon segar, bukan dari sari lemon yang dibekukan. Tidak terlalu jelas seberapa cepat efek yang diberikan lemon. Tetapi minum jus lemon setiap hari bahkan ketika kamu tidak memiliki gejala pun, tetap dapat menjadi bagian dari diet pencegahan encok secara alami.

Kesimpulannya, minumlah jus satu hingga dua lemon per hari. Peras lemon secara keseluruhan ke gelas. Gunakan alat perasan agar sarinya bisa keluar semua. Kamu bisa meminumnya langsung, atau dicampurkan ke minuman lain. Ke teh hangat misalnya, jadi lemon tea. Namun perlu kamu ingat, hindari menambahkan gula ke minuman lemon ini. Sebagai gantinya, pemanis alternatif bebas gula seperti stevia atau bumbu dengan mint bisa jadi pilihan.

Para penderita penyakit asam urat yang telah meminum jus lemon ini tidak menunjukkan efek samping. Namun perlu diingat, lemon tetap masih bersifat asam alami (sitrat) yang dapat menghilangkan enamel (lapisan luar) gigi. Mungkin juga dapat mengiritasi mulut, tenggorokan, dan perut (jika kondisimu tidak kuat).

Untuk mencegah efek samping tersebut, kamu bisa mengakalinya dengan mudah. Hindari minum jus lemon murni atau tanpa menambahkan air. Kemudian bilas mulut dengan air atau sikat gigi segera setelah minum air lemon. Beri tahu atau konsultasikan dengan dokter terlebih dulu sebelum kamu mencoba produk lain selain obat-obatan yang telah diresepkan. Segera obati asam urat sebelum mengakibatkan penyakit serius lain.

Manfaat lain lemon. 

Lemon memiliki manfaat lain termasuk penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi gangguan pernapasan dan kencing, pembebasan perut dari sembelit, pengobatan penyakit kudis, tukak lambung, dan bisa merawat kulit dan mata. Rahasia hebatnya lemon berasal dari tingginya kandungan antioksidan. Sehingga membuatnya bisa menjadi agen pelindung bagi tubuh, dengan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau bahan kimia yang merusak sel.