Brilio.net - Asam urat kaki adalah penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Biasanya, orang mengeluhkan penyakit asam urat kaki penyebabnya karena tidak bisa menjaga pola makan. Makanan yang menjadi musuh bagi orang yang memiliki asam urat adalah semua organ dalam hewan, daging sapi muda, dan juga makanan laut.

Tapi, mentang-mentang kamu masih muda jangan sampai menyepelekan penyakit ini ya. Meskipun rata-rata asam urat kaki dikeluhkan orang yang sudah lanjut usia, namun anak muda juga bisa mengalami lho. Karena asam urat jika dibiarkan dapat mengganggu aktivitas kamu.

Maka meskipun kamu tidak memiliki riwayat asam urat, kamu juga perlu mengetahui penyebab dan cirinya sehingga kamu dapat menjaga tubuh lebih sehat. Simak, 5 penyebab asam urat pada kaki, ciri dan cara mengatasinya yang telah dirangkum brilio.net pada Kamis (14/11) dari berbagai sumber.

Penyebab asam urat pada kaki.

Penyebab asam urat pda kaki bermacam-macam. Coba cek deh, jangan-jangan salah satu di antara penyebab ini yang membuat kamu asam urat kaki.

Loading...

1. Alkohol.

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Mengonsumsi alkohol berlebih memang tidak baik bagi kesehatan. Bahkan hal itu juga beresiko lebih terkena encok. Selain memicu produksi uric acid lebih banyak, alkohol juga membuat ginjal bekerja lebih keras.

2. Minuman bersoda

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Ayo coba ganti minuman bersoda dengan yang lain saat kamu nongkrong bareng teman-teman ya. Minuman bersoda mengandung gula tambahan yang bisa memicu produksi aric acid lebih banyak. Jika hal ini terus terjadi, maka zat tersebut akan menumpuk dan mengkristal hingga membuat peradangan sendi.

3. Daging hewan

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Daging merah dan putih memang betul baik untuk kesehatan. Namun jika berlebihan hal ini akan menimbulkan penyakit yang memicu asam urat kaki kambuh terus. Jadi batasi porsi makan mu ya. Selain itu makanan laut seperti kerang, kepiting, udang juga mengandung kandungan purin yang tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan encok yang lebih besar.

4. Beberapa sayuran hijau

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Untuk kamu yang menderita asam urat kaki, disarankan untuk menghindari kembang kol, bayam, dna jamur. Karena sayuran ini juga mengandung purin yang lebih tinggi dibanding sayuran lain. Meskipun efeknya tidak sebanding dengan daging hewan, namun lebih baik kamu harus memperhatikan porsi makanmu dengan sayur-sayur ini ya.

5. Kondisi medis tertentu

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Beberapa kondisi medis bisa menjadi penyebab asam urat kakimu. Misalnya insufisiensi ginjal, kondisi ini adalah ketidakmampuan ginjal untuk menyaring zat sisa. Selain itu juga bisa karena obesitas, psoriasis, dan kelenjar tiroid yang kurang aktif atau bisa disebut hipotiroidisme.

Ciri-ciri asam urat pada kaki.

Jika sudah memahami apa saja penyebab asam urat, kamu juga harus mengetahui seperti apa saja sih ciri-ciri asam urat kaki? Berikut ulasannya.

1. Sakit pada jempol kaki

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Sakit pada jempol kaki menjadi salah satu ciri-ciri asam urat yang paling menonjol. Meskipun sakit ini akan hilang dalam beberapa hari, namun tentu akan mengganggu aktivitasmu. Hal ini terjadi karena terlalu banyak asam urat yang ada dalam darah. Hal ini akan membuat tubuh kesulitan untuk menghilangkannya. Sehingga asam yang berlebihan tetap berada di dalam darah dan menyebabkan hiperurisemia.

2. Nyeri berkelanjutan

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Sakit pada jempol kaki yang sudah dirasakan diawal biasanya akan berkelanjutan. Bahkan nyeri tersebut tidak hanya terdapat di jempol, namun juga di jari-jari kaki lainnya. Rasa nyeri ini bisa terjadi selama berminggu-minggu. Hal ini bisa berdampak penderitanya susah untuk berdiri hingga berjalan.

3. Kemerahan

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Ciri sesorang menderita asam urat biasanya terlihat warna kemerahan pada sendi yang menjadi tempat menumpuknya kelebihan asam urat. Biasanya hal ini terjadi pada jempol dan telapak kaki. Terkadang warna kulit sekitarnya bisa berubah dari merah menjadi keunguan.

4. Serangan nyeri mendadak

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Serangan nyeri mendadak sering terjadi pada orang yang mengalami asam urat pada kaki. Penderita bisa saja mengalami rasa sakit yang luar biasa secara mendadak seperti pada jari-jari kaki, telapak, hingga betis.

5. Pembengkakan.

Penyebab asam urat pada kaki © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Terkadang jika asam urat menumpuk pada jempol kaki, maka akan menimbulkan peradangan dan membuat jempol membengkak. Hal ini bisa terjadi pada salah satu jempol atau keduanya. Hati-hati, pembengkakan ini dapat meluas hingga ke betis dan lutut.

Nah kalau sudah memahami apa saja ciri yang nampak ketika asam urat menyerang, perlu diketahui juga nih bagaimana cara mengatasinya. Lebih baik kamu memeriksakannya dulu pada dokter, untuk memastikan penyebab dan langkah selanjutnya yang harus diambil.

Namun biasanya dokter akan memberikan suntikan kortikosteroid langsung pada sendi. Selain itu juga dokter akan memberikan resep obat untuk diminum secara rutin. Namun kamu juga bisa melakukan istirahat ketika asam urat menyerang. Minum obat anti nyeri bebas, seperti ibuprofen atau obat anti-inflamasi lainnya juga bisa menjadi penyelamatmu.

Yang terpenting kamu harus bisa menghindari penyebab asam uratmu. Kamu dapat melakukan kebiasaan sehat seperti olahraga dan rutin minum air mineral. Selain itu tidak ada salahnya untuk rutin cek kesehatan kamu ya.